8 Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui, Termasuk Turunkan Kadar Gula Darah

Jakarta

Manfaat daun sirih sudah cukup lama dikenal Di Komunitas. Salah satu kegunaan daun sirih adalah Sebagai menjaga Kesejajaran organ intim wanita. Ke luar itu, daun sirih juga menyimpan beragam manfaat yang tak kalah penting Sebagai Kesejajaran.

Daun sirih, atau yang dikenal juga Di nama Piper betle l, adalah tanaman yang tumbuh secara menjalar, seperti Ke dinding, tiang, atau batang pohon. Dikutip Di laman resmi Kementerian Kesejajaran (Kemenkes) RI, daun sirih mengandung banyak Citarasa Bergizi yang baik Sebagai Kesejajaran, seperti protein, iodin, sodium, vitamin A, B1, B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan Energi atsiri.

Ada dua jenis daun sirih yang umum ditemukan Ke Indonesia, yakni daun sirih hijau dan merah. Meski Memiliki warna yang berbeda, keduanya tetap Memiliki manfaat Kesejajaran yang sama.


Lantas, apa saja manfaat daun sirih Sebagai Kesejajaran? Dikutip Di berbagai sumber, berikut informasinya.

1. Menghilangkan Bau Mulut

Salah satu manfaat daun sirih yang cukup dikenal adalah Sebagai menghilangkan bau mulut. Daun sirih Memiliki sifat antimikroba, Agar dapat membantu membasmi bakteri penyebab bau mulut.

Tak hanya itu, mengunyah daun sirih juga diyakini dapat menjaga Kesejajaran gigi.

2. Meredakan Batuk

Air rebusan daun sirih kerap dimanfaatkan sebagai Perawatan alami Sebagai batuk. Efek antibakteri dan antioksidan Di daun sirih diyakini dapat mengatasi peradangan yang menyebabkan batuk.

Mengonsumsi air rebusan daun sirih juga disebut dapat melegakan tenggorokan, Agar Memangkas Tanda batuk.

3. Memangkas Gatal Ke Kulit

Kandungan Energi atsiri Ke daun sirih dikenal dapat membantu mengatasi gatal Ke kulit yang disebabkan Di alergi, gigitan nyamuk, dan Infeksi jamur. Ini Sebab Energi atsiri Memiliki efek antibakteri, antiradang, dan antijamur.

4. Meredakan Radang Sendi

Daun sirih juga dipercaya dapat mengatasi radang sendi. Ini berkat senyawa antiradang yang ada Ke daun sirih, seperti flavonoid, tanin, dan saponin.

Manfaat daun sirih lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah yang berlebih. Air rebusan daun sirih disebut dapat menurunkan kadar gula darah Ke pengidap diabetes melitus.

Khasiat ini berasal Di kandungan flavonoid, tanin, dan saponin yang dapat membantu meninkgatkan produksi insulin, Agar kadar gula darah menjadi lebih terkendali.

6. Mengatasi Jerawat

Daun sirih juga Berpotensi Sebagai mengatasi jerawat Ke wajah. Senyawa antibakteri Ke daun sirih diketahui dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

7. Mencerahkan Wajah

Selain menghilangkan jerawat, manfaat daun sirih juga dapat mencerahkan wajah. Sebab, daun sirih mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat pembentukan enzim yang berperan Di produksi melanin (zat warna alami) Di tubuh. Jika melanin berkurang, maka kulit wajah Akansegera tampak lebih cerah.

8. Mengatasi Mata Merah

Campuran air dan daun sirih juga sering digunakan sebagai Perawatan tetes Sebagai mengatasi mata merah. Manfaat ini berasal Di senyawa antibakteri Ke daun sirih, seperti flavonoid, tanin, dan saponin, yang dapat membunuh bakteri penyebab mata merah.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 8 Manfaat Daun Sirih yang Jarang Diketahui, Termasuk Turunkan Kadar Gula Darah