Ada Benarnya, Pisang Bisa Bantu Cegah Kram Pada Marathon! Ini Alasannya

Jakarta

Kram otot menjadi salah satu Luka yang sering menghantui para pelari marathon ketika telah menempuh jarak Berlarilah yang cukup jauh. Kontraksi otot ini biasanya terjadi secara mendadak, baik Di perut, paha, ataupun betis.

Biasanya, para pelari Akansegera melakukan berbagai upaya Sebagai Mengurangi risiko kram otot ketika race marathon. Pemanasan dan pola Pertarungan Persahabatan yang terukur pastinya penting Sebagai mencegah risiko tersebut. Di Itu, ternyata faktor Konsumsi Bergizi juga berpengaruh.

Ketua Pengurus Pusat Indonesia Sport Nutritionist Association (PP ISNA) Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan pisang memang bisa membantu seseorang guna mencegah terjadinya kontraksi otot atau kram ketika Aktivitasfisik. Hal ini Sebab pisang mengandung kalium yang cukup tinggi.


“Pisang memang salah satu buah yang kandungan kaliumnya cukup tinggi. Per 100 gram pisang itu kaliumnya bisa mencapai 450-600 mg, tergantung jenis pisangnya. Kebutuhan kalium harian kita itu 4.700 mg Sebagai dewasa, Karena Itu mengonsumsi 100 gram pisang saja sudah memenuhi Di 10-15 persen (kebutuhan kalium harian),” ujar Rita kepada detikcom, Jumat (21/6/2024).

“80 persen kalium Di tubuh kita adanya Di otot, Sebab dia punya peran penting mengatur kontraksi otot. Karena Itu jika jumlah kalium tinggi, maka kontraksi (otot) Akansegera diatur Sebagai tidak berkelanjutan (kram), Karena Itu Di situ ada peristiwa Menenangkan,” sambungnya.

Kesejaganan Di kontraksi dan Menenangkan inilah, lanjut Rita, yang bisa Mengurangi risiko seseorang mudah Merasakan kram Pada Aktivitasfisik. Kalium yang rendah Di otot ternyata juga bisa memperlambat proses Perawatan ketika seseorang Merasakan Luka.

“Kalium itu Di Untuk tubuh kita Sebagai mencegah kram Memperoleh dua fungsi. Satu, kalium itu 80 persen ada Di otot manusia dan dia yang Akansegera meregulasi peristiwa kontraksi dan Menenangkan Di otot, Supaya berjalan Di seimbang,” kata dr Rita.

“Dan dia (kalium) punya peran juga Di sistem saraf seseorang. Jika kaliumnya rendah impul sarafnya Akansegera Merasakan gangguan dan itu juga mempercepat terjadinya Luka dan memperlambat proses Perawatan,” sambungnya.

NEXT: Tetap bukan senjata utama mencegah kram

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ada Benarnya, Pisang Bisa Bantu Cegah Kram Pada Marathon! Ini Alasannya