4 Letjen TNI Aktif yang Pernah Jabat Danjen Kopassus, Nomor 1 Ditugaskan Karena Itu Wagub Lemhannas

Eko Margiyono merupakan sosok Danjen Kopassus Di-30 yang Di ini menyandang pangkat Letjen TNI. Foto/Lemhannas

JAKARTA – Sebanyak empat sosok Letnan Jenderal (Letjen) TNI alias jenderal bintang tiga aktif merupakan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) . Berkarier cemerlang, mereka menduduki sejumlah posisi strategis Di ini.

Mereka ditugaskan ditempat yang beragam mulai Bersama Kementerian/Lembaga, Markas Besar TNI, dan Markas Besar TNI AD. Untuk kariernya keempat Mantan Danjen Kopassus ini pernah menduduki sejumlah jabatan penting.

Melihat usianya dan kemampuannya, bukan tak Bisa Jadi salah satu Bersama empat nama tersebut Berencana menyandang pangkat bintang empat alias Jenderal. Mengikuti jejak pendahulunya yang berhasil menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) seperti Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo.

4 Letjen TNI Aktif yang Pernah Karena Itu Danjen Kopassus

1. Letjen TNI Eko Margiyono

Eko Margiyono merupakan sosok Danjen Kopassus Di-30 yang Di ini menyandang pangkat Letjen TNI. Pria kelahiran Semarang 12 Mei 1967 ini menduduki jabatan Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Dia mulai menjabat sebagai Wakil Gubernur Lemhannas Sebelum 22 Maret 2024. Dia mengisi posisi yang ditinggalkan Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah.

Eko Margiyono merupakan lulusan Akmil 1989 yang Memperoleh karier militer cemerlang Di tubuh TNI. Dia merupakan lulusan Infanteri (Kopassus).

Di berkarier Di Kopassus, Eko Margiyono banyak menjalani medan penugasan penting, Di antaranya Di Timor-Timur, Papua, dan Aceh. Termasuk penugasan Di sejumlah Bangsa Di Asia, Eropa, dan Amerika.

Untuk perjalanan kariernya sebagai perwira TNI, Eko Margiyono telah menduduki sejumlah posisi penting Di tubuh TNI. Karier Eko Margiyono mulai menanjak Sesudah menjabat Komandan Group A Pasukan Pengamanan Kepala Negara (Paspampres) Ke tahun 2010-2012.

Dua tahun Lalu, suami Bersama dr Retno Adiatik ini dipercaya menjadi Asops Kasdam Jaya Ke 2012-2014. Sesudah itu, Eko Margiyono Menyambut amanah memimpin sejumlah Komando Resor Militer (Korem), yakni Danrem 061/Surya Kencana (2014), dan Danrem 033/Wira Pratama (2014-2015).

Tak lama mengomandoi Korem 033/Wira Pratama, Eko Margiyono terus menapak karier menjadi Waasops KSAD Ke 2015-2017. Bersama sini, Eko Margiyono mulai menduduki jabatan penting Di tubuh TNI AD.

Ke tahun 2015, Eko Margiyono ditunjuk menjadi Kasdam Jaya hingga tahun 2017. Lanjutnya, Ke 27 Oktober 2017, Eko Margiyono dipercaya menjabat Gubernur Akmil hingga 2018.

Lewat Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 196/III/2018, Eko Margiyono yang Di itu berpangkat Mayjen dipercaya menduduki posisi Danjen Kopassus menggantikan Mayjen TNI Madsuni. Setahun Lalu, dia dimutasi menjadi Pangdam Jaya.

Kariernya Lebih bersinar ketika Menyambut promosi menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Di-41 Ke Juli 2020. Sekaligus mengantarkannya menyandang pangkat Letjen TNI.

Ke Mei 2021, Eko Margiyono lantas dimutasi menjadi Kepala Staf Umum (Kasum) TNI menggantikan Letjen TNI Ganip Warsito. Lanjutnya, dia diberi amanat menduduki jabatan Komandan Kodiklat TNI (Dankodiklat TNI) Ke Januari 2023 dan akhirnya diangkat menjadi Wakil Gubernur Lemahannas tahun ini.

2. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa

Berikutnya ada nama Letjen TNI I Nyoman Cantiasa yang merupakan Danjen Kopassus Di-31 Bersama masa jabatan 25 Januari 2019 hingga 26 Agustus 2020. Dia Di ini menduduki jabatan Wakil Kepala Badan Intel Bangsa (Waka BIN).

Bertugas Sebelum 9 November 2023, Cantiasa ditunjuk menggantikan Letjen TNI Teddy Lhaksmana Widya Kusuma yang memasuki masa pensiun. Karier tentara kelahiran Buleleng Bali tersebut cukup moncer.

Sebelumnya menjabat sebagai Waka BIN, Cantiasa adalah Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koorsahli KSAD) Bersama 15 Mei 2023 hingga 9 November 2023. Pati TNI AD yang berpengalaman Untuk Infanteri (Kopassus) ini juga pernah menduduki jabatan bergengsi lainnya.

Mulai Panglima Komando Gabungan Area Lini Di III (Pangkogabwilhan III) dan Panglima Komando Area Militer (Pangdam) XVIII/Kasuari. Cantiasa juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Komando Area Militer XVIII/Cenderawasih Sebelum Desember 2017 hingga November 2018. Sebelumnya Itu, ia juga menjabat Danrem 173/Praja Vira Braja dan Kasdam XVII/Cenderawasih.

Jenderal bintang tiga ini merupakan lulusan terbaik Di Akademi Militer (Akmil) tahun 1990. Cantiasa juga tercatat sebagai siswa Bersama karya tulis terbaik Di mengikuti Belajar Reguler (Dikreg) XLI Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2014.

Cantiasa pernah terpilih menjadi Komandan upacara penurunan Sang Merah Putih Di masih berpangkat Kolonel. Ia menjadi komandan Untuk kegiatan HUT Di-68 Kemerdekaan Republik Indonesia Di Istana Merdeka Ke 17 Agustus 2013.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: 4 Letjen TNI Aktif yang Pernah Jabat Danjen Kopassus, Nomor 1 Ditugaskan Karena Itu Wagub Lemhannas