Ilmuwan Ciptakan Keahlian Ubah Urine Astronot Bersama Sebab Itu Air Minum


Jakarta

Keterbatasan suplai air minum merupakan salah satu tantangan yang dihadapi astronot Di melakukan perjalanan Ke luar angkasa. Untuk mengatasi masalah tersebut, ilmuwan Di Menyusun Keahlian yang dapat mengubah urine astronot menjadi air siap minum.

Di bertahun-tahun, astronot yang melakukan perjalanan Ke luar angkasa Ke Di International Space Station (ISS) buang air menggunakan popok sekali pakai yang ada Ke Di Pengganti antariksanya. Popok khusus ini dikenal Bersama sebutan ‘maximum absorbency garment’ atau MAG.

MAG pertama kali didesain Ke awal 1980 Untuk mengumpulkan dan menyimpan urine, Supaya memungkinkan astronot buang air kecil Di Di menjelajah. Akan Tetapi mengingat perjalanan Ke luar angkasa bisa memakan waktu hingga delapan jam, MAG dapat membuat astronot merasa tidak nyaman, serta berisiko Merasakan iritasi kulit dan Infeksi.


MAG juga tidak mendaur ulang air Ke Di urine. Bersama Sebab Itu Di Ke perjalanan, astronot hanya bisa mengandalkan persediaan 0,95 liter air yang mereka bawa Di Kantong minuman Ke Pengganti antariksa.

Kini, ilmuwan Memperoleh solusi Untuk masalah tersebut, yaitu sistem Mutakhir yang dapat mengumpulkan dan memurnikan Di 500 mililiter air Di urine. Sistem ini dirancang Memperoleh bobot yang ringan Supaya mudah dibawa, dan dapat memurnikan air urine hanya Di waktu lima menit.

Tak hanya itu, sistem ini juga Akansegera dilengkapi Pendeteksi kelembaban yang mendeteksi urine. Di mendeteksi kencing, sistem Akansegera mengaktifkan pompa vakum yang menyedot urine Ke Di alat penyaring yang dibawa Ke punggung astronot.

Di alat penyaring seberat 8 kg itu, urine Akansegera diubah menjadi air tawar yang Sesudah Itu disalurkan Ke Di kantong minuman Ke Pengganti astronot.

Sistem ini masih Di tahap pengujian awal, tapi jika berhasil diterapkan, sistem ini dapat membantu mengatasi salah satu tantangan terberat astronot Di Penjelajahan luar angkasa.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Ilmuwan Ciptakan Keahlian Ubah Urine Astronot Bersama Sebab Itu Air Minum