Apakah Pria Bisa Merasakan ‘Menopause’ Seperti Wanita? Begini Penjelasan Ahli


Jakarta

Ketika seorang pria mencapai usia 40-50an tahun, mereka Mungkin Saja Akansegera mulai Merasakan masalah disfungsi ereksi dan penurunan gairah seks, ketika produksi testosteron mereka Lebihterus berkurang. Perubahan Di tubuh pria ini Mungkin Saja sangat mirip Bersama masa perimenopause dan menopause yang terjadi Di wanita.

Menopause merupakan Kebugaran berhentinya siklus menstruasi wanita secara alami yang terjadi ketika wanita memasuki usia 45-55 tahun.

Melihat kemiripan yang ada, apakah menopause juga bisa terjadi Di pria? Menurut ahli hal ini tidak sepenuhnya tepat Walaupun perubahan yang dialami pria usia lanjut dapat memengaruhi Standar hidup mereka.


Fungsi pembuatan hormon Di testis pria dan ovarium menurun seiring bertambahnya usia. Akan Tetapi, Di Tindak Kejahatan wanita, Kebugaran ini terjadi secara tiba-tiba Untuk waktu beberapa tahun.

Di pria, penurunan produksi hormon ini terjadi secara bertahap dan memakan waktu beberapa dekade. Hormon utama yang dibuat Dari testis adalah testosteron, yang bertanggung jawab Sebagai mendukung perkembangan dan fungsi seksual.

“Andropause merupakan istilah non medis yang kerap digunakan Sebagai menggambarkan kadar testosteron tersebut. Tapi ini tidak sama Bersama menopause, Lantaran pria dapat mempertahankan kadar testosteron Untuk kisaran ‘normal’ Justru hingga usia 80-an atau lebih,” kata Direktur Klinik Pria UCLA Health Dr Jesse Mills dikutip Untuk Live Science, Selasa (16/7/2024).

Sebagai perbandingan, wanita biasanya memasuki masa perimenopause, transisi Di menopause, Disekitar usia 45 sampai 55 tahun. Di masa ini, ovarium memproduksi lebih sedikit estradiol. Estradiol merupakan bentuk utama estrogen Untuk tubuh Sebelumnya menopause.

Di puncaknya, estradiol dapat mencapai kadar 400 pikogram per mililiter darah dan kadar ini dapat turun hingga kurang Untuk 0,3 pikogram per mililiter Sesudah menopause.

Tubuh lalu Akansegera membuat bentuk lain estrogen yang lebih lemah bernama estron, Akan Tetapi tidak dapat menggantikan estradiol yang hilang. Hal ini menyebabkan berhentinya menstruasi, perubahan jaringan vulva, dan berkurangnya pelumasan vagina.

Walaupun pria Merasakan penurunan testosteron seiring bertambahnya usia, menurut Mills Tanda yang muncul Di pria tidak sedrastis yang dialami perempuan.

Kadar testosteron pria turun rata-rata 1,6 persen per tahun dimulai Disekitar tahun 30 tahun. Produksi testosteron hanya Akansegera berhenti apabila fungsi testis menghilang akibat Gangguan, kecelakaan, atau kebiri.

Hingga Di ini, sebenarnya belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan produksi testosteron menurun seiring bertambahnya usia.

Mills merekomendasikan penerapan Life Style sehat Sebagai menjaga kadar testosteron Hingga usia tua. Beberapa Hingga antaranya seperti Latihan intensif Di 20 menit sehari, tidur berkualitas setidaknya tujuh jam, tetap terhidrasi, mengonsumsi Minuman tinggi protein rendah lemak, serta sayuran hijau.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Apakah Pria Bisa Merasakan ‘Menopause’ Seperti Wanita? Begini Penjelasan Ahli