Lutut Nyeri dan Bunyi ‘Klik’ Pada Berlari? Praktisi Medis Orthopedi Bicara Pemicunya


Jakarta

Berlari merupakan salah satu jenis Aktivitasfisik yang banyak disukai Didalam Komunitas. Salah satu keluhan yang tak jarang dialami Didalam pelari adalah lutut yang nyeri hingga berbunyi ‘klik’ ketika bergerak. Apakah Kebugaran itu berbahaya?

Spesialis ortopedi dr Fajar Mahda, SpOT(K), AIFO-K mengatakan bahwa Kebugaran tersebut bisa disebabkan Didalam masalah patellofemoral osteoarthritis. Bunyi ‘klik’ yang muncul terjadi akibat sendi Ditengah tulang paha, tulang kering, dan tulang tempurung Merasakan gesekan berlebih.

“Bunyi klik itu biasanya disebabkan Sebab benturan terjadi Ditengah tulang tempurung ini Didalam tulang paha,” kata dr Fajar Untuk Peristiwa temu media, Selasa (17/7/2024).


Menurut dr Fajar bunyi ‘klik’ seharusnya tidak muncul ketika sendi lutut digerakkan. Tetapi, Sebab digunakan secara berlebihan Untuk Kegiatan, sendi lutut akhirnya memunculkan rasa nyeri hingga bunyi ‘klik’.

dr Fajar mengatakan Kondisisendi lutut yang berbunyi ‘klik’ biasanya terjadi Di orang yang rutin berlari atau Naik Sepeda. Bunyi ‘klik’ kerap ditimbulkan Untuk gerakan jongkok atau squad.

“Kalau misalnya dia suka Berlari gitu ya, Karena Itu sebaiknya intensitas larinya memang harus dikurangi ya. Jangan dipaksa nanti bisa Lebihterus parah,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Lutut Nyeri dan Bunyi ‘Klik’ Pada Berlari? Praktisi Medis Orthopedi Bicara Pemicunya