Awas Salah! Ahli Ingatkan Produk Berlabel ‘BPA Free’ Tak Serta Merta Berarti Aman


Jakarta

Hingga pasaran, banyak dijumpai kemasan atau wadah Minuman dan minuman Bersama label ‘BPA Free’ dan ‘Food Grade’. Keduanya Disorot lebih aman Bagi Kesejajaran.

Sebenarnya, apa sih arti label tersebut dan apakah perbedaan Hingga Antara keduanya?

Pakar polimer Bersama Institut Keahlian Bandung (ITB) Prof dr Achmad Zainal Abidin mengungkapkan tulisan BPA Free Menunjukkan kalau produk tersebut tidak mengandung BPA atau bisphenol A. BPA adalah bahan kimia yang sering digunakan Untuk pembuatan plastik polikarbonat dan resin epoksi.


Apakah berarti aman? Ternyata, belum tentu demikian.

“Misalnya ada formalin, bahan-bahan yang Mangkok, itu kan yang berbahaya Hingga sana kan formalin. Ditulis BPA Free ya useless Sebab bahan yang berbahaya Hingga sana formaldehida yang menyebabkan mata bisa buta, otak bisa rusak,” ujar Prof Achmad Di ditemui Hingga sela detikcom Leaders Forum ‘Membedah Disinformasi Dampak BPA Bagi Kesejajaran’ Hingga Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2024).

“Lalu ada lagi zat-zat polistirena, yang berbahaya bukan BPA tapi stiren. Dari Sebab Itu kalau ditulis BPA Free, benar, tapi dasarnya ‘is it safe?’ Sebab yang berbahaya itu stiren. Dari Sebab Itu mohon pengertian ini dipahami Sebab tanda-tanda itu bisa menipu,” tandasnya.

Lain halnya Bersama label ‘Food Grade’. Label ini mengindikasikan kemasan tersebut bebas Bersama bahan-bahan yang Berpotensi Sebagai membahayakan Kesejajaran.

“Kalau Food Grade berarti menjamin Sebagai semua Minuman dan minuman aman,” jelas Prof Akhmad.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Awas Salah! Ahli Ingatkan Produk Berlabel ‘BPA Free’ Tak Serta Merta Berarti Aman