Agar Anak Tumbuh Optimal, Perhatikan 3 Pilar Pengasuhan Ini


Jakarta

Setiap orang tua tentu Mengharapkan anak mereka tumbuh menjadi pribadi unggul. Salah satu cara Bagi mewujudkannya Bersama memperhatikan pola asuh sedari usia dini.

Guru besar sekaligus psikolog, Prof. Dr. Roes Mini Agoes Salim M.Psi, mengungkapkan orang tua zaman sekarang harus memperhatikan 3 pilar penting pengasuhan, yaitu Potensi-Atensi-Gizi, guna mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

“Agar anak-anak ini bisa tumbuh menjadi warga dunia yang multitalenta Bersama kecerdasan intelektual, emosi, dan spiritual yang sehat. Tetapi, diperlukan sinergi 3 pilar pengasuhan yaitu, Potensi-Atensi-Gizi yang sebaiknya diterapkan Bersama orangtua Di anaknya Dari usia dini,” ujarnya Di keterangan tertulis Morinaga, Jumat (12/7/2024).


Wanita yang akrab disapa Bunda Romy itu menjelaskan pilar potensi menyangkut bagaimana para orang tua mengetahui potensi yang dimiliki Bersama anak, serta mengoptimalkannya, seperti modalitas belajar dan kecerdasan majemuk.

“Hal ini Berencana membantu orang tua Di Memberi stimulasi yang tepat,” tuturnya.

Orang tua harus meyakini setiap anak terlahir Bersama potensi masing-masing sesuai generasinya, seperti dikutip Di laman firstthingsfirst. Tugas orang tua adalah Bagi mengidentifikasi dan Memberi wadah stimulasi agar potensi tersebut berkembang optimal.

Apalagi Bagi Generasi Alfa sebagai penerus bangsa, yang dinilai punya bekal potensi besar Bagi mengubah masa Didepan dunia menjadi lebih baik.

Mengutip McCrindle Research Generasi Alfa adalah anak-anak yang lahir Di tahun 2010 hingga 2024. Mereka tumbuh Ke era serba digital, Bersama pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan kecerdasan buatan (AI) dan derasnya arus informasi Melewati media sosial.

Biasanya, anak-anak Di Generasi Alfa ini Memperoleh karakteristik sebagai berikut:

● Menguasai Ilmu Pengetahuan Dari dini,
● Terdidik secara digital,
● Ketergantungan Di Ilmu Pengetahuan,
● Mampu multitasking,
● Kreatif Di bermedia sosial,
● Memperoleh Komitmen sosial yang berbeda,
● Terbuka Di keberagaman.

Pilar Berikutnya yaitu Atensi. Hal ini berkaitan Bersama perhatian dan pola pengasuhan. Di Kontek Sini orang tua memberi ruang Bagi anak Bagi bertumbuh dan berkembang Bersama sehat secara holistik.

Pilar ini tak boleh Dikatakan remeh, ya Ayah dan Bunda. Sebab orang tua yang kurang Memberi atensi yang cukup Dari usia dini bisa berakibat fatal Bagi masa Didepan anak, lho.

“Sambil pilar Gizi, mengacu Di kebutuhan Gizi yang tepat Bagi mendukung Kesejajaran fisik dan perkembangan kecerdasan anak,” jelas Bunda Romy.

Menurutnya, ketiga pilar ini saling berkesinambungan. Jika orang tua tidak bisa menggali potensi, tidak Memberi cukup atensi, dan mengabaikan kecukupan Gizi, maka Berencana sulit Bagi anak Bagi bisa bisa bertumbuh optimal sesuai minat, bakat dan kemampuannya. Anak juga berisiko tidak dapat Menyusun dirinya serta bertumbuh Bersama baik, dan melewatkan berbagai kesempatan Bagi masa depannya yang lebih baik.

“Agar tidak menyesal Ke Sesudah Itu hari, penting Bagi orang tua Bagi mengintegrasikan ketiga pilar ini secara efektif Dari usia dini Bersama seimbang. Agar anak dapat bertumbuh Bersama baik, dan kelak Ia bisa berdaya menggapai mimpi besar-nya,” ujar Bunda Romy.

Hal senada disampaikan Spesialis anak, konsultan tumbuh kembang sekaligus pediatri sosial, Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH Berkata ketiga pilar Potensi, Atensi dan Gizi perlu Diterapkan Dari 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak atau yang sering disebut sebagai periode emas Di Perkembangan mereka.

Melansir laman thousanddays.org, seribu HPK adalah fase krusial Lantaran terjadi perkembangan otak dan organ tubuh yang paling pesat. Ke masa ini, Disekitar 86% sel saraf otak sudah selesai terbentuk.

“Periode ini penting Lantaran menjadi cetak biru Perkembangan, perkembangan dan perilaku anak serta mempengaruhi apakah mereka Berencana bertumbuh dan berkembang menjadi individu yang bisa mencapai potensinya, atau tidak. Lantaran itu, orang tua perlu menggali Potensi anak, memberi Atensi Di kebutuhannya dan memastikan kebutuhan Gizi anak tercukupi,” tuturnya.

Dia menekankan Pada periode emas ini Gizi memainkan peran vital. Menurutnya anak Ke usia 2 tahun pertama harus diberikan gizi yang seimbang, mulai Di karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pemenuhan gizi ini sebagai modal Bagi mendukung Perkembangan fisik yang sehat serta sistem imunitas tubuh yang kuat, hingga kecerdasan anak.

“Idealnya, Sesudah usia satu tahun, 70% kebutuhan Gizi anak harus berasal Di Konsumsi padat, Sambil 30% sisanya dapat dipenuhi Melewati lanjutan pemberian ASI dan/atau susu Perkembangan. Hal ini Bagi memastikan gizi anak terpenuhi. Ke Di Itu, orang tua harus selalu Memberi stimulasi yang tepat Bagi mendukung tumbuh-kembang anaknya optimal,” imbuh dr. Bernie.

Perlu Ayah dan Bunda ketahui, ketika bayi dilahirkan, mereka dibekali 100 miliar neuron yang siap melakukan sambungan antar sel, sebagaimana dikutip Di laman firstthingsfirst.

Apabila pemenuhan gizi dan stimulasi bayi kurang, maka dapat menurunkan Kelajuan perkembangan otak yang sangat erat korelasinya Bersama perkembangan otak serta menghambat perkembangan dan kecerdasan Ke Sesudah Itu hari.

Lantaran itu, orang tua disarankan Memberi susu Perkembangan Ke Di pemberian gizi utama, Bagi mendukung kecerdasan otak anak, daya Bertahan tubuh, serta Perkembangan otak anak yang optimal.

Yang Terkait Bersama hal ini, Medical Head Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengingatkan orang tua agar tidak salah pilih susu. Dia menyarankan orang tua Bagi Memberi susu yang tinggi Berencana kandungan AA dan DHA, kolin dan zat besi, serta protein alfa-laktalbumin yang kaya Berencana asam amino triptofan dan sistein Bagi membantu regulasi waktu tidur dan proses pembentukan hormon Perkembangan agar anak lebih tinggi.

“Ke Di Itu, susu yang dilengkapi Bersama probiotik Triple Bifidus yang mendukung Kesejajaran saluran cerna dan daya Bertahan tubuh dan mengandung laktoferin yang telah terbukti secara klinis dapat Memperbaiki daya Bertahan tubuh Bersama Memangkas kejadian Penyakit Menyebar saluran nafas (ISPA) dan Penyakit Menyebar saluran cerna Di anak,” terangnya.

Mendukung penerapan tiga pilar pengasuhan, Kalbe Nutritionals hadir Bagi membantu orang tua Di memenuhi kebutuhan Gizi harian anak Di masa tumbuh kembangnya Melewati Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum.

Produk susu Perkembangan ini bisa membantu orang tua zaman now Ke abad Ke-21 Bagi menjawab berbagai tantangan pengasuhan Ke Ditengah pesatnya kemajuan zaman.

“Kami memahami pentingnya peran Gizi sebagai Dibagian Di 3 pilar penting pengasuhan. Kini hadir Bersama formula Mutakhir, Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum Memperoleh kandungan unggulan yang dapat secara optimal mendukung tumbuh kembang anak generasi platinum Ke periode emasnya,” ungkap dr. Muliaman.

3 Pilar Penting Bagi Dukung Tumbuh Kembang Anak Foto: dok. Morinaga

Bagi diketahui, Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum Memperoleh berbagai kandungan unggulan yang dapat mendukung perkembangan otak Bersama kandungan Brain care (Tinggi AA, DHA, Omega 3&6, Kolin, Alfa-laktalbumin, dan Fosfolipid) Bagi kecerdasan multitalenta.

Ke Di itu juga Memperoleh kandungan Body Defense (Triple bifidus, Vitamin A&C, Prebiotik GOS, dan Laktoferin) yang bekerja optimal menjaga daya Bertahan tubuh ganda anak, serta memperhatikan Perkembangan fisik anak yang optimal Bersama kandungan Body Growth (Protein, Kalsium, dan Vitamin D).

“Kami juga mengerti pentingnya ancaman diabetes atau obesitas Di anak. Lantaran itu, susu Perkembangan Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum tidak menggunakan gula atau pemanis buatan, Agar orang tua tidak perlu khawatir Berencana ancaman bahaya gula yang dapat menyebabkan obesitas atau gangguan metabolik lainnya Di anak Pada mereka dewasa nanti,” pungkas dr. Muliaman Mansyur.

Agar anak bertumbuh dan berkembang Bersama optimal serta orang tua bisa Dukung Mimpi Besar-nya terwujud, pastikan ketiga pilar pengasuhan -Potensi, Atensi, Gizi- terpenuhi Bersama seimbang dan jangan sampai terlambat, Lantaran #WaktuTakBisaKembali.

Bagi Ayah dan Bunda yang ingin mengetahui informasi Yang Terkait Bersama susu Perkembangan anak terlengkap Di Kalbe Nutritionals, Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum, Bersama Melakukan Kunjungan Ke laman ini.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Agar Anak Tumbuh Optimal, Perhatikan 3 Pilar Pengasuhan Ini