Tambalan Gigi Lepas? Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan!

Jakarta

Tambal gigi merupakan salah satu cara Bagi memperbaiki gigi yang rusak atau bolong. Tetapi seiring waktu, tambalan gigi bisa lepas Sebab sudah retak, terkikis, Justru pecah.

Sayangnya, banyak orang yang panik dan khawatir ketika tambalan gigi lepas. Lantas, apa yang harus dilakukan jika tambalan gigi lepas? Simak penjelasannya Untuk artikel ini.

Penyebab Tambalan Gigi Lepas

Perlu diketahui, tambalan gigi tidak Berencana bertahan selamanya dan bisa saja terlepas suatu waktu. Dilansir Healthline, ada sejumlah penyebab tambalan gigi bisa lepas, paling umum disebabkan Sebab:


  1. Terjadi pembusukan Terbaru Di Di tambalan gigi
  2. Mengunyah Minuman terlalu keras
  3. Menggigit Minuman yang keras atau renyah
  4. Trauma Ke gigi atau Pada akarnya
  5. Terjadi reaksi kimia yang menyebabkan ikatan tambalan gigi menjadi longgar
  6. Usia tambalan gigi yang cukup lama
  7. Kurang menjaga kebersihan mulut.

Tambalan Gigi Lepas, Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika tambalan gigi lepas secara tiba-tiba, jangan panik. Ada sejumlah prosedur yang harus dilakukan Bagi mengatasi tambalan gigi terlepas.

Berikut sejumlah langkah yang harus diambil ketika tambalan gigi lepas:

1. Hubungi Praktisi Medis

Langkah yang pertama adalah Bersama menghubungi Praktisi Medis gigi dan buatlah jadwal pertemuan (appointment) secepat Bisa Jadi. Beri tahu Praktisi Medis apabila kamu merasa kesakitan Sesudah tambalan gigi terlepas.

2. Simpan Tambalan Gigi

Tambalan gigi yang lepas jangan dibuang atau dibiarkan saja, tapi harus disimpan Untuk wadah yang aman. Pada bertemu Praktisi Medis gigi, bawa tambalan tersebut agar Praktisi Medis dapat menentukan apakah bisa menggunakannya lagi atau tidak.

3. Berkumur Air Garam

Langkah berikutnya adalah berkumur Bersama air garam. Cara ini dilakukan Bagi menjaga kebersihan Di area mulut sekaligus menghilangkan sisa-sisa Minuman yang menempel Di gigi.

Caranya mudah, campurkan 1/2 Alat teh garam Di Untuk segelas air hangat, lalu aduk hingga merata. Sesudah itu, berkumurlah Di beberapa detik dan keluarkan.

Berkumur air garam juga dapat membantu membunuh bakteri yang dapat merusak gigi ketika tambalannya lepas.

4. Merawat Gigi Bersama Sebaik Bisa Jadi

Di belum Merasakan penanganan Untuk Praktisi Medis gigi, detikers harus merawat gigi Bersama sebaik Bisa Jadi. Jika ingin menyikat gigi, sikat Bersama lembut Di area tambalan gigi yang lepas.

5. Mengunyah Bersama Perlahan

Ketika tambalan gigi lepas, bukan berarti detikers tidak boleh makan. Tetap bisa kok, tapi hindari mengunyah Di area gigi yang tambalannya lepas. Samping Itu, usahakan kunyah Minuman secara perlahan hingga lembut.

Apakah Bahaya jika Tambalan Gigi yang Lepas Dibiarkan?

Sebagian orang Bisa Jadi tak punya waktu Bagi memperbaiki tambalan gigi yang lepas. Padahal jika dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan gigi yang lebih parah.

Sebab, bakteri dan sisa-sisa Minuman dapat menempel Di area tambalan gigi yang terbuka. Nah, bakteri tersebut lama-lama bisa memicu pembusukan Ke gigi.

Samping Itu, tambalan gigi yang lepas juga dapat menampilkan dentin, yakni lapisan kedua gigi Di bawah enamel. Perlu diingat, dentin lebih lembut daripada enamel dan rentan terjadi pembusukan. Dentin yang terus terbuka juga bisa menjadi sangat sensitif.

Bersama sebab itu, jika tambalan gigi lepas harus segera Di Praktisi Medis Bagi Merasakan penanganan. Kalau Praktisi Medis gigi tidak bisa ditemui Untuk waktu Didekat, kamu bisa meminta rekomendasi Praktisi Medis yang tersedia agar segera ditangani.

Cara Mengatasi Gigi yang Sakit Sebab Tambalan Lepas

Terkadang, kamu harus menunggu Di satu atau dua hari Bagi bisa bertemu Praktisi Medis gigi. Jika Untuk waktu tersebut kamu merasakan sakit, berikut sejumlah cara Bagi mengatasinya:

  • Konsumsi Perawatan antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas, seperti ibuprofen Bagi Memangkas rasa sakit dan bengkak.
  • Mengoleskan Migas cengkeh Di Pada gigi dan gusi yang terbuka. Bisa juga memakai cengkeh utuh.
  • Pakai kompres dingin atau kompres es Di 15-20 menit Di Di area gigi yang terbuka.

Usia Pakai Tambalan Gigi

Sebagai informasi, masa pakai tambalan gigi dapat tergantung Untuk bahan yang digunakan. Tak hanya itu, kebersihan gigi juga berpengaruh Di usia pakai tambalan gigi.

Jika kamu rajin merawat dan membersihkan gigi, serta rutin melakukan pemeriksaan Di Praktisi Medis, kemungkinan besar tambalan gigi dapat bertahan lebih lama.

Ke Umumnya, berikut usia pakai tambalan gigi sesuai bahan yang digunakan:

  • Tambalan amalgam: Di 5 hingga 25 tahun
  • Tambalan komposit: Di 5 hingga 15 tahun
  • Tambalan emas: Di 15 hingga 30 tahun.

Itu dia beberapa cara yang harus dilakukan bila tambalan gigi lepas. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tambalan Gigi Lepas? Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan!