10 Penyebab Telapak Kaki Sakit Di Berjalan dan Cara Menanganinya

Jakarta

Telapak kaki tersusun atas sejumlah besar tulang, tendon, dan ligamen. Gangguan yang terjadi Di Dibagian-Dibagian tersebut dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri ketika berjalan.

Meski umumnya Kebugaran ini tidak berbahaya dan dapat menghilang Di sendirinya, sakit Di telapak kaki tidak boleh Dikatakan sepele, Lantaran bisa Di Sebab Itu mengindikasikan adanya Penyakit tertentu. Lantas, apa saja penyebab telapak kaki sakit Di berjalan? Berikut penjelasannya.

Penyebab Telapak Kaki Sakit Di Berjalan

Telapak kaki biasanya Berencana terasa sakit Sesudah melakukan Olah Raga seperti Sesudah berjalan atau berlari terlalu lama. Tetapi, tak jarang gangguan ini disebabkan Lantaran Kebugaran medis serius. Dikutip Untuk laman Healthline, berikut ini 10 faktor penyebab telapak kaki sakit Di berjalan:


1. Kapalan

Kapalan atau Untuk bahasa Inggris disebut callus adalah gangguan yang ditandai Di munculnya lapisan tebal, keras, dan bersisik Di kulit. Masalah kulit ini dapat menyerang tangan, jari tangan, termasuk telapak kaki. Perawatan Kulit kapalan yang sudah terlalu tebal biasanya dapat menyebabkan kaki terasa sakit Di berjalan.

2. Kaki Datar

Kaki datar atau flat foot adalah Kebugaran Di mana bentuk telapak kaki seseorang lebih datar Untuk biasanya. Kaki datar dapat terjadi Lantaran lengkungan kaki yang tidak berkembang optimal Di lahir hingga masa kanak-kanak.

Kebugaran ini juga bisa diakibatkan Lantaran faktor Luka atau Penyakit serius seperti diabetes mellitus dan artritis reumatoid. Pengidap kaki datar biasanya merasakan nyeri Di Dibagian tumit atau lengkungan kaki.

Bagi mengatasinya, Praktisi Medis Berencana menyarankan penggunaan penyangga, Sandalku khusus, dan Laga Persahabatan peregangan.

3. Turf Toe

Secara singkat, turf toe atau keseleo dapat diartikan sebagai Kebugaran terkilirnya sendi Di jempol kaki. Turf toe umumnya disertai Di beberapa Tanda-Tanda, seperti nyeri, bengkak, dan kesulitan menggerakkan sendi.

Di dasarnya, gangguan ini bisa menyerang siapa saja. Tetapi, Olahragawan yang sering melakukan kegiatan fisik lebih rentan Bagi Merasakan masalah turf toe.

4. Plantar Fasciitis

Faktor berikutnya yang menyebabkan rasa sakit Di telapak kaki Di berjalan adalah plantar fasciitis. Plantar fasciitis sendiri merupakan gangguan peradangan Di plantar fascia, sebuah jaringan tebal yang terletak Di Dibagian bawah kaki.

Kebugaran ini dapat menimbulkan rasa nyeri yang menusuk tumit ketika berdiri Sesudah duduk terlalu lama atau Di bangun Di pagi hari. Walaupun rasa sakitnya Berencana mereda Di badan aktif bergerak, penderita plantar fasciitis tidak disarankan Bagi Aktivitasfisik, Lantaran Berpotensi Bagi memperparah rasa sakit.

5. Metatarsalgia

Metatarsalgia adalah peradangan yang menyerang Dibagian metatarsal, yaitu tulang panjang yang menghubungkan pergelangan kaki dan jari-jari kaki. Penyakit metatarsalgia meliputi beberapa Tanda-Tanda, seperti rasa terbakar dan nyeri Di berjalan, berdiri atau meregangkan kaki.

Kebugaran ini dipicu Lantaran Olah Raga seperti berlari atau melompat, atau Lantaran pemakaian Sandalku yang kurang pas. Metatarsalgia bisa diatasi Di mudah Di Rumah Di beristirahat dan mengompres dingin kaki.

6. Neuroma Morton

Penyebab telapak kaki sakit Di berjalan berikutnya adalah neuroma morton. Neuroma morton merupakan Kebugaran menebalnya jaringan yang mengelilingi saraf kaki akibat tekanan, trauma, atau iritasi Di saraf.

Ada berbagai Tanda-Tanda yang ditimbulkan Di neuroma morton, mulai Untuk rasa sakit Di berjalan, kesemutan, hingga mati rasa Di Dibagian jari-jari kaki.

7. Tarsal Tunnel Syndrome

Sesuai namanya, tarsal tunnel syndrome terjadi akibat tertekannya saraf tibialis Untuk tarsal atau tulang pergelangan kaki. Saraf yang terhimpit ini dapat menyebabkan rasa sakit, kesemutan, sensasi terbakar, dan mati rasa yang menjalar Di sepanjang pergelangan kaki hingga betis.

Penyakit ini bisa diredakan Di mengonsumsi Terapi pereda nyeri yang dijual Di pasaran atau menggunakan penyangga. Tak jarang, Praktisi Medis Berencana Memberi suntikan kortikosteroid sebagai langkah Terapi medis apabila keluhan tak kunjung reda.

8. Arthritis

Bergantung Di jenisnya, arthritis atau radang sendi bisa menimbulkan rasa nyeri dan kaku Di beberapa titik Di kaki. Di osteoartritis, rasa sakit seringkali menyerang Dibagian jempol atau Di kaki.

Sesudah Itu, Di arthritis rheumatoid, nyeri dapat muncul Di jari kaki. Sedangkan, artritis gout (radang sendi Lantaran peningkatan kadar asam urat) biasanya mengakibatkan nyeri parah dan pembengkakan Di jempol kaki. Terapi artritis mencakup Terapi antiinflamasi oral dan topikal, Terapi asam urat, dan antirematik.

9. Tendinitis

Telapak kaki yang sakit Di berjalan kemungkinan juga bisa disebabkan Di peradangan Di tendon (jaringan penghubung otot dan sendi) atau tendinitis. Tanda-Tanda umum Kebugaran tendinitis mencakup kaku dan nyeri yang dapat memburuk Di bergerak.

Beristirahat, mengompres kaki, dan mengonsumsi Terapi pereda nyeri adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan Bagi menangani tendinitis.

10. Sesamoiditis

Faktor terakhir yang menyebabkan telapak kaki terasa sakit adalah peradangan Di dua tulang kecil Di bawah jempol kaki atau sesamoid. Seseorang yang mengidap sesamoiditis Berencana merasakan Tanda-Tanda seperti telapak kaki yang sakit Di berjalan, serta nyeri dan bengkak Di ujung jempol kaki.

Memakai Sandalku hak tinggi dan melakukan berbagai kegiatan fisik seperti bermain bola, berlari, atau balet merupakan beberapa faktor pemicu sesamoiditis.

Cara Menangani Telapak Kaki Sakit Di Berjalan

Sesudah mengetahui faktor-faktor penyebab telapak kaki sakit Di berjalan, lantas bagaimana cara mengobatinya? Berikut sejumlah cara mengatasi telapak kaki sakit yang dirangkum Untuk situs Verywellhealth:

  • Menggunakan alas kaki ortotik.
  • Melakukan Asupan Minuman antiinflamasi Di memperbanyak konsumsi buah, sayuran, ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
  • Menurunkan berat badan.
  • Memperbaiki postur tubuh.
  • Mengkonsumsi Terapi pereda nyeri seperti ibuprofen, acetaminophen, aspirin, atau naproxen.
  • Memijat pergelangan kaki.
  • Akupuntur.
  • Melakukan Peregangan atau taichi Bagi melatih kekuatan dan fleksibilitas otot.

Itulah dia pembahasan mengenai penyebab telapak kaki terasa sakit Di berjalan dan cara menanganinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 10 Penyebab Telapak Kaki Sakit Di Berjalan dan Cara Menanganinya