6 Ide Sarapan Pagi Untuk Penderita Ginjal yang Lezat dan Bergizi

Jakarta

Sarapan pagi Berencana membantu Menyusun hari kamu lebih sehat dan lebih baik. Untuk penderita Gangguan ginjal, khususnya Gangguan ginjal kronis atau Chronic kidney disease (CKD), pemilihan sarapan perlu diperhatikan.

Kendati banyak Makanan Untuk sarapan ramah ginjal, Tetapi tidak semuanya cocok. Secara Keseluruhan, Makanan yang rendah natrium, kalium, dan fosfor baik Untuk Untuk penderita CKD.

Simak menu apa saja yang cocok sebagai sarapan pagi Untuk penderita Gangguan ginjal kronis berikut ini.


Sarapan Pagi Sehat Untuk Penderita Ginjal

Ahli Pola Makan ginjal, Laura Kyte, mengungkapkan bahwa pemilihan Makanan juga bergantung Di stadium CKD-nya.

“Tergantung Di stadium CKD. Kamu Mungkin Saja disarankan Untuk membatasi Makanan kaya kalium dan/atau fosfat. Sayangnya hal ini berarti sarapan Kandidatteratas seperti bayam, pisang, tomat, alpukat, dan kentang sebaiknya tidak dimasukkan Untuk menu (sarapan),” jelas Lauren, dikutip Bersama laman Kidney Care UK.

Dilansir Kidney Care UK, berikut adalah pilihan sarapan pagi yang ramah Untuk penderita ginjal:

1. Buah Rendah Kalium

Memulai hari Bersama sarapan buah tetap penting. Untuk penderita ginjal, Lauren merekomendasikan pilihan sarapan buah rendah kalium.

Berikut adalah buah yang bagus Untuk penderita sakit ginjal:

  • Semangka
  • Apel
  • Jeruk clementine
  • Pir
  • Blueberry

2. Pilihan Roti

Jika ingin sarapan menggunakan roti, Laura merekomendasikan roti coklat daripada roti putih.

“Roti gandum sering dibenci Bersama penderita CKD Lantaran kandungan mineralnya yang lebih tinggi. Tetapi kenyataannya, Lebihterus tinggi serat berarti banyak potasium dan fosfat tidak mudah diserap Hingga Untuk tubuh,” jelasnya.

3. Alternatif Susu dan Olahannya

Mengenai produk susu, ada alternatifnya yaitu susu nabati. Rekomendasinya susu kedelai, susu oat, susu almond, atau susu beras.

“Idealnya merek (susu) organik, Lantaran tidak mengandung bahan tambahan yang mengandung kalium atau fosfat,” kata Laura.

Sedangkan Untuk keju, disarankan Untuk mengkonsumsi keju keras tidak lebih Bersama 4-6 ons (hingga 170g) seminggu, dan sedikit lebih banyak Untuk keju lunak, seperti keju krim, brie, atau keju Bersama susu kambing.

Hal ini juga bisa mempengaruhi pilihan sarapan penderita ginjal. Seperti diketahui, Laura mencatat bagaimana produk susu cenderung tinggi potasium dan fosfat.

“Sebagian besar pasien CKD perlu membatasi konsumsi susu, hanya Di 285 ml susu sehari, termasuk yoghurt juga,” katanya.

4. Minuman Kafein dan Teh

Sebagian orang memulai paginya Bersama meminum Minuman Kafein, yang Mungkin Saja dibatasi Di satu cangkir (termasuk yang tanpa kafein).

Samping Itu, daripada Minuman Kafein instan, Minuman Kafein saring berkualitas baik Karena Itu pilihan sedikit lebih baik.

“Ekstrak sawi putih adalah salah satu alternatif pengganti Minuman Kafein, walaupun Mungkin Saja kurang tepat, dan teh boleh diminum,” ungkap Lauren.

5. Jus Cranberry

Jus cranberry adalah buah yang bagus Untuk ginjal. Pasalnya, buah tersebut Memiliki kandungan potasium yang rendah.

6. Telur

Telur bisa dimakan sebagai sarapan pagi Untuk penderita Gangguan ginjal. Pasalnya, ia merupakan sumber protein berkualitas tinggi.

Telur bisa dimakan Bersama berbagai cara, seperti diorak arik atau omelette, direbus, telur dadar, atau ditambahkan Hingga sandwich maupun salad.

Menurut National Kidney Foundation, Kendati telur merupakan sumber protein hewani dan fosfor yang baik, Tetapi Di penderita CKD konsumsinya perlu dibatasi. Memilih telur rendah natrium dan kalium Mungkin Saja bisa membantu.

Makan telur mentah atau kuningnya yang encer Berencana berisiko terkena Gangguan bawaan Makanan. Karena Itu pastikan Untuk makan telur Bersama kuning telur matang, terutama jika pernah menjalani transplantasi.

Gizi adalah Kunci Untuk Kesejajaran secara keseluruhan, termasuk Gangguan ginjal. Makanan pokok seperti oatmeal, buah segar, atau telur orak-arik semuanya cocok Untuk pola makan ramah ginjal.

Berikut adalah beberapa variasi menu sarapan Untuk penderita ginjal:

  1. Bubur oat Bersama apel rebus.
  2. Roti panggang Bersama kacang saus bawang putih kental.
  3. Muffin gandum utuh blueberry.
  4. Omelet Bersama daun bawang dan keju kambing (goat’s cheese).
  5. Haddock dan kangkung kedgeree
  6. Granola soba Bersama cranberry dan kacang macadamia.

Laura mengatakan bahwa salah satu cara terbaik Untuk mempertahankan kebiasaan sarapan yang menyehatkan ginjal, yaitu Bersama memastikan variasi sarapan sepanjang minggu.

“Menurut Penghayatan saya, penderita CKD stadium lanjut sering kali terbangun Bersama perasaan mual, dan makan merupakan hal terakhir yang ingin mereka lakukan,” terangnya.

Ia menambahkan kalau Untuk Kontek Sini, Mungkin Saja berarti mereka harus menunggu sebentar Setelahnya bangun tidur Untuk sarapan.

Di sisi lain, pastikan juga penderita CKD Untuk berkonsultasi Bersama Ahli Kebugaran dan ahli Pola Makan Untuk Merasakan saran sarapan pagi yang lebih spesifik.

Semoga ide sarapan pagi sehat Untuk penderita ginjal tadi bisa menambah informasi, Untuk mendukung Kesejajaran ginjal setiap hari terutama Untuk penderita CKD.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 6 Ide Sarapan Pagi Untuk Penderita Ginjal yang Lezat dan Bergizi