Benarkah BPA Bisa Ganggu Sperma? Ahli Kebugaran Beberkan Faktanya


Jakarta

Belakangan, senyawa bisphenol A atau BPA banyak dikaitkan Di risiko Kesejaganan. Plastik Di kandungan bahan ini dihindari Sebab Dikatakan punya dampak menyeramkan.

Salah satunya dikaitkan Di kesuburan. Di pria, paparan BPA disebut bisa mengganggu produksi sperma Supaya mempengaruhi kesuburan.

Praktisi Kesejaganan Untuk Fakultas Kesejaganan Universitas Indonesia (FKUI) dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM mengatakan, BPA memang bersifat menyerupai hormon esterogen atau ‘esterogen like‘. Samping Itu, senyawa ini juga bersifat sebagai anti androgen Supaya Di pria memang bisa berdampak Di produksi sperma.


Akan Tetapi demikian, paparan BPA Untuk kemasan Konsumsi dan minuman umumnya tidak terjadi Untuk jumlah besar. Sampai Di kadar tertentu, tubuh manusia dewasa yang sehat dapat memetabolisme BPA Supaya tidak Menyediakan dampak yang signifikan.

Karenanya, dr Andhika mengatakan Sebagai tidak khawatir berlebihan. Di dipakai Di benar, misalnya Di tidak memanaskannya, maka risiko Mobilitas Penduduk BPA Untuk container plastik Sebagai Konsumsi atau minuman, Hingga tubuh manusia, bisa dihindari.

Tidak bisa tunjuk hidung apakah hanya gara-gara BPA saja. Tentu tidakdr Andhika Rachman, SpPD-KHOM

Terlebih, berbagai masalah Kesejaganan umumnya dipengaruhi Dari banyak faktor. Paparan BPA tentu bukan satu-satunya faktor risiko yang dapat memicu masalah-masalah tersebut, termasuk juga Untuk kaitannya Di infertilitas.

“Tidak bisa tunjuk hidung apakah hanya gara-gara BPA saja. Tentu tidak,” tegasnya Untuk detikcom Leaders Forum ‘Membedah Disinformasi Dampak BPA Untuk Kesejaganan’ Hingga e+e Coffee Kitchen Semanggi, Rabu (17/7/2024).

“Justru Di adanya container-container tadi, Di kita tahu bagaimana mengelolanya, tentu Berencana menjadikan hidup kita lebih ringkas dan lebih mudah,” lanjutnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Benarkah BPA Bisa Ganggu Sperma? Ahli Kebugaran Beberkan Faktanya