7 Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi yang Mudah Ditemukan, Ada Bayam-Timun

Jakarta

Ada beragam cara yang bisa dilakukan Sebagai menjaga kadar kolesterol Di tubuh tetap normal. Selain Di menjaga pola makan dan rutin Latihan, menurunkan kolesterol juga dapat dilakukan Di menjaga pola makan yang sehat, seperti mengonsumsi sayuran.

Sebelumnya Itu, apa sih yang dimaksud Di kolesterol? Kolesterol adalah zat lilin alami yang diproduksi Dari sel-sel hati. Kolesterol juga dapat diperoleh Di Hidangan, seperti daging, kuning telur, udang, dan lain sebagainya.

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan Dari tubuh Di memproduksi vitamin D, hormon, serta mendukung proses pembentukan sel. Tapi jika jumlahnya terlalu banyak, kolesterol dapat menyebabkan beragam masalah Keadaan. Terutama, kolesterol jahat atau yang disebut juga low-density lipoprotein (LDL).


Dikutip Di berbagai sumber, berikut sayuran penurun kolesterol yang bisa didapat Di mudah sehari-hari.

1. Bayam

Serat adalah salah satu Hidangan Bergizi yang berperan penting Di menurunkan kolesterol. Serat, terutama serat larut, dapat menurunkan kolesterol Di cara Mengurangi penyerapan kolesterol Di Di aliran darah.

Bayam termasuk sayuran yang tinggi Berencana serat. Satu cangkir bayam dapat mengandung Di 6 gram serat, yang tentunya sangat bermanfaat Di membantu menurunkan kolesterol. Inilah alasan mengapa bayam menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol yang kerap direkomendasikan.

2. Kangkung

Seperti halnya bayam, kangkung juga mengandung serat larut yang berperan Di menghambat penyerapan kolesterol Di Di aliran darah.

Sayuran hijau seperti kangkung juga mengandung antioksidan yang dapat mengikat asam empedu yang berasal Di kolesterol, Supaya Mengurangi akumulasi kolesterol Di darah.

3. Brokoli

Sayuran penurun kolesterol berikutnya adalah brokoli. Sayuran ini mengandung serat larut yang dapat menekan kadar kolesterol LDL Di darah. Di Di Itu, brokoli juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik Sebagai Keadaan jantung.

4. Wortel

Berbicara soal khasiat wortel, Bisa Jadi yang pertama terlintas adalah Keadaan mata. Akan Tetapi, sayuran oranye ini ternyara juga bisa membantu menurunkan kolesterol loh.

Ini berkat senyawa beta karoten BCO1 yang ada Ke wortel. Sebuah Studi yang dilakukan Ke 2021 menyebutkan BCO1 adalah senyawa aktif yang mampu menurunkan kolesterol Di darah.

5. Tomat

Selain kaya Berencana vitamin, tomat mengandung antioksidan bernama likopen. Likopen adalah senyawa yang Menyediakan warna merah Ke tomat.

Akan Tetapi tak hany itu, likopen juga dapat membantu menurunkan kolesterol Di darah. Sebuah Studi menemukan asupan likopen sebanyak 25 mg setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

6. Timun

Sayuran penurun kolesterol lainnya adalah timun. Timun mengandung serat tinggi yang dapat memperlambat proses penyerapan lemak Di sistem pencernaan, Supaya secara tidak langsung membantu menurunkan kadar LDL Di tubuh.

Timun juga mengandung kalium (potasium) dan magnesium yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah.

7. Kubis Brussel

Kubis brussel sering Disorot sebagai ‘Hidangan super’ Sebagai menjaga Keadaan kardiovaskular, termasuk menurunkan kolesterol. Pasalnya, kubis brussel mengandung serat larut tinggi yang mampu mengikat kolesterol Pada berada Di Di sistem pencernaan.

Di Di Itu, kubis brussel juga daoat membantu menyeimbangkan kadar garam Di darah, Supaya mencegah risiko hipertensi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 7 Sayuran Penurun Kolesterol Tinggi yang Mudah Ditemukan, Ada Bayam-Timun