7 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Salah Satunya Bisa Merusak Gigi

Jakarta

Kalsium adalah salah satu mineral yang paling dibutuhkan tubuh. Kalsium berfungsi Sebagai membantu pembentukan tulang dan gigi, menunjang fungsi otak, membantu pembentukan darah, mempertahankan fungsi sistem saraf, dan lain sebagainya.

Normalnya, kadar kalsium Di darah adalah Di 8,5-10,2 miligram/desiliter (mg/dL). Ketika jumlah kalsium berada Ke bawah batas normal, maka Situasi ini disebut sebagai hipokalsemia.

Hipokalsemia dapat disebabkan Dari berbagai faktor, seperti Gangguan ginjal, pankreatitis, dan defisiensi vitamin D. Jika tidak ditangani Bersama tepat, hipokalsemia dapat memicu sejumlah masalah Kesejajaran, seperti osteoporosis dan osteopenia.


Lantas, apa saja tanda-tanda tubuh kekurangan kalsium? Dikutip Di berbagai sumber, berikut Tanda-Tanda hipokalsemia yang perlu diwaspadai.

1. Kelelahan

Kelelahan adalah Tanda-Tanda yang bisa disebabkan Dari berbagai macam Situasi, termasuk kekurangan kalsium. Kalsium berperan Di proses pembentukan sel. Ketika jumlah kalsium menurun, sel tubuh Menyaksikan kekurangan gizi, Supaya memicu kelelahan.

2. Otot kram dan tegang

Kalsium tidak hanya menguatkan tulang, tapi juga memastikan otot-otot tubuh dapat berfungsi Bersama baik. Kalsium membantu otot tubuh Sebagai bisa berkontraksi dan rileks.

Jika seseorang terkena hipokalsemia, maka fungsi tersebut Akansegera terganggu. Otot tubuh juga Akansegera lebih sering Menyaksikan nyeri, kekakuan, dan tegang.

3. Kesemutan Ke tangan dan kaki

Kalsium memainkan peranan sangat penting Di mendukung kinerja sistem saraf. Jika jumlah kalsium menurun, maka fungsi saraf juga ikut terganggu, terutama Ke tangan, kaki, dan jari.

4. Detak jantung tidak teratur

Seperti yang disebutkan Sebelumnya Itu, kalsium berperan penting Di menjaga otot-otot tubuh agar bisa berfungsi Bersama baik, termasuk otot jantung. Sebuah studi mengungkapkan kekurangan kalsium dapat Meningkatkan risiko aritmia ventrikular yang bisa mengancam nyawa.

5. Ansietas dan depresi

Hipokalsemia juga bisa memengaruhi Kesejajaran mental. Kalsium dibutuhkan tubuh Sebagai memproduksi dan melepaskan neurotransmitter Ke otak yang memengaruhi suasana hati serta Keadaan emosional. Kadar kalsium yang rendah dapat berujung Ke sejumlah gangguan mental, seperti:

  • Cemas atau ansietas
  • Iritabilitas
  • Depresi

6. Kerusakan gigi

Kalsium juga berperan penting Di memelihara Kesejajaran gigi. Karenanya, kekurangan kalsium Di tubuh dapat menyebabkan kerusakan gigi hingga Gangguan gusi.

7. Kuku mudah patah

Kuku yang tipis dan rapuh juga termasuk salah satu Tanda-Tanda kekurangan kalsium. Kuku manusia terbuat Di timbunan kalsium, Supaya dibutuhkan asupan kalsium yang cukup Sebagai menjaganya tetap sehat. Kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan kuku kering dan mudah patah.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 7 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Salah Satunya Bisa Merusak Gigi