4 Hal yang Terjadi Ke Tubuh Pada Makan Pisang Setiap Hari

Jakarta

Pisang menjadi salah satu buah populer dan banyak diminati. Selain lezat, pisang juga kaya Akansegera Gizi baik Sebagai tubuh.

Dikutip Didalam Healthline, pisang mengandung banyak Gizi bermanfaat seperti karbohidrat, air, serat, dan antioksidan, tetapi mengandung sedikit protein dan tanpa lemak.

Salah satu artikel yang dimuat Journal of Food Science and Technology menjelaskan pisang juga mengandung vitamin B, yakni vitamin B3, B6, dan B12, yang membantu enzim Untuk tubuh melepaskan energi Didalam karbohidrat Pada dikonsumsi.


Lalu, apa yang terjadi Ke tubuh jika mengkonsumsi pisang setiap hari?

Mengonsumsi pisang setiap hari dapat Menyediakan manfaat Untuk tubuh. Berikut beberapa alasan mengapa pisang sebaiknya dimasukkan Untuk daftar harian buah yang harus dikonsumsi.

1. Memperbaiki Energi

Pisang merupakan sumber karbohidrat yang berfungsi sebagai bahan bakar utama tubuh Sebagai memproduksi energi. Sambil kandungan serat Untuk pisang juga membantu menjaga tingkat energi tetap stabil.

Pisang bisa menjadi salah satu Konsumsi atau camilan sehat dan paling baik dikonsumsi jika dipadukan Didalam lemak atau protein sehat. Hal ini Lantaran karbohidrat dicerna lebih cepat dibandingkan protein atau lemak, Agar jika dikonsumsi sendiri, karbohidrat dapat membuat gula darah melonjak dan Lalu turun secara drastis.

Mengkonsumsi pisang yang dibarengi Didalam lemak atau protein sehat, seperti segenggam almond atau secangkir yogurt, Akansegera membantu memperpanjang energi yang disediakan pisang dan menjaga gula darah lebih stabil.

2. Membantu Menjaga Berat Badan

Jika dikonsumsi sebagai Pada Didalam Konsumsi seimbang, pisang dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Pisang Memiliki kalori yang relatif rendah tetapi mengandung serat tinggi, Agar Menyediakan rasa kenyang lebih lama.

Pisang Didalam ukuran Untuk, menyumbang 3 gram serat Ke total serat harian tubuh. Ini dapat membantu Memangkas nafsu makan berlebih dan keinginan Sebagai ngemil, yang berguna Untuk tubuh Sebagai menjaga atau menurunkan berat badan.

Faktanya, Studi d i2023 yang dirilis Frontiers in Nutrition Menunjukkan mengonsumsi serat atau lebih banyak buah dan sayuran berkaitan Didalam Prestasi penurunan berat badan.

3. Memperbaiki Asupan Serat

Pisang ukuran Untuk masing-masing mengandung Di 3 gram serat. Serat Memiliki banyak manfaat Untuk Kesejajaran, termasuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Serat juga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Pektin, sejenis serat tertentu yang ditemukan Untuk pisang, dapat membantu tubuh membuang limbah Didalam lebih efektif. Menurut Studi Hingga 2021 yang diterbitkan jurnal PLoS One, Pada pisang matang, kandungan pektinnya cenderung hilang, Karena Itu pisang yang lebih hijau atau pisang yang setengah matang menjadi sumber serat yang lebih baik daripada pisang yang terlalu matang.

Pisang juga mengandung sejenis serat Konsumsi yang disebut pati resisten, yang bertindak sebagai prebiotik, Menyediakan bakteri baik Untuk usus Sebagai dimakan. Dan usus yang sehat berarti risiko terjadinya peradangan lebih rendah, dan Kesejajaran tubuh menjadi lebih baik secara keseluruhan.

4. Menjaga Kesejajaran Jantung

Pisang dikenal sebagai sumber potasium yang baik, Didalam satu buah pisang ukuran Untuk mengandung 422 miligram, 9 persen Didalam asupan harian yang direkomendasikan Didalam Food and Drug Administration (FDA).

Merasakan cukup kandungan potasium Untuk Konsumsi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab utama Penyakit kardiovaskular, Agar mengkonsumsi Konsumsi yang mengandung potasium setiap hari merupakan Pada penting Didalam Life Style sehat.

Berapa banyak pisang yang harus dikonsumsi setiap harinya?

Dikutip Didalam EatingWell, Kendati tidak ada aturan pasti, mengonsumsi satu hingga dua buah pisang per hari seharusnya tidak menimbulkan masalah Untuk kebanyakan orang. Maka Itu, ingatlah bahwa pisang mengandung karbohidrat yang relatif tinggi, Agar disarankan memakannya bersama Didalam protein atau lemak Sebagai menjaga tingkat energi yang stabil.

Dikutip Didalam National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), orang Didalam Penyakit ginjal kronis harus membatasi pisang dan Konsumsi lain yang tinggi potasium Sebagai melindungi ginjal dan jantung mereka Didalam kerusakan.

Terlalu banyak makan pisang atau Konsumsi tinggi kalium lainnya dapat menyebabkan kelebihan kalium Untuk tubuh yang disebut juga Didalam hiperkalemia. Hal ini dapat menyebabkan masalah Kesejajaran yang serius, termasuk masalah jantung.

Pisang paling baik dikonsumsi seperti Konsumsi sehat lainnya Untuk porsi Untuk serta tidak berlebihan dan menjadi Pada Didalam pola makan yang sehat dan seimbang.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 4 Hal yang Terjadi Ke Tubuh Pada Makan Pisang Setiap Hari