Minuman Kemasan Tinggi Gula Picu Remaja 18 Tahun Wajib Suntik Insulin


Jakarta

Ketika melakukan Diskusi kerja bersama Pembantu Presiden Tim Menteri Kesejajaran Budi Gunadi Sadikin, anggota Komisi IX Lembaga Legis Latif-RI Rahmad Handoyo Bersama fraksi PDI Perjuangan menyoroti Lebih mudanya pengidap diabetes Ke Indonesia. Ia lantas menyinggung salah seorang tetangganya yang harus suntik insulin Ke usia yang masih sangat muda, yaitu 18 tahun.

“Tapi faktanya tetangga Tempattinggal saya, Di Tempattinggal saya persis, ada anak umur 18 tahun wajib suntik insulin Lantaran Cara Hidup. Lantaran berlebihan makan minuman kemasan setiap hari, bisa dua tiga kali, dampaknya Ke Kesejajaran,” kata Rahmad Di Raker Lembaga Legis Latif-RI Komisi IX, Senin (8/7/2024).

Ia meminta kepada Menkes Budi bahwa pihak Kementerian Kesejajaran (Kemenkes) bisa melakukan kerja sama Bersama Badan Pengawas Terapi dan Konsumsi (BPOM) RI Yang Terkait Bersama masalah labeling ‘informasi nilai gizi’ Di kemasan.


Rahmad berpendapat bahwa label informasi nilai gizi Di sebuah produk yang dicantumkan masih terlalu kecil. Menurutnya, Situasi ini menjadi salah satu faktor masih sulitnya Komunitas Sebagai paham Bersama dampak Bersama konsumsi gula dan garam berlebihan.

“Penamaan labeling masalah gula dan garam itu ada batas maksimalnya itu tertera Ke Di kemasan produk. kita tahu ada batasan 50 gram gula atau 4 Alat, Lalu batasan dan risiko itu harus disampaikan kepada publik atau rakyat,” kata Rahmad.

“Aksinya berkenan mohon, Di bentuk aktualisasi, Di bentuk aturan Pembantu Presiden Tim Menteri Kesejajaran agar ada batasan, ataukah misal Di label itu 30-40 persen itu bentuk Konsumsi Bergizi harus ada. Di ini kan tulisannya kecil-kecil nggak pernah terbaca,” sambungnya.

Berkaitan Bersama masalah labeling Di produk minuman berkemasan, Menkes Budi mengatakan bahwa Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang mengatur permasalahan itu sudah siap. Tetapi, Menkes Budi mengatakan bahwa labeling yang Berencana digunakan adalah ‘color guide’ Sebagai minuman manis berkemasan Memperkenalkan aturan ‘Nutrigrade’ yang sudah ada Ke Singapura.

“Bersama Sebab Itu kita sudah meeting sama BPOM itu sudah siap aturannya pak, kayak Singapura itu yang ada warna merah, kuning, dan hijau itu nanti gede nulisnya,” kata Menkes Budi.

“Cuma memang kita lagi nunggu RPP-nya Lantaran itu begitu dikeluarin, industri bisa rame Lantaran orang Indonesia itu suka manis,” sambungnya.

Penerapan label ini nanti harapannya bisa digunakan Komunitas sebagai ‘petunjuk’ Sebagai mengetahui seberapa banyak kadar gula Di sebuah produk minuman berkemasan. Menkes Budi mengatakan bahwa aturan yang Berencana dikeluarkan nantinya juga Berencana memuat Syarat Yang Terkait Bersama ukuran Bersama label ‘color guide’ tersebut.

“Kita mewajibkan pasang color guide. Itu nanti ada ukurannya, Bersama Sebab Itu seberapa besar Bersama ukuran brandnya mereka. Itu (aturannya) kalau keluar Mungkin Saja bisa ramai juga Ke publik,” tandas Menkes Budi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Minuman Kemasan Tinggi Gula Picu Remaja 18 Tahun Wajib Suntik Insulin