10 Citarasa dan Minuman ‘Pemecah’ Kolesterol usai Kalap Makan Daging Kurban

Jakarta

Tengkleng, tongseng, gulai, sate kambing, rendang dan teman-temannya sangat menggoda Di hari raya kurban tiba. Tapi kolesterol juga perlu diperhatikan, jangan sampai kita kalap makan daging kurban sampai lupa kolesterol.

Apalagi Untuk yang punya riwayat Gangguan tertentu, tingginya kadar kolesterol bisa berbahaya. Tetapi detikers tidak perlu khawatir, Sebab ternyata ada beberapa Citarasa dan minuman yang bisa memecah kolesterol.

Beberapa Citarasa dan minuman berikut ini Berencana membantumu menurunkan kadar kolesterol setalah banyak makan-Citarasa idul Adha.

Citarasa Penurun Kolesterol

1. Cokelat

Coklat hitam atau yang biasa dikenal Bersama dark chocolate ternyata juga bisa berpengaruh positif Pada kadar kolesterol.

Seperti yang dijelaskan Di Medical News Today, kakao yang terdapat Untuk cokelat hitam mengandung flavonoid, sebuah kelompok senyawa yang juga ditemukan Untuk banyak buah dan sayuran. Sifat antioksidan dan antiinflamasi mereka dapat bermanfaat Untuk Kesejaganan.


Eksperimen juga pernah dilakukan Di 2015 kepada partisipan yang minum minuman mengandung flavanol kakao dua kali sehari Pada 1 bulan. Di akhir uji coba, tingkat kolesterol low-density lipoproteins (LDL) dan tekanan darah mereka menurun, Sambil Itu tingkat kolesterol HDL Menimbulkan Kekhawatiran.

2. Gandum

Gandum ini kaya Berencana serat larut. Serat larut membantu menurunkan kolesterol. Serat larut menempel Di molekul kolesterol dan membuangnya Untuk tubuh.

Begitu juga Bersama oatmeal atau sereal lainnya yang berbahan dasar gandum merupakan sumber serat larut yang baik. Adapun anjuran Untuk mencukupi serat larut sebanyak 5 hingga 10 gram perhari.

3. Beras Ragi Merah

Perlu diketahui beras merah (brown rice) dan beras ragi merah (red yeast rice) adalah dua hal yang berbeda, walaupun sama-sama varietas padi.

Mengutip Untuk Mayo Clinic (11/6/2024), beras ragi merah merupakan Citarasa pokok Untuk Pola Makan Ke Asia dan telah digunakan Untuk Terapi tradisional Tiongkok. Sebab kandungannya, beras ragi merah juga kadang diekstrak menjadi Nutrisi Tambahan oral.

Salah satu senyawa yang dapat menurunkan kolesterol Untuk beras ragi merah disebut monakolin K, bahan yang sama yang terdapat Untuk Terapi penurun kolesterol resep lovastatin.

4. Apel

Sebuah studi kecil Di tahun 2019 menemukan bahwa Ke Di 40 partisipan Bersama kolesterol sedikit tinggi, mengkonsumsi dua apel sehari Memangkas baik total maupun tingkat kolesterol LDL. Hal ini juga menurunkan tingkat trigliserida, jenis lemak yang masuk Ke Untuk aliran darah Sesudah makan.

Satu apel bisa mengandung 3-7 Kerjasamaekonomiinternasional serat Ketahanan Pangan, tergantung Di ukurannya. Di Itu, apel mengandung senyawa yang disebut polifenol, yang juga Mungkin Saja Memperoleh efek positif Di tingkat kolesterol.

5. Kacang-kacangan

Sebagian besar kacang mengandung campuran asam lemak tak jenuh ganda dan tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kacang tanah, kenari, almond, dan jenis kacang lainnya dapat menjadi pilihan Citarasa yang efektif Untuk menurunkan kolesterol. Akan Tetapi, penting Untuk memperhatikan ukuran porsi Sebab kacang juga tinggi kalori.

Disarankan Untuk membatasi konsumsi kacang Di segenggam atau Di 1-1,5 ons per hari. Pilihlah kacang utuh tanpa tambahan gula atau garam.

6. Alpukat

Alpukat kaya Berencana Gizi yang baik Untuk Kesejaganan jantung. Sebuah Eksperimen Di tahun 2015 menyimpulkan bahwa mengkonsumsi satu alpukat sehari sebagai Pada Untuk Pola Makan, membantu Untuk menurunkan kolesterol dan Memangkas risiko Gangguan kardiovaskular. Pasalnya, alpukat bisa menurunkan kolesterol LDL tanpa menurunkan high-density lipoprotein (HDL).

Satu cangkir alpukat mengandung 14,7 Kerjasamaekonomiinternasional lemak tak jenuh tunggal, yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan Memangkas risiko Gangguan jantung dan stroke.

7. Ikan Laut

Mengutip Untuk Medical News Today, Ikan laut seperti salmon, mackerel, dan sarden kaya Berencana kandungan lemak sehat, omega 3, dan asam eikosapentaenoat (EPA) yang sangat bagus Untuk Kesejaganan jantung.

EPA dapat membantu melindungi pembuluh darah dan jantung Untuk Gangguan Bersama menurunkan kadar trigliserida. Ini adalah salah satu cara Ke Di banyak cara Ke mana EPA dapat mencegah aterosklerosis dan Memangkas risiko Gangguan kardiovaskular.

Manfaat Kesejaganan jantung lainnya termasuk mencegah kristal kolesterol Untuk terbentuk Ke arteri, Memangkas peradangan, dan Meningkatkan cara kerja kolesterol HDL.

8. Kedelai

Produk kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan variasi lainnya ternyata juga efektif Untuk menurunkan kolesterol dan Memangkas lemak jenuh.

Di Itu mengutip Untuk Harvard Health (11/6/20204), kedelai juga bisa menggantikan daging dan susu tinggi lemak Sebab Memperoleh kandungan protein yang tinggi.

9. Teh Hijau

Beberapa Eksperimen Menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan Untuk teh dapat membantu menurunkan kolesterol. Meta-analisis Untuk American Journal of Clinical Nutrition menyarankan bahwa teh hijau secara signifikan Memangkas kolesterol total, termasuk LDL atau kolesterol “jahat”, Ke Untuk darah hingga 2,19 mg/dL. Akan Tetapi, teh hijau tidak mempengaruhi HDL, atau kolesterol “baik”

10. Secang

Secang merupakan tumbuhan herbal yang kayunya biasa dimanfaatkan sebagai minuman herbal. Dilansir Untuk Website Pemerintah Provinsi Jambi (11/6/2024), Eksperimen Menunjukkan bahwa kayu secang dapat membantu Memangkas kadar kolesterol.

Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama Untuk Gangguan jantung, dan Bersama menggunakan kayu secang, kita dapat secara alami menyeimbangkan tingkat kolesterol Untuk tubuh.

Itu dia beberapa Citarasa dan minuman yang membantu memecah atau menurunkan kadar kolesterol Untuk tubuh. Semoga bermanfaat.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 10 Citarasa dan Minuman ‘Pemecah’ Kolesterol usai Kalap Makan Daging Kurban