Tak Cuma Turunkan BB, Manfaat Jalan Kaki Juga Bisa Cegah Risiko 3 Penyakit Ini

Jakarta

Jalan kaki adalah Latihan sederhana yang punya banyak manfaat Untuk Kesejajaran. Sejumlah Eksperimen sudah mengungkapkan manfaat jalan kaki.

Misalnya, sebuah studi yang dipublikasikan Di National Library of Medicine Di 2017 mengungkapkan berjalan kaki dapat Memperbaiki metabolisme dan menghilangkan kelebihan lemak Di area perut.

Sebuah Eksperimen yang diterbitkan Di Health Promotion Perspectives Di 2018 juga Menunjukkan jalan kaki Di 10 menit dapat membantu menurunkan ansietas dan tingkat depresi, serta Memperbaiki fokus dan Inovasi.


Di Di Itu, manfaat jalan kaki tak hanya sebatas itu saja. Ternyata, rutin berjalan kaki setiap hari juga bisa mencegah risiko Penyakit kronis yang Berpeluang mengancam nyawa.

Apa saja Penyakit tersebut? Dirangkum Di berbagai sumber, berikut Penyakit kronis yang dapat dicegah Di aktif berjalan kaki.

1. Penyakit Jantung

Jalan kaki dapat Memberi manfaat yang besar Untuk Kesejajaran jantung. Dikutip Di laman American Heart Association, rutin berjalan kaki dapat menurunkan faktor-faktor pemicu Penyakit jantung, seperti kolesterol dan Beban.

“Ada beberapa cara jalan kaki bisa Memperbaiki Kesejajaran jantung. Jalan kaki dapat menurunkan faktor risiko Penyakit kardiovaskular, Mengurangi bobot tubuh dan timbunan lemak, Mengurangi kadar gula darah, memperbaiki kadar lipid, dan Mengurangi Beban kronis,” ujar direktur kardiologi preventif dan rehabilitasi jantung Di Puskesmas Beaumont, Michigan, dr barry Franklin.

Dikutip Di Euro Society of Cardiology, berjalan kaki sebanyak 500-1.000 sehari juga dapat menurunkan risiko kematian dini akibat Penyakit kardiovaskular, dan setiap tambahan 500 langkah dapat menurunkan menurunkan risiko tersebut sebanyak 7 persen.

2. Diabetes

Jalan kaki juga bisa membantu menurunkan risiko diabetes. American Diabetes Association mengungkapkan berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah atau Di 30 menit dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 40 persen.

Manfaat tersebut Akansegera Lebih besar seiring meningkatnya Kelajuan dan intensitas jalan kaki. Karena Itu, jumlah langkah harian yang lebih banyak dapat Memperbaiki kemungkinan Untuk mencapai target kadar gula darah.

3. Demensia

Seiring pertambahan usia, otak manusia Akansegera mulai Merasakan penurunan fungsi. Salah satu Kepuasan yang kerap dikaitkan Di ini adalah demensia.

Akan Tetapi, orang yang rutin berjalan kaki ternyata dapat terhindar Di demensia dini. Dikutip Di Harvard Health, mereka yang berjalan kaki setidaknya 3.800 langkah sehari Memiliki risiko 25 persen lebih kecil terkena demensia.

Penurunan risiko Akansegera Lebih besar seiring bertambahnya jumlah langkah yang diambil, dan manfaat maksimal diperoleh Di seseorang berjalan 9.800 langkah Untuk sehari. Memperbaiki intensitas jalan kaki juga diyakini dapat Memberi manfaat ekstra Untuk melindungi Di risiko demensia.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tak Cuma Turunkan BB, Manfaat Jalan Kaki Juga Bisa Cegah Risiko 3 Penyakit Ini