4 Cara Simpel Meningkatkan Metabolisme Tubuh agar Cepat Kurus

Jakarta

Metabolisme adalah salah satu aspek penting Di proses penurunan berat badan. Sebab, Lebihterus cepat metabolisme tubuh maka Lebihterus banyak pula kalori yang dibakar. Jika pembakaran kalori berjalan Bersama baik, tentu proses penurunan berat badan berjalan lebih optimal.

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud Bersama metabolisme? Dikutip Di Cleveland Clinic, metabolisme adalah proses pembakaran kalori Di Minuman dan minuman yang masuk Ke Di tubuh Bagi menghasilkan energi.

Metabolisme dapat dipengaruhi sejumlah faktor, seperti usia, jenis kelamin, massa otot, berat badan, hingga tingkat Olah Raga. Di Di Itu, sejumlah kebiasaan simpel yang kita lakukan sehari-hari juga dapat memengaruhi metabolisme dan proses pembakaran kalori Di tubuh.


Dikutip Di berbagai sumber, berikut sederet kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan Bagi Meningkatkan metabolisme agar cepat kurus.

1. Konsumsi Banyak Protein

Mengonsumsi Minuman tertentu dapat Meningkatkan metabolisme tubuh. Sebab, setiap Minuman Memperoleh thermic effect of food (TEF) atau efek termis Minuman yang berbeda.

TEF adalah indikator yang mengacu Di jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh Bagi mencerna, menyerap, dan memproses kandungan gizi Di Minuman. Di Di seluruh Minuman Bergizi, protein Memperoleh efek termal paling besar, yakni 20-30 persen. Artinya, Di setiap 100 kalori yang dikonsumsi, 20-30 kalori Berencana digunakan Bagi memproses protein tersebut.

Karenanya, memperbanyak asupan protein dapat Meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori. Di Di Itu, protein juga mampu mencegah penurunan massa otot yang sering terjadi akibat Pola Makan.

2. Tidur yang Cukup

Banyak orang yang menyepelekan manfaat tidur yang cukup dan berkualitas. Padahal, tidur malam yang nyenyak merupakan faktor penting Di proses penurunan berat badan.

Kurang tidur dapat memengaruhi kadar ghrelin, yakni hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan. Dampaknya, orang yang kurang tidur cenderung selalu merasa lapar dan sulit menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang dilakukan Di 2019 juga menemukan orang yang kurang tidur seslama empat malam atau lebih dapat Merasakan penurunan metabolisme.

3. Minum Minuman Kafein

Minuman Kafein Memperoleh banyak sekali manfaat Bagi Kesejaganan, dan salah satunya adalah mendukung proses metabolisme tubuh.

Studi Menunjukkan kafein Di Minuman Kafein dapat memicu tubuh Bagi melepaskan epinefrin, yakni hormon yang mengatur cara tubuh Di memproses lemak.

Akan Tetapi, efek ini dapat bervariasi Di masing-masing orang. Contohnya, sebuah studi Menunjukkan kafein lebih efektif Meningkatkan pembakaran lemak Di Latihan Di individu Bersama Cara Hidup kurang aktif (sedentary) dibandingkan Olahragawan terlatih.

4. Sering Berdiri dan Jalan Kaki

Kebanyakan duduk dapat berdampak negatif Di Kesejaganan. Sebab, Di duduk tubuh Berencana membakar lebih sedikit kalori Supaya menyebabkan kenaikan berat badan.

Sebuah ulasan yang diterbitkan Di 2018 mengungkapkan berdiri atau berjalan kaki Di bekerja dapat membantu menurunkan berat badan, lemak tubuh, lingkar pinggang, tekanan darah sistolik dan diastolik, trigliserida puasa, kolesterol total, dan insulin.

Jika sering duduk Di bekerja, cobalah Bagi sesekali berdiri dan berjalan kaki Bagi mengimbangi waktu yang dihabiskan Di duduk. Hal ini dapat membantu Meningkatkan sensitivitas insulin dan pengaturan kadar gula darah, yang tentunya berkontribusi Di penurunan berat badan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 4 Cara Simpel Meningkatkan Metabolisme Tubuh agar Cepat Kurus