Pantangan Pada Minum Kolagen Didalam Hidangan, Minuman, dan Kebiasaan

Jakarta

Pantangan Pada minum kolagen perlu dilakukan agar manfaatnya terasa maksimal Untuk tubuh. Kandungan protein yang melimpah diklaim mampu membuat rambut sehat dan kulit lebih awet muda.

Lantaran itu, Nutrisi Tambahan kolagen menjadi incaran kalangan wanita dan pria. Akan Tetapi beberapa perempuan tidak merasakan manfaatnya Lantaran cara mengonsumsinya yang salah.

Hal ini terjadi Lantaran asam amino Ke Nutrisi Tambahan yang seharusnya memproduksi serat kolagen Terbaru diserap Didalam Hidangan dan minuman lain. Akhirnya terjadi peradangan yang akhirnya mengganggu sintesis kolagen Ke tubuh.


Pantangan Hidangan dan Minuman Pada Minum Kolagen

Dilansir Didalam laman Cibdol, berikut daftar Hidangan dan minuman yang harus dihindari Pada minum kolagen yaitu.

1. Daftar Pantangan Hidangan

Hidangan manis Akansegera membentuk senyawa AGEs (produk akhir glikasi lanjut) yang menyebabkan serat kolagen menjadi kaku dan cacat. Senyawa ini justru mempercepat degradasi kolagen yang menyebabkan kerutan dan Tanda penuaan kulit. Hindari Hidangan manis seperti permen atau dessert dan menggantinya Didalam buah segar.

Olahan biji-bijian halus seperti roti putih, pasta, nasi, keripik, kerupuk, dan sereal juga mempercepat kenaikan gula darah. Produksi kolagen Akansegera terhambat Didalam peradangan yang menyebabkan penuaan dan masalah persendian. Alternatif lain seperti nasi merah, quinoa, oat, atau roti gandum dapat Meningkatkan efisiensi konsumsi kolagen.

  • Gorengan dan Hidangan Olahan

Hidangan yang digoreng mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang memicu peradangan kronis. Daging olahan seperti bacon, sosis, Hak Fundamental, atau daging deli juga mengandung nitrat dan pengawet yang merusak kadar kolagen. Usahakan Untuk tidak membeli kentang goreng, ayam goreng, donat, dan gorengan lain Pada minum kolagen.

  • Hidangan Tinggi Lemak Trans

Jenis lemak tidak sehat ini memicu peradangan sistemik dan pembentukan AGEs yang merusak serat kolagen. Pilihlah Hidangan Didalam lemak sehat Didalam Energi zaitun dan hindari konsumsi Hidangan cepat saji. Kandungan lemak trans paling banyak ditemukan Ke margarin, pizza beku, popcorn microwave, dan Hidangan panggang Untuk kemasan.

  • Ikan Didalam Merkuri Tinggi

Beberapa jenis ikan tertentu mengandung logam beracun yang merusak protein kolagen Untuk kulit. Nutrisi Tambahan yang terpapar merkuri Akansegera menurun produktivitasnya Supaya tidak berdampak Untuk tubuh. Beberapa ikan yang harus dihindari yaitu ikan todak, hiu, tilefish, tuna mata besar, dan king mackerel.

2. Daftar Pantangan Minuman

Minuman manis seperti jus buah Ke toko sangat berbahaya ketika diminum bersamaan Didalam kolagen. Apabila seseorang tetap ingin minum manis, disarankan Untuk membuat jus buah murni tanpa tambahan gula agar tidak mengganggu sintesis kolagen.

Minuman beralkohol dapat menyebabkan tubuh dehidrasi dan Mengurangi sintesis kolagen yang diminum. Vitamin A, C, dan seng yang dibutuhkan Untuk produksi kolagen juga berkurang Lantaran paparan alkohol. Para ahli membatasi konsumsi 1 Cangkir alkohol/hari Untuk wanita dan 2 Cangkir alkohol/hari Untuk pria guna menghindari efek penipisan kolagen.

  • Konsumsi Kafein Berlebihan

Asupan kafein berlebih Meningkatkan pelepasan kortisol yang menghambat penyerapan mineral dan kolagen. Peneliti menyarankan konsumsi teh hijau Didalam kafein yang aman Untuk kolagen. Konsumsi kafein yang disarankan adalah 400 mg/hari atau setara Didalam 4 cangkir Minuman.

Minuman berkarbonasi seperti soda dan seltzer dapat merusak struktur kolagen Ke paru-paru, kulit, dan persendian manusia. Kandungan tinggi gula Ke minuman bersoda turut menghambat Malahan merusak kolagen yang Terbaru dikonsumsi.

Pantangan Kebiasaan dan Panduan Tepat Pada Minum Kolagen

Minuman berikut sebaiknya dihindari ketika minum kolagen.

1. Pantangan Kebiasaan Pada Minum Kolagen

  • Tidur kurang Didalam 7-9 jam
  • Tidak konsisten menggunakan skincare dan tabir surya
  • Membiarkan kulit kering
  • Merokok dan minum-minuman beralkohol
  • Konsumsi MSG berlebih.

2. Panduan Tepat Pada Minum Kolagen

Walaupun kolagen dapat dikonsumsi setiap hari, alangkah baiknya seseorang memperhatikan dosis yang disarankan. Dikutip Didalam laman Vinmec, rekomendasi kolagen harian yang disarankan adalah maksimal 5 gram Didalam cara:

  • Mengonsumsinya Ke malam hari atau 3 jam Sebelumnya makan
  • Membatasi asupan makan dan minum pasca konsumsi kolagen
  • Menggabungkan Latihan dan Asupan Hidangan
  • Menambah alternatif kolagen lain seperti kaldu tulang dan gelatin
  • Banyak minum air putih
  • Memperbanyak konsumsi Hidangan penunjang sintesis kolagen seperti:

– Vitamin C
– Hidangan mengandung tembaga (tiram, jamur shiitake, biji wijen, kacang mete, bayam, dan coklat hitam)
– Vitamin A (kentang, wortel, labu siam, bayam, dan cabe merah)
– Antosianin (beri, ceri, anggur merah, terong, ubi ungu)
– Omega 3 (salmon, sarden, mackerel)
– Silika (daun bawang, kacang hijau, kacang garbanzo, stroberi, mentimun)
– Protein (telur, ikan berlemak, kaldu tulang, kacang-kacangan, biji-bijian, buncis, Yogurt Yunani)
– Antioksidan (buah dan sayur, teh hijau, coklat hitam, Kacang Brazil)

Pantangan Pada minum kolagen juga berlaku Untuk ibu hamil dan menyusui anak usia 6 bulan Di bawah. Seseorang yang mengkonsumsi pil KB juga dilarang minum kolagen Lantaran menimbulkan efek Samping seperti badan lemas dan melasma.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Pantangan Pada Minum Kolagen Didalam Hidangan, Minuman, dan Kebiasaan