5 Penyebab Darah Haid Menggumpal Di Keluar, Apakah Normal?

Jakarta

Menstruasi atau haid adalah hal normal Untuk wanita. Siklus haid setiap wanita bisa berbeda Untuk frekuensi, jumlah, durasi dan penggumpalan darahnya.

Kebanyakan, wanita Di haid Berencana Merasakan penggumpalan darah. Di sisi lain, ada Untuk mereka yang juga takut atau khawatir jika melihatnya. Pelajari apakah darah haid menggumpal itu normal dan penyebab Di baliknya.

Alasan Di Keluar Darah Haid Menggumpal

Gumpalan darah Di haid adalah gumpalan darah seperti gel yang keluar Untuk leher rahim Lewat vagina. Utamanya, terjadinya pelepasan rahim (endometrium) adalah penyebab penggumpalan darah haid.


Di haid, hormon-hormon Untuk tubuh menyebabkan lapisan rahim mulai luruh (jatuh berguguran). Hal ini membuat pembuluh darah kecil Merasakan pendarahan.

Ahli Kebugaran spesialis Obstetri dan Ginekologi atau Ob/Gyn Salena Zanotti, MD, mengungkapkan bahwa gumpalan darah Berencana terbentuk kapan saja, Sebab kita Memperoleh sejumlah darah yang tersimpan Di sana.

“Penggumpalan darah seharusnya terjadi Di tingkat tertentu. Di penggumpalan darah haid, yang terjadi adalah jika kita Merasakan pendarahan Untuk jumlah banyak. Maka darah tersebut Berencana terkumpul Di Untuk rahim dan Di berada Di sana, darah tersebut Berencana membentuk gumpalan,” kata Dr. Zanotti dikutip Untuk laman Cleveland Clinic.

Dilansir Untuk Healthline, seringnya wanita usia subur yang Untuk haid Berencana melepaskan rahimnya setiap 28-35 hari. Endometrium bisa menebal dan tumbuh, sepanjang bulan sebagai respons atas estrogen (hormon seks wanita).

Salah satu peran hormon estrogen yaitu Sebagai membantu mendukung sel telur yang telah dibuahi. Jika kehamilan tidak terjadi, makan lapisan endometrium Berencana terlepas (hal ini yang disebut Didalam masa haid).

Di lapisan terlepas, lapisan itu Berencana bercampur Didalam darah, lendir, dan jaringan. Bentuk darahnya mirip seperti selai atau stroberi rebus, Didalam warna Untuk merah terang hingga merah tua.

Ada beberapa penyebab yang mendasari penggumpalan darah hadi, faktor hormonal dan fisik juga bisa Meningkatkan Kemungkinan terjadinya Kebugaran ini.

Penyebab Darah Haid Menggumpal

Selain faktor-faktor yang disebutkan Di atas, penyebab lain yang mendasari penggumpalan darah haid, yakni:

1. Obstruksi Rahim

Kebugaran rahim yang membesar Berencana Memberi tekanan lebih Di dinding rahim. Hal ini bisa Meningkatkan perdarahan dan pembekuan darah.

Obstruksi uterus bisa sebabkan Sebab:

  • Tumor kanker
  • Fibroid
  • Endometriosis
  • Adenomiosis

2. Hormon yang Tidak Seimbang

Lapisan rahim yang tumbuh dan menebal Didalam baik, bergantung Di Kesejaganan estrogen dan progesteron. Jika hormon tersebut ada yang terlalu banyak/sedikit, wanita Bisa Jadi Berencana Merasakan pendarahan yang banyak.

Beberapa hal penyebab ketidakseimbangan hormonal yaitu:

  • Penurunan atau penambahan berat badan yang signifikan
  • Tidak haid atau yang tidak teratur
  • Perimenopause
  • Menekankan

3. Keguguran

March of Dimes, organisasi AS yang bekerja Sebagai Keadaan ibu dan bayi, melaporkan bahwa setengah Untuk seluruh kehamilan berakhir Didalam keguguran. Banyak Untuk keguguran terjadi, Sebelumnya mereka Mengetahui bahwa mereka hamil..

4. Penyakit Von Willebrand

Aliran darah haid yang deras juga bisa sebabkan Penyakit von willebrand (VWD). Walaupun jarang terjadi, Di 5% sampai 25% wanita Didalam pendarahan haid kronis terkena Penyakit ini.

Apakah Normal jika Darah Haid Menggumpal?

Untuk sebagian besar Perkara Pidana Hukum, darah haid menggumpal adalah hal normal. Jika terjadi sesekali, hal ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Gumpalan darah Di haid yang normal ukuran diameternya tidak lebih Untuk 2,5 cm dan hanya terjadi sesekali, biasanya Di menjelang awal siklus haid.

Di awal dan akhir siklus haid warna darah Bisa Jadi tampak merah cerah. Sebab aliran darah Masuk Didalam cepat, Supaya darah tidak punya waktu Sebagai menjadi gelap.

Di beberapa hari pertama Di menstruasi, adalah siklus paling deras. Supaya, gumpalan darah juga bisa berwarna merah tua atau merah marun.

Menurut Central of Disease Control (CDC), aliran yang Dikatakan normal, jika pendarahan menstruasi berlangsung Di 4-5 hari, an menghasilkan 2-3 Alatmakan makan darah atau normal.

Dr. Zanotti mengatakan, kita Bisa Jadi merasakan gumpalan darah haid Di lagi duduk lalu berdiri atau berada Di tempat tidur.

“Gumpalan darah Berencana keluar Di itu atau Di kamu pergi Di kamar mandi,” tambah Dr. Zanotti.

Plasma dan trombosit Berencana bekerja sama Sebagai membentuk bekuan darah. Tujuannya Sebagai mencegah tubuh kehilangan banyak darah.

Sebagai Mengintroduksi gumpalan darah besar Di haid, leher rahim harus melebar. Rasa sakitnya bisa parah.

Kalau ada wanita yang Merasakan pendarahan hebat dan Merasakan kram, hal ini Didalam Sebab Itu salah satu penyebab wanita merasakan nyeri Di haid.

Gumpalan Darah Haid yang Tidak Normal

Gumpalan darah haid abnormal Berencana berukuran lebih Untuk seperempat. Keluarnya pun sering terjadi.

Salah satu komplikasi utama Untuk pendarahan haid yang berat yaitu anemia defisiensi zat besi. Segera temui Ahli Kebugaran jika Merasakan pendarahan haid yang berat, Didalam gumpalan darah yang lebih besar Untuk 2,5 cm.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 5 Penyebab Darah Haid Menggumpal Di Keluar, Apakah Normal?