Bisnis  

PLN EPI Gelar Workshop Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga

Workshop pengolahan limbah Rumah tangga dan Kearifan Lokal Global K3 yang digelar PLN EPI dan Kertabumi Recycling Center. FOTO/Ist

JAKARTA – PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) berkolaborasi Bersama Kertabumi Recycling Center Melakukan workshop pemanfaatan limbah Rumah tangga menjadi Produk-Produk yang bermanfaat. Lewat kegiatan ini, PLN EPI Merangsang penciptaan Kearifan Lokal Global keselamatan, Kesejajaran, dan Keselamatan (K3) Di lingkungan Kelompok.

Untuk workshop ini dipaparkan cara mengolah Energi jelantah menjadi sabun dan pemanfaatan limbah kantong kresek menjadi casing handphone.Energi jelantah tergolong limbah Produk berbahaya dan beracun (B3) Supaya pembuangannya harus Bersama cara yang benar dan tepat. Jika tidak diproses Bersama benar, maka Energi jelantah ini Akansegera berdampak Di lingkungan, seperti pencemaran air, udara, dan tanah.

Untuk Energi jelantah, Untuk workshop tersebut dipaparkan cara pengolahannya menjadi sabun melaluitiga metode, yaitu metode Cold Press (CP), metode Hot Process (HP), dan metode Melt & Pour (MP). Sabun Untuk Energi jelantah ini dapat digunakan Untuk membersihkan lantai ataupun membersihkan kamar mandi serta benda lain yang tidak bersentuhan Bersama Minuman.

“Untuk pembuatan sabun Untuk Energi jelantah ini, PLN EPI sekaligus menanamkan Kearifan Lokal Global K3 Bersama memaparkan mengenai hal yang harus diperhatikan seperti penggunaan alat pelindung diri, sarung tangan, masker, dan Kacamata,” ungkapDirektur PLN EPI Iwan Agung Firstantara Untuk siaran pers, Selasa (16/7/2024).

Untuk workshop ini, sebanyak63 peserta yang terdiri Untuk warga Disekitar kantor dan pegawai PLN EPI juga diajarkan Untuk membuat casing handphone Untuk limbah kantong kresek/plastik. Limbah plastik sendiri merupakan limbah yang memerlukan penindakan lebih, Lantaran sifatnya yang membutuhkan waktu lama serta susah Untuk didaur ulang. Untuk itu pengolahan Bersama Detail Untuk limbah kantong plastik sangat diperlukan.

“Bersama dilaksanakannya workshop ini, diharapkan dapat Memperbaiki pengetahuan Pada pemanfaatan limbah Rumah tangga beserta penerapan K3 Di lingkungan Kelompok,” kata Iwan.

Salah satu peserta,Dian Sutopo, mengungkapkan bahwa Langkah ini dapat Memperbaiki kesadaran sekaligus melahirkan kebiasaan Untuk menerapkan Cara Hidup yang ramah Pada lingkungan. “Terima kasih PLN EPI atas kepeduliannya Pada lingkungan dan juga mengajarkan mendaur ulang sampah menjadi Produk yang bermanfaat,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: PLN EPI Gelar Workshop Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga