Wamenkes Ungkap Indonesia Mulai Masuki Aging Population, Ini Tantangannya


Jakarta

Wakil Pembantu Presiden Pembantu Presiden Kesejajaran RI Prof dr Dante Saksono Harbuwono mengatakan Indonesia Pada ini mulai memasuki periode aging population atau fase penuaan.

Persentase penduduk lanjut usia Berencana terus Meresahkan Supaya kebutuhan Berencana Penanganan jangka panjang Ke pasien lansia Lebih besar. Mengacu data sensus penduduk 2023, Di 12 persen atau setara 29 juta penduduk Indonesia adalah warga lansia.

Jumlah tersebut diperkirakan Berencana Lebih Meresahkan menjadi 20 persen Ke tahun 2045. Suatu Bangsa dikatakan telah masuk Ke fase penuaan penduduk jika tujuh persen Ke antaranya dipenuhi usia 65 tahun Hingga atas.


“Didalam Sebab Itu walaupun kita punya bonus demografi usia kerja yang tinggi Ke tahun 2045, kita juga Berjuang Didalam aging population. Aging population ini seharusnya tidak menjadi beban Bangsa, kalau bisa diberi kesempatan Untuk bisa terus aktif, dan bisa mempertahankan satu kesehatannya yang optimal,” ucapnya Pada ditemui Ke Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2024).

“Jika diestimasi, jumlah 2045 tersebut, kira-kira 50 juta orang lansia yang ada Ke Indonesia,” lanjutnya.

Beberapa Daerah Indonesia yang Pada ini sudah memasuki aging population Ke antaranya:

  • Yogyakarta
  • Bali
  • Jawa Di
  • Jawa Timur
  • Sulawesi Utara

Sejumlah Daerah ini Memiliki persentase Pertumbuhan lansia lebih banyak daripada seluruh penduduknya dibandingkan Daerah lain.

“Beberapa provinsi sudah Ke atas Di itu seperti paling tinggi yogyakarta 16 persen,” kata dr Nida Rohmawati MPH, Direktur Kesejajaran Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesejajaran RI (Kemenkes), Di kesempatan yang sama.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Wamenkes Ungkap Indonesia Mulai Masuki Aging Population, Ini Tantangannya