Generasi Muda +62 Makin Sering Punya Masalah Lutut, Ternyata Ini Pemicunya


Jakarta

Spesialis orthopedi Siloam Hospital Dr dr John CP Butarbutar, SpOT mengingatkan bahwa masalah lutut osteoarthritis dapat terjadi Di siapa saja. Penyakit yang menimbulkan rasa nyeri Di lutut ini disebabkan Bersama kerusakan jaringan tulang rawan yang melapisi tulang.

Sebenarnya Penyakit ini kebanyakan dialami Bersama orang berusia Di atas 40 tahun. Tetapi, seiring berjalannya waktu, ‘Penyakit orang tua’ ini juga dialami Bersama orang-orang berusia 20an hingga 30an tahun.

Menurut dr John ini disebabkan Bersama berbagai macam faktor, salah satunya perubahan pola makan anak muda zaman sekarang. Menurutnya banyak Konsumsi Terkini yang hanya mengedepankan rasa, tapi tidak memperhatikan aspek dampak Di Kesejaganan.


Konsumsi Terkini yang dijajakan Pada ini kebanyakan berupa Konsumsi tinggi garam dan gula.

“Ini kemungkinan Lantaran ada faktor Konsumsi yang tidak baik. Bersama Sebab Itu Konsumsi sekarang itu terlalu banyak gula dan terlalu banyak Konsumsi proses,” kata dr John Di Peristiwa temu media, Rabu (19/6/2024).

“Sekarang kasusnya itu Malahan Di awal 30an tahun itu sudah kena. Bersama Sebab Itu memang makan kita sekarang itu nggak benar,” sambungnya.

dr John menjelaskan bahwa Penyakit metabolik yang dapat terjadi akibat pola makan buruk juga dapat menjadi pemicu masalah osteoarthritis. Beberapa masalah metabolik berkaitan Bersama gangguan gula darah, tekanan darah, obesitas, dan kolesterol.

“Begitu datang Konsumsi Bersama luar yang enak, semua nyobain. Bersama Sebab Itu memang dia Akansegera mencari Konsumsi yang enak, murah, jatuhnya Konsumsi high sugar sama high garam, high proses food,” katanya.

Selain jenis Konsumsi yang tidak sehat, kebiasaan Komunitas sekarang yang jarang bergerak atau ‘mager’ juga dapat Meningkatkan risiko osteoarthritis. Hal tersebut kembali berkaitan Bersama Penyakit metabolik yang dapat muncul.

Bersama Sebab Itu, dr John mengingatkan betapa pentingnya Latihan secara rutin tetapi tidak berlebihan. Hal ini penting Untuk mencegah tubuh ‘kaget’ Pada Latihan terlalu keras Supaya Meningkatkan risiko masalah Di lutut.

Latihan keras Di waktu yang lama dapat Meningkatkan risiko osteoarthritis. Latihan secara moderat sangat disarankan Untuk menjaga Kesejaganan sendi serta jantung.

“Senin sampai Jumat naik Kendaraan Bermotor Roda Dua sama Kendaraan Pribadi kemana-mana, kerja terus pulang, Sabtu sama Minggu langsung hajar voli basket,” kata dr John.

“Itulah yang sumber osteoarthritis namanya weekend warrior. Badan kaget, akhirnya muncul Luka-Luka. Plus kalau Konsumsi buruk, recovery kurang, jadilah osteoarthritis,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Generasi Muda +62 Makin Sering Punya Masalah Lutut, Ternyata Ini Pemicunya