5 Tanaman Ini Bisa Bikin Otak Sehat dan Cerdas, Ada Kunyit dan Ginseng

Jakarta

Tanaman Dari lama digunakan Untuk Terapi tradisional Sebagai mengatasi berbagai macam masalah Kesejaganan. Di luar itu, terdapat pula beberapa tanaman yang dapat Memperbaiki Kesejaganan dan fungsi otak loh.

Beberapa tanaman memang sudah secara turun temurun digunakan sebagai Terapi alami. Misalnya kunyit Sebagai mengatasi masalah pencernaan, daun sirih Sebagai meredakan mata merah, daun kumis kucing Sebagai menurunkan gula darah, dan lain sebagainya.

Akan Tetapi, manfaat tanaman ternyata tidak hanya sebatas Kesejaganan fisik saja. Sebab, beberapa herbal juga dapat membantu Memperbaiki fungsi otak, seperti kognitif, daya ingat, hingga menurunkan risiko gangguan Kesejaganan otak, seperti demensia dan alzheimer.


Dikutip Di berbagai sumber, berikut herbal yang dapat menunjang Kesejaganan otak dan membuatnya makin ‘encer’.

1. Kunyit

Seperti yang disebutkan Sebelumnya Itu, kunyit sering dimanfaatkan Untuk Terapi tradisional Sebagai mengatasi masalah pencernaan. Selain khasiat tersebut, bumbu dapur ini ternyata juga punya manfaat yang tak kalah penting Sebagai otak.

Kunyit mengandung senyawa bernama curcumin, sejenis antioksidan yang Memperoleh banyak manfaat Sebagai otak, mulai Di Memperbaiki produksi serotonin dan dopamin, Memangkas peradangan, hingga mendukung mendukung perkembangan struktural dan fungsional otak seiring input lingkungan.

Sebuah Studi juga menyebutkan curcumin Memperoleh potensi Sebagai melindungi Di risiko alzheimer yang muncul seiring pertambahan usia.

2. Ginseng

Ginseng merupakan salah satu herbal yang dapat membantu Memperbaiki kemampuan daya ingat otak. Tak hanya itu, tanaman ini juga mencegah penurunan daya ingat yang disebabkan Di pertambahan usia.

Khasiat ini berasal Di senyawa ginsenosides yang terkandung Di ginseng. Sebuah studi Di 2018 pun menemukan ginsenosides dapat Memangkas tingkat beta amiloid yang bisa menyebabkan penurunan kognitif otak.

3. Ginkgo biloba

Tanaman yang sudah digunakan secara turun temurun Untuk Terapi tradisional China ini Memperoleh khasiat yang luar biasa Untuk menunjang Kesejaganan dan kecerdasan otak.

Ginkgo biloba diyakini dapat merangsang dan melancarkan sirkulasi darah Di otak. Di Itu, beberapa Studi Menunjukkan tanaman ini dapat Memperbaiki fungsi kognitif Di orang yang mengidap alzheimer atau gangguan kognitif otak.

4. Rosemary

Rosemary adalah herbal yang kerap digunakan Sebagai memperkaya cita rasa hidangan steak. Akan Tetapi menurut pakar Gizi Harvard dr Uma Naidoo, MD, rosemary juga Memperoleh khasiat Sebagai otak yang sayang Sebagai dilewatkan.

Dikutip Di Hola, Naidoo mengatakan rosemary dapat membantu Memperbaiki konsentrasi dan kemampuan daya ingat. Tak hanya itu, tanaman tersebut juga mampu Memangkas tingkat Beban, serta mencegah penurunan fungsi kognitif yang dipicu pertambahan usia.

5. Peppermint

Sejumlah Studi mengungkapkan peppermint Memperoleh manfaat positif Sebagai otak. Justru, menghirup aroma Migas esensial yang terbuat Di tanaman ini juga disebut dapat Memperbaiki fungsi otak.

Sebuah studi yang dilakukan kepada 144 orang dewasa muda Menunjukkan bahwa menghirup aroma Migas peppermint Pada lima menit Sebelumnya tes dapat Memperbaiki kemampuan daya ingat secara signifikan.

Di Di Yang Sama, studi lain menemukan aroma Migas peppermint dapat Memperbaiki kewaspadaan, serta Memangkas frustrasi, ansietas, dan kelelahan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 5 Tanaman Ini Bisa Bikin Otak Sehat dan Cerdas, Ada Kunyit dan Ginseng