Viral Terapi Pengencer Darah Diganti Terapi Demam Hingga RS, Ini Kata Profesor Pharma


Jakarta

Viral Hingga media sosial seorang pria mengaku diberikan Terapi demam Didalam kandungan asam asetilsalisilat sebagai pengencer darah. Ini dilakukan Hingga Fasilitas Medis tempatnya berobat.

Video tersebut dibagikan pertama kali Hingga akun TikTok @ben***. Di video itu, dikatakan kalau pihak Fasilitas Medis mengganti Terapi pengencer darah Didalam salah satu produk Terapi demam Sebab stoknya habis.

“Gara-gara Terapi pengencer darah habis Hingga Fasilitas Medis, diganti B******* sama pihak Fasilitas Medis. Gimana ya, ini ya? B******* tuh buat satu bulan,” kata pria tersebut yang dikutip detikcom, Kamis (11/7/2024).


Menyoroti hal Yang Berhubungan Didalam, Guru Besar Pharma Universitas Gadjah Mada Prof Zullies Ikawati menjelaskan banyak merek Terapi pengencer darah yang Di ini sering digunakan, seperti Aspilet, Ascardia, Thrombo Aspilet, dan lain-lain. Terapi-Terapi tersebut Memiliki isi kandungan yang sama yakni asetosal atau asam asetilsalisilat.

“Sebenarnya nggak ada masalah Didalam segi isi obatnya. Isinya adalah asetosal atau asam asetilsalisilat,” terang Prof Zullies Di dihubungi detikcom, Kamis (11/7).

“Ia bekerja Didalam menghambat kerja enzim siklooksigenase (COX) yang mengkatalisis pembentukan prostaglandin dan tromboksan. Tromboksan adalah komponen pembekuan darah. Karena Itu Terapi tersebut menghambat pembekuan darah atau dapat mengencerkan darah,” jelasnya.

Hingga sisi lain, asetosal juga dapat menghambat pembentukan prostaglandin, yang merupakan mediator nyeri dan demam. Maka Didalam itu, asetosal dapat digunakan juga Sebagai menghilangkan nyeri atau demam.

“Dan itu digunakan Di Terapi demam itu yang mengandung asetosal 80 mg, persis seperti Aspilet dan lain-lain. Karena Itu, nggak masalah secara efek farmakologinya, jika kebetulan tidak tersedia aspilet dan lain-lain, digunakan Terapi ini,” kata Prof Zullies.

Yang Berhubungan Didalam efeknya, Prof Zullies mengatakan efek Didalam Terapi pengencer darah Didalam Terapi demam ini sama efektifnya. Hal ini Sebab isi kandungan yang ada Hingga Di kedua Terapi tersebut masih sama.

“Sama saja, Sebab isinya sama, dosisnya juga sama,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Viral Terapi Pengencer Darah Diganti Terapi Demam Hingga RS, Ini Kata Profesor Pharma