Kok Makin Banyak Usia Muda Sudah Kena Gagal Ginjal? Praktisi Medis Ungkap Pemicunya


Jakarta

Gagal ginjal adalah salah satu Gangguan yang kerap dikaitkan Didalam orang tua. Akan Tetapi Untuk beberapa tahun terakhir, Gangguan ini Lebih marak ditemukan Ke kelompok usia muda.

Dikutip Untuk Cleveland Clinic, gagal ginjal kronis adalah Gangguan yang disebabkan Dari penurunan fungsi ginjal. Sebab, ginjal pasien tidak bisa menjalankan tugasnya Didalam optimal, seperti menyaring zat sisa Untuk Untuk tubuh, memproduksi sel darah merah, dan mengatur kadar garam Ke Untuk darah.

Usia merupakan salah satu faktor risiko gagal ginjal yang paling umum. Inilah alasan mengapa gagal ginjal sering dipandang sebagai Gangguan orang tua.


Kendati demikian, Peristiwa Pidana Hukum gagal ginjal belakangan juga banyak ditemukan Ke orang yang masih muda. Sebenarnya, apa sih penyebabnya?

Spesialis Gangguan Untuk dr Tunggul Situmorang, SpPD-KGH menjelaskan gagal ginjal kronis Ke usia muda umumnya berkaitan Didalam Cara Hidup yang tidak sehat. Perilaku hidup tidak sehat meliputi pola makan tidak seimbang, kebiasaan mengonsumsi junk food, hingga malas Aktivitasfisik.

dr Tunggul mengatakan hal-hal tersebut dapat Meningkatkan faktor risiko Gangguan gagal ginjal, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

“Betul pola hidup ya, lalu misalnya junk food dan segala macam itu bisa memengaruhi. Agar Ke usia muda bisa menjadi lebih sering,” ujarnya Di diwawancarai detikcom, Jumat (12/7/2024).

Meski begitu, dr Tunggul mengingatkan gagal ginjal adalah Gangguan kompleks. Artinya, tidak hanya dipicu satu faktor atau penyebab.

“Umumnya tidak ada penyebab tunggal. Gangguan ini proses berjalannya lama tapi progresif,” imbuhnya.

Ke Di Yang Sama, spesialis Gangguan Untuk dr Elizabeth Yasmine Wardoyo, SpPD, Subsp GH(K) menyinggung kebiasaan ‘ngopi’ yang digandrungi anak muda. Menurutnya, mengonsumsi Minuman Kafein Terbaru yang mengandung gula dan pemanis tambahan lain juga berdampak buruk Ke Kesejaganan ginjal.

“Minuman Kafein ‘itself’ tidak berpengaruh Pada gagal ginjal. Tapi Lantaran dia menggunakan gula, susu kental manis, Karena Itu konsumsi gulanya berlebih. Biasanya generasi muda yang WFH tuh konsumsi Minuman Kafein nggak hanya sekali ya (Untuk sehari),” terangnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Kok Makin Banyak Usia Muda Sudah Kena Gagal Ginjal? Praktisi Medis Ungkap Pemicunya