6 Manfaat Buah Bengkoang yang Jarang Diketahui

Jakarta

Bengkoang atau Di bahasa Inggris disebut jicama adalah salah satu buah yang banyak dijumpai Di Indonesia. Bengkoang Memiliki daging buah berwarna putih, tekstur renyah, serta rasa yang menyegarkan.

Bengkoang juga mengandung beragam Konsumsi Bergizi yang dibutuhkan tubuh, 100 gram bengkoang Memiliki kandungan Konsumsi Bergizi berupa:

  • Kalori: 49
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0.1 gram
  • Serat: 6.4 gram
  • Vitamin C: 44 persen Didalam rekomendasi asupan harian
  • Folat: 4 persen Didalam rekomendasi asupan harian
  • Zat besi: 4 persen Didalam rekomendasi asupan harian
  • Magnesium: 4 persen Didalam rekomendasi asupan harian
  • Kalium: 6 persen Didalam rekomendasi asupan harian
  • Mangan: 4 persen Didalam rekomendasi asupan harian

Selain Konsumsi Bergizi Di atas, bengkoang juga mengandung sejumlah vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, zinc, dan kalsium. Kandungan Konsumsi Bergizi inilah yang membuat buah bengkoang baik Untuk Kesejaganan.


Lantas, apa saja manfaat buah bengkoang? Dikutip Didalam berbagai sumber, berikut khasiat buah bengkoang yang sayang Untuk dilewatkan.

1. Mencegah kerusakan sel

Bengkoang mengandung sejumlah antioksidan yang bermanfaat Di mencegah kerusakan sel.

Dikutip Didalam Healthline, antioksidan dapat menangkal efek radikal bebas, molekul yang menyebabkan Beban oksidatif. Sejumlah Studi mengaitkan Beban oksidatif Didalam Gangguan kronis, seperti diabetes, Gangguan kardiovaskular, dan penurunan fungsi kognitif.

2. Menjaga Kesejaganan jantung

Seperti yang disebutkan Sebelumnya, antioksidan yang terkandung Di buah bengkoang dapat mencegah Gangguan kardiovaskular, termasuk Gangguan jantung.

Tak hany itu, bengkoang juga mengandung serat tinggi yang dapat menghambat penyerapan lemak dan menurunkan kadar kolesterol Di tubuh. Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko Gangguan jantung dan serangan jantung.

3. Melancarkan pencernaan

Asupan Konsumsi tinggi serat dapat membantu melancarkan fungsi pencernaan. Lantaran itu, mengonsumsi Konsumsi tinggi serat, seperti bengkoang, dapat menunjang fungsi pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Bengkoang juga mengandung zat bernama inulin. Studi Menunjukkan inulin dapat Memperbaiki frekuensi pergerakan usus hingga 31 persen dan membantu mengatasi sembelit.

Bengkoang juga mengandung air yang cukup tinggi, Supaya dapat membantu menghidrasi tubuh dan mencegah konstipasi.

Tidak hanya padat Konsumsi Bergizi, bengkoang juga rendah Berencana kalori. Ini membuat bengkoang cocok dikonsumsi Didalam orang yang melakukan Asupan Konsumsi Untuk menurunkan berat badan.

Bengkoang juga mengandung air dan serat yang dapat Memperbaiki rasa kenyang dan menekan nafsu makan. Kandungan serat Di bengkoang juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula Di darah, Supaya menurunkan risiko obesitas.

5. Menguatkan Dayatahan Tubuh tubuh

Bengkoang menunjang daya Konsisten tubuh Didalam beberapa cara. Selain kaya Berencana antioksidan yang mencegah kerusakan sel, bengkoang juga Memiliki efek antivirus dan antijamur yang melindungi tubuh Didalam Penyakit Menyebar.

Bengkoang juga Memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan mikronutrien yang berperan penting Di membangun sistem kekebalan tubuh.

6. Berpeluang mencegah kanker

Radikal bebas dan Beban oksidatif merupakan faktor-faktor yang dapat memicu kanker. Lantaran manfaat buah bengkoang dapat menangkal efek radikal bebas dan mencegah Beban oksidatif, buah ini pun dipercaya bisa menurunkan risiko kanker tertentu.

Kandungan serat yang ada Di bengkoang juga dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar. Sebuah studi mengungkapkan orang yang mengonsumsi lebih Didalam 27 gram serat Ketahanan Pangan setiap hari Memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 6 Manfaat Buah Bengkoang yang Jarang Diketahui