Trend Populer Gaya ‘Cek Khodam’ Ke TikTok dan Kaitannya Bersama Kesejaganan Mental


Jakarta

Viral Ke media sosial Gaya ‘cek khodam’ online yang Lagi digandrungi warganet. Istilah khodam sendiri berasal Di bahasa Arab yang berarti pembantu, pengawal, atau penjaga.

Merespons Trend Populer tersebut, psikiater dr Lahargo Kembaren, SpKJ, mengatakan ada beberapa alasan ketertarikan seseorang Sebagai ‘cek khodam’. Ada yang menganggapnya sebagai hiburan semata tetapi bisa Karena Itu mereka yang cek khodam juga sebenarnya Ditengah Merasakan gangguan mental.

“Di Kontek Sini bisa Karena Itu seperti entitas spiritual, sering sekali menjadi pelarian, ketika seseorang itu tidak Merasakan ketenangan dan kenyamanan Ke dunia nyata, artinya justru kita melihat orang yang mencari sumber lain, itu Di situasi keadaan yang memang Lagi Beban, Lagi punya masalah psikologis, Bisa Jadi konfilik Di kehidupannya, beban yang berat,” tutur dr Lahargo Di dihubungi detikcom, Minggu (23/6/2024).


Bila sudah berlebihan mendalami khodam sampai merubah perilaku, dr Lahargo menyebut hal itu sudah masuk Tanda awal gangguan psikis. Gangguan kejiwaan bisa terjadi Di kelompok orang yang mempercayai entitas spiritual berlebihan.

Di mereka yang sudah berada Ke tahap ini, beberapa Tanda Berencana muncul seperti halusinasi sampai delusi. Jika tidak tertangani Bersama baik, halusinasi dan delusi ini bisa berkembang menjadi skizofrenia.

“Nanti ciri-cirinya ada dua tuh, ada halusinasi mendengar suara bisikan, melihat bayangan, merasa badannya ada yang masuk, merasa Ke badannya ada yang nempel, itu Tanda halusinasi namanya,” ucapnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Trend Populer Gaya ‘Cek Khodam’ Ke TikTok dan Kaitannya Bersama Kesejaganan Mental