Terbukti Lewat Studi, Kebiasaan Simpel yang Bikin Panjang Umur


Jakarta

Siapa sih yang tidak mau Kebugaran Yangbaik dan panjang umur? Malahan, tidak sedikit yang rela menjajal berbagai cara agar bisa Kebugaran Yangbaik hingga usia senja.

Tetapi, resep panjang umur tak melulu pola makan ketat ataupun Ilmu Pengetahuan canggih. Terkadang, rahasia Sebagai bisa panjang umur ada Ke sesuatu yang kita anggap sepele.

Dikutip Di Science Alert, studi terbaru Menunjukkan sikap bersyukur dikaitkan Di hidup yang lebih lama. Studi tersebut dipimpin Dari peneliti Di Harvard TH Chan School of Public Health.


Studi itu dilakukan kepada 50.000 orang perawat lanjut usia Ke Amerika Serikat. Meski tidak menjelaskan hubungan sebab dan akibat secara langsung, studi tersebut Menunjukkan perspektif mental dapat memengaruhi Kesejajaran fisik.

“Studi terdahulu telah Menunjukkan adanya hubungan Antara rasa syukur dan risiko tekanan mental yang lebih rendah, serta Kesejajaran emosional dan sosial yang lebih besar,” ujar ahli epidemiologi Di Harvard TH Chan School of Public Health, Ying Chen.

“Studi kami Menyediakan bukti empiris pertama tentang topik ini,” sambungnya.

Studi ini dimulai Ke 2016. Para responden yang rata-rata berusia 79 tahun diminta Sebagai mengisi kuesioner yang menilai seberapa bersyukurnya mereka atas segala sesuatu Di kehidupan.

Para peneliti Lalu mengumpulkan dan memeriksa catatan Sebagai melihat berapa banyak kematian yang terjadi Ke 2019. Mereka pun menemukan sebanyak 4.608 responden telah meninggal dunia Di tiga tahun terakhir.

Sambil Itu, responden yang Menyambut skor tertinggi Ke skala rasa syukur Memiliki kemungkinan meninggal dunia 9 persen lebih kecil. Peneliti menyimpulkan hal tersebut Lantaran orang-orang yang bersyukur Memiliki kemampuan lebih baik Di Berjuang Di faktor-faktor penyebab kematian, seperti Gangguan kardiovaskular.

Di Detail, studi itu juga menemukan tindakan bersyukur yang disengaja, seperti menulis surat berisikan hal-hal yang disyukuri, dapat bermanfaat Untuk sebagian orang Ke masa lalu.

“Studi Sebelumnya Itu Menunjukkan bahwa ada cara Sebagai menanamkan sikap syukur, seperti menuliskan atau Berbicara apa yang Anda syukuri beberapa kali Di seminggu,” ucap Chen.

Peneliti juga menemukan orang yang bersyukur cenderung menjalankan Cara Kebugaran Yangbaik, yang Mungkin Saja menjadi salah satu alasan Ke balik hasil Studi tersebut. Ke Di Itu, rasa syukur juga membantu seseorang menumbuhkan ikatan sosial, hal lain yang kerap dikaitkan Di panjang umur.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Terbukti Lewat Studi, Kebiasaan Simpel yang Bikin Panjang Umur