5 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat, Nomor 1 Sering Terlupakan

Jakarta

Ke Umumnya, sayuran adalah salah satu bahan Konsumsi padat Gizi yang sangat dibutuhkan Didalam tubuh. Sayuran mengandung beragam vitamin, mineral, serat, hingga sejumlah antioksidan yang tak hanya membantu melancarkan pencernaan, tapi juga bisa melindungi tubuh Untuk risiko Penyakit tertentu.

Tapi Untuk orang yang mengidap Penyakit asam urat atau gout, tidak semua sayuran aman Untuk dikonsumsi. Pasalnya, beberapa jenis sayuran dapat Meningkatkan kadar zat asam urat (uric acid) dan memicu Tanda-Tanda gout kambuh.

Apa Itu Penyakit Asam Urat?

Dikutip Untuk Cleveland Clinic, asam urat sebenarnya bukanlah nama Penyakit. Asam urat adalah zat sisa yang diproduksi secara alami Didalam tubuh Pada mencerna purin Untuk Konsumsi dan minuman.


Ketika kadar zat asam urat terlalu tinggi, maka dapat menumpuk dan mengkristal Di persendian. Inilah yang Lalu memicu beragam Tanda-Tanda, seperti nyeri, bengkak, dan kemerahan.

Konsumsi dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kadar zat asam urat. Konsumsi tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, minuman beralkohol, hingga sayuran tertentu dapat Meningkatkan kadar zat asam urat dan menyebabkan Tanda-Tanda gout kambuh.

Jenis Sayuran yang Pantang Dikonsumsi Asam Urat

Seperti yang disebutkan Sebelumnya Itu, tidak semua sayuran aman dikonsumsi Didalam pengidap gout. Sebab, ada beberapa sayuran yang Memperoleh kandungan purin tinggi, Supaya bisa memicu atau memperparah Tanda-Tanda gout.

Apa saja jenisnya? Dikutip Untuk berbagai sumber, berikut sejumlah sayuran yang harus diwaspadai Didalam pengidap gout.

1. Bayam

Bayam memang merupakan salah satu sayuran yang kaya Akansegera Gizi, seperti vitamin A, C, dan zat besi.

Kendati demikian, pengidap gout perlu membatasi atau menghindari konsumsi sayuran satu ini. Pasalnya, bayam mengandung purin yang cukup tinggi, Supaya bisa menyebabkan lonjakan zat asam urat dan memicu kekambuhan Tanda-Tanda.

2. Asparagus

Asparagus mengandung folat dan kalium tinggi yang bermanfaat Untuk Keadaan tubuh. Akan Tetapi Di sisi lain, sayuran ini juga mengandung purin yang cukup tinggi. Sebab itu, pengidap gout sebaiknya membatasi atau menghindari konsumsi sayuran satu ini.

3. Jamur

Jamur juga termasuk salah satu jenis sayuran yang tinggi purin. Dikutip Untuk Marham, pengidap asam urat sebaiknya menghindari konsumsi jamur, apalagi yang diolah menggunakan anggur atau kecap.

Meski begitu, beberapa jenis jamur, seperti jamur maitake, diketahui Memperoleh sifat antiradang Supaya dapat membantu memperbaiki Tanda-Tanda asam urat.

4. Kacang Polong

Kacang polong mengandung beragam Gizi, seperti vitamin A, C, serat, dan folat yang baik Untuk Keadaan. Kendati demikian, pengidap gout disarankan Untuk membatasi konsumsi sayuran ini.

Pasalnya, kacang polong Memperoleh kandungan purin yang cukup tinggi, Supaya Berpotensi Untuk memicu atau memperburuk Tanda-Tanda gout. Sebagai alternatif, pengidap gout bisa mengonsumsi sayuran rendah purin lain, seperti wortel, seledri, atau zucchini.

5. Terong

Terong mengandung senyawa bernama solanin. Zat ini dapat Meningkatkan jumlah senyawa asam urat dan memicu serangan gout.

Di Itu, terong juga mengandung senyawa oksalat yang dapat Meningkatkan risiko batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 5 Jenis Sayuran yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat, Nomor 1 Sering Terlupakan