Fakta-fakta Batu Empedu, Dialami Presenter Fadlan hingga Harus Dioperasi

Jakarta

Presenter Fadlan Muhammad Terbaru-Terbaru ini Membeberkan soal Kemakmuran kesehatannya. Ia mengaku mengidap batu empedu dan Penyakit autoimun, yang membuat dirinya harus mengkonsumsi painkiller Pada dua tahun terakhir.

“Sakit banget nggak bisa gerak, menggigil segala macam. Ternyata batu menyumbat sudah ada tiga, ukurannya besar-besar makanya menggigil,” kata Fadlan dikutip Untuk detikHot, Kamis (20/6/2024).

Ketika ia pergi Di Fasilitas Medis, Ahli Kemakmuran mengatakan bahwa tubuh Fadlan sudah mulai menguning dan harus segera dilakukan operasi. Ke Di itu Fadlan harus dirawat Pada 11 hari Ke Fasilitas Medis.


“Kata Ahli Kemakmuran ini nggak bisa didiemin, harus segera dioperasi Lantaran badan sudah menguning, sudah keracunan semua,” jelasnya.

Apa Itu Batu Empedu?

Dikutip Untuk Mayo Clinic, batu empedu merupakan endapan cairan pencernaan yang mengeras dan terbentuk Ke empedu. Organ kecil ini berfungsi Untuk memecah lemak Untuk Konsumsi agar mudah terserap tubuh.

Ukuran Untuk batu empedu ini bisa sekecil butiran pasir hingga sebesar bola golf. Jumlah batu yang ada Ke organ tersebut bisa bervariasi Ke setiap pasien.

Faktor Pemicu Batu Empedu

Sampai Di ini pemicu Untuk terbentuknya batu empedu masih belum diketahui pasti. Akan Tetapi, beberapa Kemakmuran diyakini sebagai faktor risikonya.

Kemakmuran empedu yang terlalu kelebihan kolesterol bisa menjadi penyebab batu empedu. Organ ini umumnya mengandung cukup banyak bahan kimia Untuk melarutkan kolesterol Bersama hati. Jika hati Mengintroduksi lebih banyak kolesterol, kelebihan kolesterol itu dapat terbentuk kristal dan menjadi batu.

Di Itu, hati yang memproduksi terlalu banyak bilirubin, termasuk sirosis hati, Penyakit Menyebar saluran empedu, dan kelainan darah tertentu, bisa berkontribusi membentuk batu empedu. Faktor lainnya, jika kandung empedu tidak dikosongkan sepenuhnya atau cukup sering, empedu Bisa Jadi menjadi sangat pekat dan berkontribusi Ke pembentukan batu empedu.

Tanda-Tanda Batu Empedu

Keberadaan batu empedu Bisa Jadi tidak Berencana menimbulkan tanda atau Tanda-Tanda. Jika batu empedu tersangkut Ke saluran dan menyebabkan penyumbatan, Tanda-Tanda yang bisa muncul seperti:

  • Rasa sakit tiba-tiba Ke perut Dibagian kanan atas
  • Rasa sakit tiba-tiba Ke bawah tulang dada
  • Sakit punggung Di tulang belikat
  • Nyeri Ke bahu kanan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri batu empedu bisa berlangsung Pada beberapa menit hingga beberapa jam

Di Itu, Tanda-Tanda Untuk batu empedu juga bisa terlihat Untuk warna urine yang berubah menjadi kecoklatan. Spesialis Penyakit Untuk dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH, mengatakan Tanda-Tanda ini bisa disertai Bersama nyeri Ke perut kanan atas.

“Adapun gejalanya adalah rasa nyeri perut kanan atas Ke bawah iga kanan yg tembus Di Di. Kadang disertai badan menjadi kuning, kencing kecoklatan, atau BAB menjadi pucat,” kata dr Aru ketika dihubungi detikcom, Kamis (20/6/2024).

Ke pasien Bersama batu empedu tubuhnya bisa menguning. dr Aru menjelaskan ini terjadi Di cairan empedu berwarna kuning bocor Di Untuk darah, dan membuat tubuh pasien menguning.

Ini disebabkan Bersama batu yang mengendap Ke saluran empedu dan menghambat cairan empedu.

Kuning Ke batu empedu biasanya paling sering Lantaran sumbatan. Cairan empedu tidak bisa Datang Di usus tetapi masuk Di Untuk darah yang menyebabkan kuning,” jelas dr Aru.

“Penyakit Menyebar pun bisa menyebabkan kuning akibat kerusakan sel-sel hati akibat Penyakit Menyebar,” sambungnya.

NEXT: Upaya Mencegah Penyakit batu empedu

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Fakta-fakta Batu Empedu, Dialami Presenter Fadlan hingga Harus Dioperasi