Eksim Anak Tak Sembuh-sembuh? Kata Ahli Kepuasan, Bisa Didalam Sebab Itu Dipicu Konsumsi Ini


Jakarta

Pemicu meradangnya eksim atau dermatitis atopik Di anak bisa dipengaruhi banyak hal. Salah satunya akibat konsumsi Konsumsi tertentu.

Spesialis dermatologi, venerologi, dan estetika dr Srie Prihianti Gondokaryono, Sp.D.V.E mengatakan Konsumsi yang mengandung protein Berencana memicu timbulnya ruam Di anak Ke usia 0,5 sampai 2 tahun.

“Makanannya banyak yang mengandung protein justru. Saya punya pasien yang alerginya sama telur, Didalam Sebab Itu kalau dia makan telur pasti muncul tuh ruam merah-merah,” ujar dr Srie Di talk show Ke Jakarta Selatan, Sabtu (15/6/2024).


“Didalam Sebab Itu banyaknya tuh protein, daily product, susu, telur, sea food. Tapi nggak semua begitu ya,” sambungnya.

Penyebab anak mengidap eksim atau dermatitis atopik, lanjut dr Srie, bisa dipengaruhi 4 faktor yakni faktor genetik, lingkungan, gangguan Ke respons imunnya, dan gangguan skin barrier.

“Eksim dermatitis atopik itu dipengaruhi 4 hal, satu ada faktor genetik, kedua faktor lingkungan yang tadi, ketiga adalah ada gangguan Ke respons imunnya, keempat gangguan skin barrier. Nah itu ada 4 faktor,” kata dr Srie.

dr Srie menekankan kepada para orang tua jika mereka Memiliki peran sangat penting Di anak yang mengidap eksim. Supaya, orang tua harus benar-benar mengerti tentang mengobati ruam tersebut.

“Mereka (orang tua atau caregiver) harus secara rutin mengaplikasikan pelembab. Merupakan tantangan tersendiri mengoleskan pelembab Di anak,” lanjut dr Srie.

“Didalam Perawatan Medis kulit yang konsisten dan rutin itu, justru itulah yang sudah terbukti Untuk Memangkas frekuensi kekambuhan eksema-nya,” sambungnya.

Salah satu tips yang benar Untuk mengoleskan pelembab Di Pada kulit anak yang Merasakan ruam adalah dioleskan beberapa menit Setelahnya mandi. Hal ini menurut dr Srie efektif Untuk membuat kulit anak tidak kering.

“Kuncinya adalah cara pakainya, pertama adalah waktu pengolesan pelembabnya. Didalam Sebab Itu pelembab itu paling baik dioleskan ketika kulitnya masih lembab, Didalam Sebab Itu segera sesudah mandi, Didalam Sebab Itu Di 3 menit Setelahnya mandi harus sudah dipakai,” kata dr Srie.

“Kenapa? Sebab kita perlu air sisa mandi itu sebetulnya. Kedua adalah jumlah, nggak boleh irit-irit,” tutupnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Eksim Anak Tak Sembuh-sembuh? Kata Ahli Kepuasan, Bisa Didalam Sebab Itu Dipicu Konsumsi Ini