6 Pilihan Buah yang Bisa Redakan Asam Lambung Naik, Pepaya hingga Melon

Jakarta

Seseorang yang mengidap Penyakit asam lambung maupun GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) perlu memerhatikan Konsumsi yang dikonsumsi, termasuk buah-buahan. Sebab, beberapa jenis buah-buahan bisa memicu kekambuhan Didalam Situasi tersebut.

Asam lambung sebenarnya bukan sebuah Penyakit, melainkan sejenis cairan asam yang normalnya diproduksi Dari lapisan lambung. Dikutip Didalam Healthline, cairan asam lambung berwujud encer dan tidak berwarna, serta berfungsi Sebagai memecah Konsumsi agar lebih mudah dicerna. Cairan asam yang diproduksi lambung itu dikenal juga Didalam nama asam klorida (HCl).

Produksi cairan asam lambung yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan seperti acid reflux maupun GERD. Situasi inilah yang Dari orang awam kerap disebut Penyakit asam lambung atau asam lambung naik.


Kabar baiknya, mengonsumsi buah-buahan tertentu dapat meredakan asam lambung naik. Lantas, apa saja buah-buahan Sebagai asam lambung naik tersebut? Dikutip Didalam berbagai sumber, berikut pembahasannya.

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang dapat membantu mengatasi asam lambung naik. Dikutip Didalam Health, pisang Memperoleh pH yang tinggi, Agar bersifat basa atau rendah asam. Buah yang bersifat basa dapat membantu menetralisir cairan asam Di lambung Didalam cara melindungi lapisan esofagus yang teriritasi.

Di Samping Itu, pisang juga mengandung serat larut bernama pektin. Senyawa ini dapat membantu menjaga Konsumsi Datang Didalam baik Lewat sistem pencernaan.

2. Buah beri

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry juga Memperoleh kandungan asam yang rendah, Agar aman dikonsumsi Dari pengidap acid reflux. Tak hanya itu, buah beri juga kaya Akansegera antioksidan yang dapat Memangkas produksi cairan asam klorida Di lambung, Agar mencegah asam lambung naik.

3. Pepaya

Pepaya mengandung enzim bernama papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, enzim papain juga membantu mempermudah proses penguraian protein menjadi asam amino.

Pepaya juga Memperoleh tingkat keasaman yang rendah, Agar cocok dikonsumsi Dari orang yang mengidap Penyakit asam lambung.

4. Kelapa

Kelapa termasuk buah yang Memperoleh pH tinggi. Artinya, kelapa Memperoleh tingkat asam yang rendah, Agar aman dikonsumsi pengidap acid reflux.

Kelapa juga mengandung kalium yang dapat membantu menyeimbangkan pH Di tubuh, yang penting Di mengelola acid reflux.

5. Melon

Lantaran Memperoleh kadar asam yang rendah, melon juga termasuk Di Di buah yang aman Sebagai pengidap acid reflux. Sama seperti kelapa, melon juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga Kesejaganan pH Di tubuh.

Di Samping Itu, melon juga mengandung antioksidan yang berperan penting Di mencegah peradangan serta menjaga Keadaan kardiovaskular.

6. Apel

Apel juga menjadi salah satu buah yang diyakini dapat mengatasi Tanda asam lambung naik Lantaran mengandung serat, kalium, dan magnesium. Akan Tetapi, hindari mengonsumsi apel hijau Lantaran jenis ini Memperoleh rasa yang cenderung asam, Agar Berpotensi Sebagai memicu Tanda acid reflux.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 6 Pilihan Buah yang Bisa Redakan Asam Lambung Naik, Pepaya hingga Melon