47 Orang Ke Kalsel Masuk RSJ gegara Kecubung, Ahli Kebugaran Jelaskan Efeknya Di Saraf

Jakarta

Sebanyak 47 warga Ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dilarikan Di Fasilitas Medis usai Merasakan halusinasi berat Lantaran diduga mabuk kecubung. Para pasien dirawat Ke Fasilitas Medis Jiwa (RSJ) Sambang Lihum, Banjarmasin.

“Update hari ini 47 pasien, (terbaru) masih penanganan intensif,” ujar Kasi Humas dan Informasi RSJ Sambang Lihum Budi Harmanto yang dikutip Di detikSulsel, Sabtu (13/7/2024).

Budi mengungkapkan para pasien yang dirawat semuanya Merasakan halusinasi berat. Ahli Kebugaran yang menangani Menyediakan Terapi penenang Di dosis berbeda Ke setiap pasien.


“Makanya Lantaran tingkat dosis masing-masing berbeda, Dari Sebab Itu ada yang tidak sadarkan diri, ada yang meninggal, ada yang masih sada tapi meracau (berbicara sendiri), Dari Sebab Itu Di Ahli Kebugaran Menyediakan Terapi penenang,” jelasnya.

Kandungan Kecubung yang Bisa Bikin Halusinasi

Terlepas Di Perkara Pidana Hukum tersebut, Inggrid Tania, Ketua Perkumpulan Ahli Kebugaran Pengembang Terapi Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) menjelaskan kandungan yang ada Ke Di kecubung. Tanaman Di nama latin Datura fastuosa Di famili Solanaceae ini mengandung senyawa kimia alkaloid.

Senyawa ini terdiri Di atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikolinergik. Ke Samping Itu, kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina.

“Skopolamin itu merupakan zat halusinogen yang kuat,” ujar Inggrid Ke detikcom, Jumat (12/7/2024).

Ke Samping Itu, jika kecubung dikonsumsi secara berlebihan bisa merusak saraf. Hal ini membuat koordinasi motorik dan hilangnya memori jangka pendek terganggu.

Menurut Inggrid, Situasi ini sudah proses merusak sel saraf dan kerusakannya bisa permanen. Terlebih jika kecubung yang dikonsumsi Di dosis yang besar.

“Hilangnya memori jangka pendek, itu juga proses kerusakan sel saraf,” tutupnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 47 Orang Ke Kalsel Masuk RSJ gegara Kecubung, Ahli Kebugaran Jelaskan Efeknya Di Saraf