11 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Hidup Berkualitas dan Panjang Umur

Jakarta

Memperoleh tubuh yang Segar dan sehat, serta usia yang panjang adalah harapan setiap orang. Akan Tetapi Bagi mencapai hal tersebut, dibutuhkan usaha yang konsisten.

Meski umur panjang sering kali Dikatakan Ke luar kendali, ada beberapa kebiasaan sehat yang sebenarnya juga bisa membantu memperpanjang usia.

Dikutip Di Healthline, berikut 12 kebiasaan yang dapat Meningkatkan Kesejajaran dan memperpanjang umur.


1. Membatasi Kalori

Eksperimen Di hewan Menunjukkan bahwa pengurangan 10-50 persen asupan kalori normal dapat Meningkatkan usia maksimum. Studi tentang Pertumbuhan manusia yang terkenal Didalam umur panjang juga menemukan hubungan Antara asupan kalori rendah Didalam umur yang lebih panjang dan risiko Gangguan yang lebih rendah.

Pembatasan kalori juga dapat membantu Memangkas kelebihan berat badan dan lemak perut, yang keduanya berhubungan Didalam umur yang lebih pendek. Akan Tetapi, pembatasan kalori jangka panjang sering kali tidak berkelanjutan dan dapat menimbulkan efek Di negatif seperti meningkatnya rasa lapar, suhu tubuh rendah, dan berkurangnya gairah seks. Maka Itu, dampak pembatasan kalori Di penuaan dan umur panjang masih perlu dipelajari Didalam Detail.

2. Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber Gizi yang kaya Akansegera protein, serat, antioksidan, dan berbagai vitamin serta mineral. Beberapa Eksperimen Menunjukkan bahwa kacang-kacangan Memperoleh efek menguntungkan Di Gangguan jantung, tekanan darah tinggi, peradangan, diabetes, sindrom metabolik, kadar lemak perut, dan Justru beberapa jenis kanker.

Studi juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya tiga porsi kacang-kacangan per minggu Memperoleh risiko kematian dini 39 persen lebih rendah.

3. Mengonsumsi Kunyit

Kunyit mengandung senyawa bioaktif kuat bernama kurkumin yang Memperoleh sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kurkumin dikaitkan Didalam peningkatan umur panjang Di serangga dan tikus.

Studi Di manusia juga Menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu mencegah Gangguan kardiovaskular, diabetes, Gangguan inflamasi, gangguan neurodegeneratif, dan Kemakmuran lainnya Bagi Kesejajaran.

4. Mengonsumsi Minuman Nabati yang Sehat

Asupan Minuman yang kaya Akansegera Minuman nabati seperti buah, sayur, kacang, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat menurunkan risiko Gangguan dan memperpanjang umur. Banyak Eksperimen mengaitkan Asupan Minuman nabati Didalam risiko kematian dini yang lebih rendah, serta risiko yang lebih rendah Di kanker, sindrom metabolik, Gangguan jantung, depresi, dan penurunan fungsi otak.

Vegetarian dan vegan cenderung Memperoleh risiko kematian dini 12-15 persen lebih rendah dibandingkan pemakan daging.

5. Tetap Aktif Secara Fisik

Aktivitasfisik hanya Di 15 menit per hari juga dapat menjadi pilihan. Dikutip Di Healthline, Didalam Aktivitasfisik, dapat menambah usia hingga tiga tahun dan Memangkas risiko kematian dini sebesar 4 persen Bagi setiap tambahan 15 menit Olah Raga harian.

Orang yang melakukan Latihan 150 menit per minggu Memperoleh kemungkinan 28 persen lebih kecil Merasakan kematian dini, dan mereka yang melebihi panduan ini Memperoleh risiko kematian dini yang lebih rendah lagi.

6. Jangan Merokok

Merokok sangat Yang Berhubungan Didalam Didalam Gangguan dan kematian dini. Orang yang merokok dapat kehilangan hingga 10 tahun kehidupan dan tiga kali lebih Bisa Jadi meninggal Sebelumnya waktunya dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok.

Berhenti merokok Di usia berapa pun dapat memperpanjang umur, Didalam manfaat yang lebih besar jika berhenti Di usia lebih muda.

7. Memprioritaskan Kesenangan

Merasa Senang dapat Meningkatkan umur panjang secara signifikan. Studi Menunjukkan bahwa individu yang lebih Senang Memperoleh risiko kematian dini yang lebih rendah. Selain dapat menurunkan risiko kematian dini, Kesenangan juga bermanfaat Bagi Kesejajaran yang lebih baik dan penurunan risiko berbagai Gangguan.

8. Hindari Beban dan Kecemasan Kronis

Kecemasan dan Beban kronis dapat menurunkan umur secara signifikan. Eksperimen Menunjukkan bahwa wanita yang Merasakan Beban atau kecemasan Memperoleh risiko dua kali lipat Bagi meninggal akibat Gangguan jantung, stroke, atau kanker paru-paru. Laki-laki yang Beban atau cemas juga Memperoleh risiko kematian dini yang lebih tinggi.

9. Pelihara Lingkaran Sosial

Menjaga jaringan sosial yang sehat dapat Meningkatkan Kemungkinan Bagi bertahan hidup hingga 50%. Memperoleh hubungan sosial yang baik juga dikaitkan Didalam fungsi jantung, otak, hormon, dan kekebalan tubuh yang lebih baik, yang dapat Memangkas risiko Gangguan kronis.

10. Minum Minuman Kafein atau Teh

Baik Minuman Kafein maupun teh dikaitkan Didalam penurunan risiko Gangguan kronis. Teh hijau, misalnya, dapat Memangkas risiko kanker, diabetes, dan Gangguan jantung, Sambil Itu Minuman Kafein dikaitkan Didalam risiko lebih rendah Bagi diabetes tipe 2, Gangguan jantung, dan beberapa jenis kanker. Peminum Minuman Kafein dan teh juga Memperoleh risiko kematian dini 20-30 persen lebih rendah.

Akan Tetapi perlu diingat, bahwa terlalu banyak kafein juga dapat menyebabkan kecemasan dan insomnia, Karena Itu anjuran batas yang disarankan yaitu 400 mg per hari atau Di 4 cangkir Minuman Kafein.

11. Menerapkan Ritme Tidur yang Baik

Tidur yang cukup dan berkualitas penting Bagi Kesejajaran dan umur panjang. Ritme Tidur yang teratur dan durasi tidur yang optimal (tidak kurang Di 5-7 jam dan tidak lebih Di 8-9 jam per malam) sangat berkaitan Didalam risiko kematian dini yang lebih rendah.

Tidur yang cukup juga dapat Memangkas peradangan dan risiko berbagai Gangguan kronis.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 11 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Hidup Berkualitas dan Panjang Umur