6 Tanda Gatal akibat Kamitetep dan Cara Mengobatinya

Jakarta

Kamitetep adalah hama Rumah tangga yang bisa menyebabkan gatal, meski tidak menggigit. Serangga ini berwujud kepompong ulat mirip biji labu, pipih, lunak, Didalam warna cokelat muda.

Dikutip Didalam Bacaan Me and My Pet karya Muhammad Getar, kamitetep juga menyebabkan bentol ketika bersentuhan Didalam kulit manusia. Habitat kamitetep adalah lokasi lembab Ke Rumah, misal dinding kamar mandi dan kolong tempat tidur.

Tanda Gatal Sebab Kamitetep

Menurut pakar ilmu serangga dan hama tumbuhan Didalam Fakultas Agrikultur Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Prof Ir Edhi Martono, M.Sc, PhD, kamitetep tidak mengandung racun. Reaksi gatal muncul akibat debu dan kotoran Ke selubung kamitetep.


“Kalo sampai kesentuh Sesudah Itu menjadi kemerah-merahan gitu kan, seperti kena ulat berbulu. gatal-gatalnya juga tidak khas kan, sama saja Didalam gatal-gatal kayak yang lain,” ujarnya Untuk wawancara Didalam detik health beberapa waktu lalu.

Ke Umumnya, Tanda gatal yang menyertai Sesudah bersentuhan Didalam kamitetep adalah:

  1. Gatal yang tidak kunjung hilang
  2. Iritasi Ke kulit
  3. Kemerahan Ke permukaan kulit
  4. Rasa nyeri Di disentuh
  5. Benjolan kecil yang berisi air
  6. Jumlah benjolan lebih Didalam satu bergantung area yang bersentuhan Didalam kamitetep.

Cara Mengobati Gatal Sebab Kamitetep

Dikutip Didalam Medical News Today, bengkak dan gatal akibat kamitetep biasanya hilang sendiri Untuk 1-2 minggu. Penanganan dan Terapi yang dilakukan bertujuan meringankan Tanda yang muncul Di gatal.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

1. Kompres Didalam Air Dingin Bagi Atasi Rasa Gatal

Air dingin dipercaya dapat meringankan rasa gatal akibat gigitan atau hinggapnya kamitetep Ke kulit. Detikers cukup menyiapkan kain bersih, air dingin atau es batu, dan wadah Bagi mengompresnya.

Jangan menempelkan es batu langsung Ke kulit melainkan bungkus Didalam kain bersih. Kompres Ke area yang terasa gatal Pada 10-15 menit dan lakukan berulang hingga rasa gatal mereda.

2. Konsumsi Terapi Pereda Nyeri

Rasa nyeri dan panas Sebab kamitetep dapat diredakan Didalam Terapi Ke apotek seperti parasetamol dan antihistamin. Antihistamin berguna Bagi memblokir reseptor histamin Untuk sel yang berdampak Ke pengurangan respon atas alergi. Terapi ini mampu meringankan alergi seperti gatal Ke kulit, hidung tersumbat, dan bersin berkepanjangan.

3. Mengoleskan Salep Kortikosteroid

Salep kortikosteroid sering digunakan Bagi Mengurangi peradangan Ke kulit. Seorang yang terkena alergi kamitetep dapat mengoleskannya secara berkala Ke kulit yang sudah dibersihkan. Tetapi Terapi ini membutuhkan peninjauan Lebih Jelas Didalam Ahli Kepuasan Sebab menimbulkan reaksi berbeda Ke setiap orang.

Penggunaan Terapi dan salep sebaiknya dilakukan sesuai petunjuk Ahli Kepuasan. Terapi dan salep biasanya diberikan bila gatal dan bengkak sudah terjadi lebih Didalam dua minggu atau beberapa bulan.

Langkah Pertama yang Dilakukan Di Terkena Kamitetep

Beberapa langkah pertama ini dilakukan agar gatal bisa pulih Didalam baik. Langkah pertama yang perlu diterapkan adalah:

1. Tidak Menggaruk Area yang Gatal

Menggaruk area yang gatal Akansegera menyebabkan iritasi dan kulit menjadi lecet. Kendati terasa melegakan, hal ini tidak menjamin hilangnya rasa gatal secara permanen. Didalam sebab itu disarankan Bagi tidak menggaruk area gatal agar iritasi tidak Lebih memburuk.

2. Membersihkan Area Kulit yang Gatal Didalam Air Sabun

Menurut Ahli Kepuasan spesialis kulit Dr. dr. I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK, SubspOBK, FINSDV, FAADV, mencuci area yang terpapar kamitetep diperlukan agar kulit tetap bersih. Gunakan sabun yang tidak mengakibatkan iritasi Sebab Keadaan Kulit yang masih sensitif.

Membersihkan area kulit dilakukan Bagi menghilangkan bulu dan debu kamitetep yang menjadi faktor utama timbulnya rasa gatal Ke kulit. Pastikan Bagi membilasnya Ke air Datang agar tidak ada bulu yang tersisa.

3. Tidak Mengoleskan Energi Aromaterapi atau Bawang Putih

Komunitas umumnya mengoleskan Energi angin atau aromaterapi jika Merasakan gatal Ke kulit. Tetapi tenaga medis tidak menyarankannya Sebab Berpotensi Bagi menimbulkan iritasi yang lebih parah. Terapi tradisional bawang putih juga dikhawatirkan menimbulkan Tanda yang lebih parah Sebab belum terbukti khasiatnya.

Gatal akibat kamitetep bisa sangat mengganggu jika berlanjut dan tak kunjung sembuh. Sebab itu, ‘serangan’ kamitetep perlu dicegah Didalam rutin membersihkan area yang lembab Ke Rumah. Pembersihan mencegah kulit bersentuhan Didalam kamitetep.

Demikian Tanda alergi kulit Sebab kamitetep dan cara mengobatinya. Silahkan menghubungi Ahli Kepuasan jika rasa gatal dan nyeri tidak mereda Bagi Memperoleh penanganan Lebih Jelas. Perlu diingat, lingkungan bersih dan suhu tidak lembab adalah Kunci Upaya Mencegah kamitetep.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 6 Tanda Gatal akibat Kamitetep dan Cara Mengobatinya