8 Ciri Ciri Asam Lambung yang Parah, Nggak Boleh Disepelekan!

Jakarta

Sesuai namanya, Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah Situasi naiknya asam Bersama lambung Ke kerongkongan atau esofagus.

Penyakit kronis Di sistem pencernaan ini, seringkali menimbulkan Tanda-Tanda dan rasa nyeri yang membuat tidak nyaman. Terlebih, jika asam lambung yang dialami sudah mencapai tahap parah.

Tanda-Tanda atau ciri-ciri asam lambung yang parah tentunya tak boleh disepelekan, Sebab dapat membahayakan Kesejaganan apabila tidak segera ditangani. Mari kenali ciri-ciri asam lambung kronis Di artikel berikut.

Ciri-ciri Asam Lambung Parah

Dilansir Bersama laman Healthline, berikut ini beberapa ciri-ciri asam lambung parah yang perlu diwaspadai:


1. Nyeri Di Dibagian Dada

Nyeri dada (heartburn) akibat asam lambung biasanya ditandai Bersama munculnya rasa nyeri dan terbakar Di Dibagian Di, bawah, atau Di Dibelakang tulang dada.

Sensasi terbakar ini bersumber Bersama naiknya asam lambung Ke kerongkongan. Di Situasi asam lambung yang parah, nyeri dada Akansegera muncul lebih intens dan terasa lebih menyakitkan.

2. Nyeri Di Menelan

Ciri-ciri berikutnya yang dapat muncul Di Situasi asam lambung kronis adalah nyeri Di menelan atau Di istilah medis disebut disfagia. Disfagia merupakan dampak langsung Bersama peradangan yang terjadi Di lapisan esofagus atau kerongkongan.

Selain rasa nyeri Di menelan saliva atau Citarasa, Tanda-Tanda ini juga kerap membuat pengidapnya tersedak, sakit tenggorokan, dan merasa seperti ada Citarasa yang menyangkut Di kerongkongan.

Tak jarang penderita asam lambung parah Merasakan penurunan berat badan. Pasalnya, Tanda-Tanda mual, muntah dan kesulitan atau nyeri Di menelan yang muncul akibat GERD seringkali membuat pengidap asam lambung kehilangan nafsu makan,Supaya berat badan pun dapat berkurang drastis.

4. Batuk Parah

Batuk termasuk komplikasi GERD yang merupakan akibat Bersama refluks asam lambung yang parah. Dikutip Bersama situs Gerd-Pola Makan.com, biasanya, Situasi batuk diikuti Bersama Tanda-Tanda asam lambung lainnya.

Apabila batuk tidak kunjung sembuh dan disertai Tanda-Tanda lain, disarankan Bagi segera periksakan diri Ke Ahli Kepuasan.

5. Anemia

Situasi Penyakit asam lambung yang parah juga diindikasikan Bersama anemia. Komplikasi ini dapat muncul Sebab produksi asam lambung yang menghambat penyerapan zat besi.

Lebih Jelas, naiknya asam lambung juga dapat menimbulkan luka yang berdampak Di berkurangnya darah. Alhasil, terjadi Situasi defisiensi zat besi atau anemia.

6. Radang Gusi

Refluks asam lambung rupanya juga bisa memengaruhi Dibagian mulut, tak terkecuali gusi dan gigi. Dilansir Bersama situs Weldondentistry, asam lambung yang bergerak Ke kerongkongan Berpotensi Bagi masuk Ke mulut. Lalu Bersama mulut, asam pun Akansegera menggerogoti enamel gigi serta mengakibatkan radang gusi.

7. Feses Berwarna Hitam

Berdasarkan penjelasan Di laman Singlecare, gangguan asam lambung merupakan faktor umum yang mengakibatkan tinja berwarna hitam.

Hal ini Sebab refluks asam lambung dapat mengubah darah merah menjadi hitam. Situasi ini biasa disebut melena, yaitu darah menghitam yang mengendap dan menjadikan feses berubah warna.

8. Mual dan Muntah

Naiknya asam lambung seringkali membuat pengidapnya merasakan sensasi asam Di mulut mereka. Rasa asam Di mulut, disertai Bersama batuk dan sendawa akibat refluks asam dapat memicu mual hingga muntah. Mual yang dirasakan bisa Lebihterus parah apabila diikuti Bersama Tanda-Tanda nyeri ulu hati atau heartburn yang disebut Sebelumnya.

Ciri-ciri yang disebutkan Di atas merupakan Situasi yang tak bisa dibiarkan dan harus cepat Memperoleh penanganan medis. Karenanya, jangan ragu Bagi memeriksakan diri Ke Ahli Kepuasan atau IGD agar komplikasi yang dirasakan tidak Lebihterus memburuk.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 8 Ciri Ciri Asam Lambung yang Parah, Nggak Boleh Disepelekan!