Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan yang Dibakar? Ini Penjelasannya

Jakarta

Mengkonsumsi Makanan yang diolah Bersama cara dibakar memang punya kenikmatan tersendiri. Sebut saja sate ayam, ikan bakar, hingga ayam bakar yang punya cita rasa lezat Hingga mulut.

Akan Tetapi, sebagian ibu hamil merasa takut ketika mengkonsumsi Makanan yang dibakar. Sebab, ada pendapat yang mengatakan kalau ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi Makanan yang dibakar atau Hingga-grill.

Lantas, apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi Makanan yang dibakar? Simak penjelasannya Di artikel ini.


Apakah Ibu Hamil Boleh Makan yang Dibakar?

Dilansir laman Baby Centre, ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi Makanan yang diolah Bersama cara dibakar. Akan Tetapi, pastikan bahan Makanan yang digunakan seperti daging, ayam, ikan, atau seafood dibakar hingga matang.

Cara ini dilakukan agar bahan Makanan tidak terkontaminasi bakteri atau parasit berbahaya, seperti salmonella, E.coli, atau campylobacter. Kalau dibakar sampai matang, bakteri tersebut Berencana mati dan tidak dapat berkembang biak.

Apabila masih sering mengkonsumsi Makanan setengah matang, ibu hamil dapat berisiko Merasakan keracunan Makanan. Selain berbahaya Sebagai dirinya, tentu bisa mempengaruhi Kesejaganan janin Hingga Di perut.

Bersama Sebab Itu, tidak ada larangan Untuk ibu hamil Sebagai mengkonsumsi Makanan yang dibakar. Asalkan bahan Makanan dimasak hingga matang.

Tips Menikmati Makanan yang Dibakar Untuk Ibu Hamil

Selain dimasak sampai matang, ada sejumlah hal penting lainnya yang harus diperhatikan Untuk ibu hamil ketika mengkonsumsi Makanan yang dibakar.

Mengutip laman NCT.org, berikut sejumlah tips Untuk ibu hamil ketika mengkonsumsi hidangan Makanan yang dibakar:

1. Cek Kematangan Daging Sebelumnya Dimakan

Jika Di Mengadakan pesta BBQ dan Memperoleh sepotong daging, pastikan lagi bahwa daging tersebut sudah dibakar atau Hingga-grill sampai matang.

Cara mengetahuinya sangat mudah, cukup potong daging menjadi dua dan lihat Pada tengahnya. Kalau daging masih berwarna merah muda, itu tandanya masih setengah matang.

Jangan merasa sungkan Bersama pemilik Tempattinggal atau orang yang memasaknya. Sebab, Kesejaganan ibu hamil dan janinnya sangatlah penting.

2. Simpan Daging Di Lemari Es

Sebelumnya memasaknya, disarankan Sebagai menyimpan daging mentah Hingga Di lemari es. Cara ini dilakukan Sebagai membunuh bakteri secara maksimal.

Di Itu, pastikan daging tersimpan Di keadaan tertutup agar tidak ada cairan yang menetes keluar Bersama Di wadah.

3. Jangan Dicampur Bersama Bahan yang Lain

Pada menyimpan daging Hingga Di lemari es, pastikan disimpan secara terpisah Bersama bahan Makanan lain, seperti buah atau sayuran. Cara ini dilakukan Sebagai mencegah bakteri dan parasit menyebar Hingga bahan Makanan yang lain.

4. Jangan Mengolah Daging Pada Masih Beku

Daging yang disimpan Hingga kulkas Di waktu lama Berencana menjadi beku. Jika ingin diolah, diamkan daging terlebih dahulu sampai lembek atau tidak membeku.

Sebab, daging yang diolah Di keadaan beku berisiko menyebabkan bakteri dapat berkembang biak. Kamu bisa membiarkan daging Hingga Di suhu ruangan Disekitar 1 jam hingga daging mulai lembek.

5. Masak Hingga Api yang Panas

Memasak daging Bersama cara dibakar juga ada tekniknya, lho. Agar tidak ada lagi bakteri dan parasit, pastikan daging yang dibakar sudah matang dan suhu Hingga dalamnya mencapai 70 derajat Celcius.

Jika tidak yakin apakah daging sudah matang atau belum, kamu bisa menggunakan termometer khusus Makanan Sebagai mengecek suhunya.

6. Selalu Menjaga Kebersihan

Hal yang juga tak kalah penting adalah selalu menjaga kebersihan Pada memasak. Sebab, Berencana percuma saja jika daging yang dimasak sudah matang, tapi terkontaminasi Bersama kuman atau kotoran Hingga Disekitar tempat masak.

Pastikan mencuci peralatan makan dan peralatan masak Bersama air Datang dan sabun cuci Piring. Sebelumnya makan, jangan lupa Sebagai mencuci tangan terlebih dahulu agar tidak ada kuman yang menempel.

Perhatikan juga lokasi yang digunakan Sebagai memasak. Jika ingin Mengadakan pesta BBQ, pilih area yang terbuka dan aman. Jangan berada Hingga Didekat tempat sampah, jalan raya, atau bahan kimia berbahaya.

Demikian penjelasan tentang Syarat ibu hamil Pada mengkonsumsi Makanan yang dibakar. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan yang Dibakar? Ini Penjelasannya