4 Penyebab Gagal Ginjal Akut, Menyerang Usia Produktif

Penyakit gagal ginjal mulai menyerang usia produktif. Foto/ kidney.org

JAKARTA – Penyakit gagal ginjal mulai menyerang usia produktif. Berdasarkan data Kementerian Kesejajaran (Kemenkes) RI, mereka yang berusia 35 tahun sudah banyak yang Merasakan gagal ginjal akut.

Praktisi Medis Spesialis Penyakit Di Konsultan Ginjal Hipertensi, dr Decsa Medika Hertanto, Sp.PD, KGH, FINASIM, menjelaskan ada beberapa penyebab gagal ginjal yang sering ditemui Dari Praktisi Medis ginjal.

“Berdasar Pengalaman Hidup pribadi saya sebagai Praktisi Medis ginjal ya, Bisa Jadi biar gak banyak-banyak tak buat top 5 penyebab gagal ginjal kronis yang sering tak temuin,” tulis dr Decsa seperti dikutip Di cuitannya Di X @decsamh, Rabu (24/7/2023).

Berikut ini penyebab gagal ginjal akut yang perlu diwaspadai generasi muda.

1. Diabetes
Diabetes atau kencing manis merupakan penyebab utama Di gagal ginjal akut yang serung ditemui. Praktisi Medis Decsa mengatakan ketika ada pasien yang Merasakan kencing manis, pasti dia meminta pasien Sebagai cek kreatinin, urine lengkap sama ACR urine.

“Oh ya USG abdomen juga penting. Dan kebanyakan sudah ada gangguan ginjalnya. Sering kali mereka gak sadar, Pada ini mengidap diabetes,” jelasnya.

2. Batu ginjal
Seseorang yang Merasakan batu ginjal dan dibiarkan Akansegera membuat aliran urine mampet Agar urine Akansegera kembali Di ginjal dan menyebabkan hidronefrosis (pembengkakan Di ginjal) dan bikin fungsi ginjal terganggu. Dan bisa berisiko terkena gagal ginjal kronis.

3. Glomerulonefritis
Glomerulonefritis sendiri merupakan Penyakit peradangan Di ginjal, contoh penyakitnya sindrom nefrotik atau nefritik. Hal itu bisa disebabkan Sebab autoimun, Mikroba atau bakteri. Jika tidak ditangani Di baik bisa menyebabkan gagal ginjal kronis.

4. Konsumsi Terapi nyeri secara kronis
Situasi ini biasanya banyak dialami Dari pasien Di usia 40 tahun Di atas. Mereka minum Terapi nyeri Sebab sendi-sendinya mulai bermasalah biasanya Yang Berhubungan Di Di osteoarthritis.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 4 Penyebab Gagal Ginjal Akut, Menyerang Usia Produktif