Jelang Pemungutan Suara Lokal 2024, Angkie Yudistia Soroti TPS Belum Ramah Penyandang Disabilitas

Staf Khusus Kepala Negara Joko Widodo, Angkie Yudistia menyoroti tempat pemungutan suara (TPS) yang hingga kini belum ramah Penyandang Disabilitas. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Staf Khusus Kepala Negara Joko Widodo, Angkie Yudistia menyoroti tempat pemungutan suara (TPS) yang hingga kini belum ramah Penyandang Disabilitas . Hal ini pun bisa menjadi catatan perbaikan Di Didepan Di membuat TPS Di Pemungutan Suara Lokal 2024 November mendatang.

“Kita bisa melihat TPS-TPS itu tidak ramah penyandang Penyandang Disabilitas, nah ini adalah menjadi konsentrasi pemerintah, Mungkin Saja ada beberapa TPS yang sudah mengakomodir ramah, tapi memang itu belum sepenuhnya, yang perlu kita perbaiki mulai Bersama data pemilih,” ujar Angkie kepada wartawan Di Jakarta, Rabu (17/7/2024).

Terutama Untuk kelompok Penyandang Disabilitas Di ragam tunanetra dan tuli. Menurutnya, diperlukan pendamping Penyandang Disabilitas Di setiap TPS agar memudahkan mereka Di memilih.

“Mulai Bersama TPS, bagaimana Penyandang Disabilitas itu bisa mengetahui Kandidat kepala daerahnya, contohnya pendampingan tunanetra, pendampingan tunarungu ketika pencoblosan, jangan sampai penyandang Penyandang Disabilitas tidak bisa memilih Lantaran TPS-nya kurang ramah Di penyandang Penyandang Disabilitas,” tuturnya.

Bersama Sebab Itu, ia membuat kepada pemerintah Sebagai lebih aktif Di Menyediakan pelayanan terbaik Untuk kelompok Penyandang Disabilitas Di seluruh Indonesia.

“Perlu ada partisipasi aktif agar bisa dirangkul agar mengawal kejujuran agar tidak disalahgunakan. Memang harus ada yang ngawal Bersama mana aja bisa Bersama Penyandang Disabilitas,” tutur Bendahara Umum Partai Perindo ini.

Dia pun menjelaskan tantangan terbesar Pada ini adalah implementasi Keputusan peraturan pemerintah Di Lokasi yang mana tidak semua berpihak kepada kelompok Penyandang Disabilitas.

“Tidak semua Lokasi itu sudah mengesahkan Pemda, itu Yang Berhubungan Bersama gubernur, wali kota, bupati. Harapannya Sebagai Pemungutan Suara Lokal 2024 itu Sebagai Kandidat kepala Lokasi Sebagai merangkul penyandang disabiltias, Lantaran penyandang Penyandang Disabilitas terbanyak dan terbesar itu ada Di daerahnya masing-masing, memang perjuangan penyandang Penyandang Disabilitas itu tidak ada akhirnya,” jelasnya.

Menurutnya, Kandidat kepala Lokasi perlu mempunyai pemikiran inklusif. Artinya, semua pejabat Lokasi seyogianya bisa merangkul semua kelompok Kelompok tanpa membedakannya Antara satu Bersama yang lain.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Jelang Pemungutan Suara Lokal 2024, Angkie Yudistia Soroti TPS Belum Ramah Penyandang Disabilitas