9 Manfaat Vitamin F Untuk Tubuh yang Jarang Diketahui

Jakarta

Vitamin F merupakan jenis vitamin yang terdiri Untuk dua asam lemak, yakni asam alfa-linolenat (ALA) dan asam linoleat (LA). Kedua asam lemak esensial ini mencakup asam omega-3 dan omega-6 yang penting Untuk tubuh.

Meski kurang familiar dibanding vitamin lainnya seperti vitamin A, B dan C, kandungan manfaat Untuk vitamin F pun tak kalah dahsyat. Terutama Untuk Kesejaganan kulit. Lantas, apa saja manfaat vitamin F? Simak pembahasannya Untuk artikel berikut.

Manfaat Vitamin F

Vitamin F menyimpan beragam manfaat Untuk sejumlah Pada tubuh. Berikut ini berbagai manfaat vitamin F yang dirangkum Untuk laman Webmd, Mensxp, dan Epainassist:


1. Menjaga Kesejaganan Jantung

Beberapa Studi menemukan bahwa asupan vitamin F tinggi, bermanfaat Untuk menangkal risiko Gangguan jantung koroner dan Gangguan kardiovaskular lainnya. Asam lemak jenuh yang digantikan Didalam jenis asam lemak tak jenuh ganda atau Polyunsaturated Fatty Acids (PUFAs), terbukti mampu memelihara Kesejaganan jantung dan menurunkan kadar kolesterol Untuk darah.

2. Mengurangi Nyeri Sendi

Berikutnya, vitamin F diketahui dapat membantu Mengurangi peradangan sendi yang terjadi Ke pengidap artritis reumatoid. Hal ini Sebab vitamin F kaya Akansegera asam lemak omega-3 yang berguna Untuk Mengurangi rasa nyeri dan kaku Di Pada persendian.

3. Memelihara Kesejaganan Otak dan Saraf

Otak manusia memerlukan asupan asam lemak tak jenuh ganda Untuk berpikir dan bekerja setiap harinya. Tak hanya Ke orang dewasa, asam lemak esensial ini khususnya juga penting Untuk menunjang perkembangan otak bayi Untuk kandungan.

Pasalnya, Pada neuron dan sinapsis otak tidak Akansegera berkembang optimal tanpa adanya asam lemak tak jenuh ganda.

4. Melindungi Skin Barrier

Selain bermanfaat Untuk organ internal tubuh, vitamin F juga bermanfaat Untuk merawat Pada luar tubuh, termasuk kulit. Justru, asam linoleat Untuk vitamin F ternyata merupakan komponen pembentuk lapisan kulit yang melindungi tubuh Untuk kuman, bakteri, dan sinar UV.

Sebab itu, penggunaan vitamin F Untuk bentuk topikal seperti gel, Migas atau lotion dapat menjadi salah satu cara Untuk memperkuat lapisan kulit paling luar atau skin barrier.

Konsumsi vitamin F Untuk jumlah cukup, dapat Mengurangi kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) Untuk darah. Didalam berkurangnya kadar kolesterol jahat, sirkulasi darah pun Akansegera menjadi lebih lancar, Supaya menurunkan risiko Infeksi dan mempercepat proses penyembuhan tubuh Untuk Gangguan.

6. Mengempiskan Jerawat

Sifat anti-inflamasi Ke vitamin F tidak hanya dapat Mengurangi peradangan sendi, tetapi juga dapat menghempaskan jerawat. Didalam sebab itu, jenis vitamin satu ini sangat bermanfaat Untuk orang-orang yang menderita peradangan kulit ataupun mempunyai tipe kulit yang rentan berjerawat.

7. Menjaga Kelembapan Kulit

Masih berhubungan Didalam Kesejaganan kulit, vitamin F rupanya berpengaruh Untuk menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, asam lemak omega-6 yang terdapat Ke vitamin F mempunyai sifat menghidrasi yang mampu mempertahankan serta menjaga Kesejaganan kelembapan kulit. Hal tersebut Akansegera membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah.

8. Menjaga Kesejaganan Hormon

Asam lemak esensial Ke vitamin F berperan penting Untuk membentuk dan mengontrol hormon, khususnya Ke wanita. Asam lemak esensial dikenal dapat mengendalikan siklus menstruasi serta Mengurangi Tanda-Tanda yang muncul Pada wanita Merasakan Premenstrual Syndrome atau PMS.

9. Memelihara Kesejaganan Rambut dan Kuku

Asupan asam lemak esensial yang kurang, seringkali menjadi penyebab Situasi kuku kering dan rentan patah atau mengelupas. Seperti yang dikutip Untuk laman Sportskeeda, vitamin F menawarkan kandungan Konsumsi Bergizi yang dibutuhkan Untuk menunjang dan memperkuat Kesejaganan kuku dan rambut.

Konsumsi yang Mengandung Vitamin F

Sebagai informasi, kebutuhan vitamin F harian Untuk orang dewasa adalah sebanyak 5-10 gram. Asupan vitamin F dapat terpenuhi Didalam mengonsumsi sejumlah jenis Konsumsi bergizi berikut ini:

  • Migas kanola
  • Migas jagung
  • Biji bunga matahari
  • Kemiri
  • Kacang kenari
  • Kacang almond
  • Susu formula
  • Ikan teri
  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Sarden
  • Susu kedelai
  • Tahu
  • Bayam
  • Brokoli
  • Kerang-kerangan

Demikian pembahasan mengenai beragam manfaat vitamin F Untuk Kesejaganan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan detikers tentang vitamin F yang masih jarang diketahui.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 9 Manfaat Vitamin F Untuk Tubuh yang Jarang Diketahui