8 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

Jakarta

Sakit kepala merupakan suatu Penyakit umum yang banyak diderita orang. Sakit kepala dapat dirasakan Di seluruh kepala atau Pada tertentu saja, misalnya Di sebelah kanan.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Tetapi jangan khawatir, sebab Kebugaran ini masih bisa diatasi Didalam mengkonsumsi Terapi atau bahan herbal.

Lantas, apa penyebab sakit kepala sebelah kanan? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasannya Untuk artikel ini.


Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan

Mengutip laman Very Well Health, penyebab sakit kepala sebelah kanan terbagi menjadi dua jenis, yakni primer dan sekunder. Apa bedanya? Berikut penjelasannya:

1. Sakit Kepala Primer

Sakit kepala primer merupakan jenis Penyakit yang tidak berbahaya. Sebanyak 50-60 persen sakit kepala yang terjadi merupakan Tanda primer. Beberapa contoh sakit kepala primer seperti:

a. Migrain

Keluhan sakit kepala sebelah kanan umumnya disebabkan Dari migrain. Sakit kepala jenis ini ditandai Didalam nyeri kepala berdenyut dan umumnya terjadi Ke satu sisi kepala saja, yakni sebelah kanan atau kiri.

Adapun sejumlah Tanda migrain yang umum dirasakan banyak orang, yaitu:

  • Nyeri kepala
  • Penglihatan kabur
  • Mual
  • Leher kaku dan nyeri
  • Sensitif Pada cahaya, bau, dan suara berisik.

Hampir sepertiga orang yang Merasakan migrain Merasakan gangguan penglihatan atau kehilangan penglihatan Sambil Itu Sebelumnya timbulnya rasa sakit. Gejalanya dapat berlangsung hingga 72 jam jika tidak diobati.

b. Sakit Kepala Cluster

Penyebab berikutnya Lantaran Merasakan sakit kepala cluster. Sakit kepala jenis ini menyebabkan rasa nyeri Di satu sisi kepala yang sangat parah, rasanya seperti menusuk Didalam tajam Di Disekitar mata atau pelipis.

Sakit kepala cluster bisa bertahan hingga tiga jam atau lebih jika tidak segera ditangani. Umumnya, sakit kepala jenis ini lebih sering terjadi Ke pria.

Adapun beberapa Tanda sakit kepala cluster, yaitu:

  • Pupil mata menjadi kecil
  • Mata merah
  • Hidung tersumbat dan/atau berair
  • Wajah berkeringat dan kemerahan.

c. Hemicrania Continua

Jenis sakit kepala yang satu ini kasusnya cukup jarang terjadi. Ketika Merasakan hemicrania continua, seseorang Akansegera merasakan sakit kepala sebelah kanan yang terjadi setiap hari dan terus-menerus.

Beberapa Tanda yang dirasakan ketika Merasakan hemicrania continua Di antaranya:

  • Pembengkakan kelopak mata
  • Hidung berair atau tersumbat
  • Wajah berkeringat dan kemerahan
  • Mudah gelisah.

d. Paroxysmal Hemicrania

Paroxysmal hemicrania merupakan kelainan sakit kepala yang juga bisa memicu sakit kepala sebelah kanan. Kebugaran ini menyebabkan nyeri yang sangat parah tapi berlangsung Untuk waktu singkat.

Untuk banyak Peristiwa Pidana, seseorang dapat Merasakan paroxysmal hemicrania sebanyak lima kali sehari dan biasanya berlangsung Di dua hingga 30 menit.

Tanda umum yang terjadi Pada Merasakan paroxysmal hemicrania Di antaranya:

  • Hidung tersumbat dan/atau berair
  • Mata merah
  • Pembengkakan kelopak mata
  • Wajah berkeringat dan kemerahan.

e. Sindrom SUNCT

Sakit kepala sebelah kanan juga bisa disebabkan Dari sindrom short-lasting unilateral neuralgiform atau SUNCT. Sindrom ini menyebabkan rasa nyeri yang intens Ke satu sisi kepala, biasanya terjadi Di Disekitar area mata.

Sindrom SUNCT umumnya lebih sering terjadi Ke pria yang rata-rata berusia 50 tahun. Beberapa Tanda yang dirasakan Pada Merasakan sindrom SUNCT seperti hidung tersumbat dan wajah berkeringat.

2. Sakit Kepala Sekunder

Sakit kepala sekunder juga bisa memicu sakit kepala sebelah kanan. Ke umumnya, jenis sakit kepala ini disebabkan Dari Kebugaran lain Ke tubuh, seperti saraf, otot, persendian, atau arteri.

Beberapa penyebab sakit kepala sekunder Di antaranya:

a. Neuralgia Oksipital

Kebugaran ini terjadi ketika saraf yang Datang Untuk Pada atas sumsum tulang Dibelakang Di kulit kepala (saraf oksipital) rusak atau meradang.

Tanda yang dirasakan berupa nyeri tajam Di Pada Dibelakang kepala dan leher, nyeri Di Dibelakang mata, dan sensitif Pada cahaya.

b. Arteritis Temporal

Kebugaran ini disebabkan Lantaran arteri Di kepala dan leher meradang Didalam arteritis temporal. Bersamaan Didalam nyeri otot, hal itu menyebabkan sakit kepala parah Di Pada Di kepala. Tanda lain termasuk kelelahan dan nyeri rahang.

c. Neuralgia Trigeminal

Kebugaran ini menyebabkan nyeri hebat Di wajah dan kepala. Rasa sakit biasanya hanya menyerang satu sisi Ke satu waktu. Neuralgia trigeminal dapat disebabkan Dari gangguan Ke saraf trigeminal Di dasar otak.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sejumlah orang menganggap sakit kepala sebelah kanan dapat disembuhkan Didalam mengkonsumsi Terapi-obatan. Meski begitu, Terapi bukan satu-satunya cara Sebagai meredakan nyeri.

Spesialis neurologi dr Henry Riyanto Sofyan, Sp.N, Subsp. NN(K) mengatakan, ada sejumlah cara lain Sebagai mengatasi sakit kepala sebelah kanan, seperti menjaga pola Kebugaran Yangbaik.

“Pola hidup yang utama Sebagai Upaya Mencegah yang utama adalah pola Aktivitasfisik teratur, pola makan yang sehat yang ada jamnya dan gizinya seimbang. Tidur juga yang cukup dan teratur dan yang paling Bisa Jadi juga bisa manajemen Tekanan,” kata dr Henry Untuk Webinar Migrain Perhimpunan Ahli Kebugaran Saraf Indonesia (Perdosni), Kamis (13/6/2024).

Didalam Detail, jika memang harus meminum Terapi Lantaran Kebugaran tertentu, sebaiknya mereka yang Memiliki sakit kepala migrain harus mengikuti anjuran Ahli Kebugaran.

Di sisi lain, dr Henry juga mengatakan Life Style seperti mengkonsumsi kafein dan merokok juga harus dikurangi, sebab dapat memicu migrain Dari Sebab Itu lebih buruk.

“Minum Terapi sesuai Didalam anjuran Untuk Ahli Kebugaran dan ada keadaan-keadaan misalnya Bisa Jadi Memangkas, batasi kafein, hindari alkohol, dan berhenti merokok. Itu bisa Sebagai Memangkas atau mencegah frekuensi migrain atau migrainnya itu menjadi lebih buruk,” tambahnya.

Dilansir Medical News Today, mengatasi sakit kepala juga bisa menggunakan cara alami, yakni sebagai berikut:

  • Perbanyak minum air putih
  • Kompres air dingin
  • Minum teh herbal
  • Menggunakan Migas esensial
  • Minum jahe
  • Mengkonsumsi Minuman yang mengandung magnesium, seperti pisang, sayuran hijau, dan ikan.

Itu dia delapan penyebab sakit kepala sebelah kanan dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 8 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya