Viral Kamar Kost Penuh Sampah, Hoarding Disorder atau Malas Beberes?


Jakarta

Belakangan viral video Di TikTok yang Menunjukkan salah satu kamar penghuni kost Di Jatiwaringin, Kota Bekasi, dipenuhi sampah dan Produk berserakan. Hal ini terungkap Didalam penggerebekan ibu kost yang mengaku curiga Lantaran kerap mencium bau tak sedap.

Benar saja, Pada kamar dibuka, nyaris tidak ada sisi manapun yang ‘bebas’ sampah, sekalipun tempat tidur.
Banyak netizen yang mengaitkan hal tersebut Didalam hoarding disorder. Apa itu?

Terlepas Didalam Peristiwa Pidana viral, psikolog klinis Veronica Adesla sempat menjelaskan hoarding disorder merupakan gangguan jiwa Di mereka yang kesulitan membuang Produk.


“Merasa ada kebutuhan Sebagai menyimpan Produk-Produk ini dan sulit Sebagai berpisah Didalam Produk-Produk ini,” beber wanita yang akrab disapa Vero.

“Kesulitan Sebagai membuang Produk-Produk ini mengakibatkan penumpukan yang memakan banyak ruang Supaya membuat tempat tinggal menjadi kacau, berantakan tidak layak dihuni, dan dapat membahayakan orang yang tinggal Di dalamnya,” lanjutnya.

Berbeda Didalam orang yang memang hanya sekadar malas membersihkan kamar atau Tempattinggal, pengidap hoarding disorder tidak Akansegera Memperoleh dan merasa marah bila ada orang yang mengganggu Produk-Produk kumpulan mereka.

“Kalau orangnya malas saja, kalau barangnya dibuang atau dirapikan ia tidak Akansegera masalah. Bila ada orang yang Sesudah Itu merapikan atau membantu membuang, yang bersangkutan tidak berkeberatan atau malah senang-senang saja,” pungkas Vero.

Pemilik kost viral yang kamarnya dipenuhi sampah, Siska, bercerita yang bersangkutan cenderung tidak berbaur Didalam penghuni lain. Beberapa fasilitas kamar diakuinya rusak hingga membutuhkan banyak perbaikan.

“Saya mulai curiga Lantaran selalu cium bau Didalam kamar, dan setiap orang itu lewat terasa bau,” jelasnya Pada dihubungi detikcom Selasa (16/7/2024).

Siska tidak menjelaskan Lebih Jelas bagaimana keseharian penghuni kost tersebut.

“Yang jelas dia introvert sih,” lanjut dia.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Viral Kamar Kost Penuh Sampah, Hoarding Disorder atau Malas Beberes?