5 Kebiasaan Simpel Hingga Pagi Hari Sebagai Menurunkan Tekanan Darah

Jakarta

Bagi kebanyakan orang, hipertensi bisa muncul tanpa disertai tanda-tanda peringatan. Tetapi seiring berjalannya waktu, tekanan darah tinggi yang tidak terkendali dapat merusak berbagai organ Hingga Di tubuh, seperti pembuluh darah, jantung, ginjal, otak, dan lain sebagainya.

Untungnya, hipertensi dapat dicegah Di melakukan perubahan Life Style, termasuk menjalankan kebiasaan sehat Pada bangun tidur Hingga pagi hari. Spesialis kardiologi Di McGovern Medical School UTHealth Hingga Houston, John Higgins, MD mengatakan tekanan darah cenderung mulai Meresahkan Pada seseorang bangun Hingga pagi hari.

“Pagi hari – Pada tekanan darah Anda mulai Meresahkan – adalah waktu yang tepat Sebagai memulai mencoba perubahan (Life Style) ini,” ujarnya dikutip Di Livestrong, Kamis (18/7/2024).


Lantas, apa saja kebiasaan pagi yang bisa membantu menurunkan tekanan darah? Berikut pembahasannya.

1. Memangkas asupan kafein

Minum secangkir Minuman Kafein Bisa Jadi sudah Karena Itu kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Tetapi, Higgins mengatakan kebiasaan ini sebaiknya dikurangi jika ingin terhindar Di risiko hipertensi.

“Hal ini Lantaran kafein merupakan stimulan yang tak hanya menambah semangat Di melangkah, tetapi juga dapat Memperbaiki tekanan darah Anda,” ucapnya.

Kendati peningkatan tekanan darah akibat kafein hanya bersifat Sambil Itu, Higgins menyarankan Sebagai sebisa Bisa Jadi Memangkas minum Minuman Kafein Hingga pagi hari atau mengonsumsi Minuman Kafein tanpa kafein.

2. Mengonsumsi sarapan seimbang

Melewatkan sarapan ternyata dapat berdampak besar Ke tekanan darah. Malahan, sebuah studi yang dipublikasikan Hingga International Journal of Hypertension mengungkapkan melewatkan sarapan dikaitkan Di peningkatan tekanan darah Ke orang dewasa.

“Dan yang terpenting bukan hanya kapan Anda makan, tetapi apa yang Anda makan. Misalnya, parfait yogurt rendah lemak Di kacang-kacangan dan buah merupakan sarapan yang baik dan seimbang yang dapat Memperbaiki Situasi tekanan darah Lantaran beberapa alasan,” kata Higgins.

Higgins menambahkan konsumsi satu cangkir kacang-kacangan (seperti almond, hazelnut, atau kenari) setiap pagi dapat menurunkan tekanan darah sistolik hingga 8 mmHg. Sambil Itu mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, kiwi, dan jeruk telah dikaitkan Di tekanan darah yang lebih rendah.

3. Membatasi gula

Konsumsi sarapan Kandidatteratas, seperti roti atau sereal, Bisa Jadi mengandung gula tambahan. Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat memengaruhi tekanan darah.

“Mengonsumsi gula, terutama sirup jagung fruktosa tinggi, dapat memengaruhi jalur Di tubuh Anda yang Yang Berhubungan Di Di hormon aldosteron dan peptida endotelin, yang keduanya membantu mengatur tekanan darah,” ucap Higgins.

Di Detail, Higgins mengatakan konsumsi gula yang berlebihan dikaitkan Di aterosklerosis, yaitu penumpukan plak Hingga pembuluh arteri. Situasi ini dapat membuat pembuluh darah menjaid lebih kaku, Supaya menyebabkan tekanan darah naik.

4. Melakukan Aktivitasfisik

Latihan Hingga pagi hari adalah cara yang baik Sebagai mendukung tekanan darah sehat secara keseluruhan. Higgins mengatakan Latihan intensitas Di Di dua setengah jam, atau Pertarungan Persahabatan kekuatan Di 90-150 menit setiap minggu dapat menurunkan tekanan darah hingga 5 mmHg.

5. Melakukan Bermeditasi

Bermeditasi Hingga pagi hari dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini dapat Memberi efek positif Pada tekanan darah.

Bermeditasi juga dapat membantu mengatur tekanan darah Ke orang-orang yang Merasakan hipertensi ringan. Studi yang dilakukan Dari University of Maryland Medical System menemukan Bermeditasi dapat membantu menurunkan baik tekanan darah sistolik maupun diastolik.

Salah satu alasan mengapa Bermeditasi dapat membantu menurunkan tekanan darah adalah Lantaran Aktivitasfisik ini Mendorong tubuh Sebagai memproduksi lebih banyak oksida nitrat. Oksida nitrat adalah senyawa yang dapat membantu memperlebar pembuluh darah, Supaya menurunkan tekanan darah.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 5 Kebiasaan Simpel Hingga Pagi Hari Sebagai Menurunkan Tekanan Darah