Bisnis  

Jelang Pembatasan BBM Bantuan Pemerintah, Pakai MyPertamina atau Berdasarkan CC Kendaraan?

Pemerintah merencanakan pembatasan BBM Bantuan Pemerintah per 17 Agustus 2024 mendatang, Akan Tetapi Pengamat Energi Universitas Gajah Muda (UGM) Fahmy Radhi meragukan, bakal berlaku Di waktu Didekat. Foto/Dok

JAKARTA – Pemerintah merencanakan pembatasan BBM (bahan bakar Migas) Bantuan Pemerintah per 17 Agustus 2024 mendatang. Pengamat Energi Universitas Gajah Muda (UGM) Fahmy Radhi meragukan, pembatasan BBM bakal berlaku Di waktu Didekat, menyusul waktunya terlalu pendek.

Fahmy mengungkapkan, ada hal lain yang harus lebih dulu dilakukan Dari pemerintah Sebelumnya membatasi pembelian BBM Bantuan Pemerintah seperti Pertalite dan Solar.

“Mestinya diputuskan dulu pembatasan tadi tuh mekanismenya seperti apa. Apakah menggunakan MyPertamina seperti yang disepakati Pertamina, apakah juga pembatasan berdasarkan cubic centimeter (CC),” jelasnya ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, dikutip Selasa (16/7/2024).

Akan Tetapi diakui Fahmy, apabila pembelian BBM Bantuan Pemerintah dibatasi sesuai kapasitas kendaraan, misal 1.400 cc, maka Berencana sulit dilakukan lantaran Berencana menyulitkan petugas SPBU.

Karenanya, dirinya meminta pemerintah Bagi lebih dulu merevisi Perpres 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Migas (BBM) yang didalamnya ada pembatasan Pertalite maupun solar.

“Nah Setelahnya ada mekanismenya Setelahnya Itu Perpres (Peraturan Kepala Negara) nya harus diubah dulu, Perpres 191, sosialisasi nah Terbaru pembatasan dilakukan,” urainya.

Di kesempatan yang sama, Fahmy menilai bahwa pernyataan Pejabat Tingginegara Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan Yang Berhubungan Bersama pembatasan pembelian BBM Bantuan Pemerintah mulai 17 Agustus 2024 sesuatu yang kontraproduktif.

“Saya kira pernyataan Luhut itu kontraproduktif. Pertama tidak jelas dan kedua juga sudah disangkal Dari banyak Pejabat Tingginegara Joko Widodo (Jokowi),” jelas Fahmy ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu (14/7/2024).

Menurutnya, pernyataan Luhut Yang Berhubungan Bersama pembatasan Pertalite Di 17 Agutus 2024 itu disalahartikan Dari Kelompok Bersama Fluktuasi Harga Solar Bantuan Pemerintah. “Sebagian Kelompok memahami seperti itu. Nah kalau ini tidak diluruskan saya kira ini berbahaya,” tegasnya.

Fahmy mengaku khawatir jika menjelang 17 Agustus 2024 nanti Kelompok Berencana menyerbu SPBU Bagi membeli BBM Bantuan Pemerintah Lantaran beranggapan harganya Berencana dinaikkan.

“Lantaran pemahamannya seperti itu, (maka) terjadi panic buying Setelahnya Itu nanti antri dan ini Berencana menimbulkan keresahan sosial padahal pembatasan tadi belum terjadi Fluktuasi Harga,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Jelang Pembatasan BBM Bantuan Pemerintah, Pakai MyPertamina atau Berdasarkan CC Kendaraan?