7 Jenis Ikan yang Tak Aman Untuk Pengidap Asam Urat, Nomor 3 Sering Dikonsumsi

Jakarta

Gangguan asam urat atau yang disebut juga Didalam gout adalah suatu Kebugaran peradangan yang disebabkan Dari tingginya kadar asam urat (uric acid) Di Untuk tubuh. Hal ini membuat zat asam urat menumpuk dan mengkristal Di sendi, Supaya menimbulkan Tanda-Tanda berupa nyeri, bengkak, dan kemerahan Di sendi yang meradang.

Zat asam urat dapat diproduksi secara alami Dari tubuh Pada memecah purin. Lebihterus banyak Makanan berpurin yang dikonsumsi, maka Lebihterus banyak pula zat asam urat yang dihasilkan sebagai produk sampingan.

Salah satu jenis Makanan yang mengandung purin tinggi adalah ikan. Justru, terdapat beberapa jenis ikan yang mengandung purin sangat tinggi, Supaya perlu benar-benar dihindari Dari pengidap gout.


Dikutip Didalam berbagai sumber, berikut jenis ikan perlu diwaspadai Dari pengidap gout.

1. Tuna

Tuna memang dikenal sebagai Makanan yang kaya Akansegera Gizi, terutama asam lemak omega-3. Tetapi, pengidap gout sebaiknya membatasi konsumsi ikan ini.

Sebab, 100 gram daging ikan tuna dapat mengandung hingga 257 miligram purin. Sedangkan, batasan purin harian yang dianjurkan hanya Di 400 miligram.

2. Trout

Trout atau ikan forel juga sebaiknya dihindari Dari pengidap gout. Ikan forel dapat mengandung hingga 297 miligram purin per 100 gramnya.

Di Di Itu, forel juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

3. Teri

Teri merupakan salah satu ikan yang kerap dikonsumsi Komunitas Indonesia. Ternyata, ikan ini juga kurang aman dikonsumsi Dari pengidap gout.

Pasalnya, per 100 gram ikan teri dapat mengandung hingga 239 miligram purin. Jika dijadikan lauk Sebagai makan dua hingga tiga kali sehari, tentunya ikan teri bisa Memperbaiki kadar zat asam urat Untuk tubuh dan memicu Tanda-Tanda gout.

4. Sarden

Ikan yang sering dijual Untuk bentuk kalangan ini juga sebaiknya dibatasi konsumsinya Dari pengidap gout. Sebab, setiap 100 gram ikan sarden bisa mengandung Di 210 miligram purin.

5. Cod

Ikan cod memang tidak Memperoleh kandungan purin sebanyak ikan lain. Tetapi, pengidap gout dianjurkan Sebagai tidak mengonsumsi ikan ini secara berlebihan.

Sebab, per 100 gram ikan cod Memperoleh kandungan purin hingga 109 miligram, atau lebih kurang seperempat Didalam batasan purin harian yang dianjurkan.

6. Makerel

Makerel juga termasuk ikan laut yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, khususnya Dari pengidap gout. Per 100 gram ikan makerel Memperoleh kandungan purin Di 145 miligram. Karenanya, terlalu sering mengonsumsi ikan ini bisa Didalam mudah Memperbaiki kadar senyawa asam urat dan membuat Tanda-Tanda gout kambuh.

7. Haring

Ikan haring atau bengkalis mengandung beragam Gizi yang baik Sebagai tubuh, seperti vitamin D, fosfor, dan kalsium. Tetapi Di balik ragam Gizi tersebut, ikan haring ternyata bisa berbahaya Untuk pengidap gout.

Pasalnya, setiap 100 gram ikan haring mengandung Di 210 miligram purin, atau lebih Didalam setengah batas purin harian yang direkomendasikan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 7 Jenis Ikan yang Tak Aman Untuk Pengidap Asam Urat, Nomor 3 Sering Dikonsumsi