Geger Pasutri Lansia Tewas Membusuk, Psikolog Beri Catatan Tak Viralkan Videonya


Jakarta

Terbaru-Terbaru ini, sepasang suami istri lansia ditemukan tewas Hingga kamar. Hans Tomasoa (83) dan Rita Tomasoa (72) jasadnya sudah membusuk Di warga menemukan mereka Di Selasa (16/7), diduga sudah meninggal Dari tiga sampai empat hari lalu.

Warga Hingga Di Jonggol, Kabupaten Bogor, mulai curiga Di mencium bau tidak sedap berhari-hari Didalam Rumah keduanya. Benar saja, pasutri lansia ditemukan ini tak bernyawa, berdampingan Hingga atas kasur.

Kapolsek Jonggol Kompol Wagiman menyebut kecurigaan warga sudah terjadi Dari Sabtu (12/7) hingga akhirnya melapor Hingga RT. Menurutnya, berdasarkan keterangan warga setempat, pasutri lansia itu hanya hidup berdua.


“Dia hanya tinggal berdua suami istri, keterangan saksi tidak tahu keberadaan anaknya Hingga mana. Sudah lama (anaknya tidak menjenguk),” katanya kepada wartawan, Rabu (17/7)

Sayangnya, tidak sedikit warganet yang mengunggah ulang video jasad keduanya Di sudah membusuk Hingga kamar. Memviralkan video tersebut padahal bisa menimbulkan rasa trauma dan cemas Hingga sejumlah kelompok orang, terutama pihak keluarga.

“Bisa terpicu rasa trauma dan cemas. Memviralkan foto foto seseorang tanpa izin, apalagi jika yang bersangkutan tidak setuju juga bukan hal yang beradab,” kata psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum Didalam Pro Help Center kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Rahma berpesan agar Komunitas bijak menyikapi informasi Yang Terkait Didalam. Alih-alih ikut menyebarkan video dan foto korban, lebih baik fokus Untuk konteks informasinya saja tanpa ikut menyertakan hal yang dinilai tidak etis.

Publik diminta Sebagai menempatkan diri, Memiliki empati, Di kejadian tersebut terjadi Di keluarga atau rekan terdekat.

“Cukup sebarkan beritanya saja. Lantaran kita tidak tahu apakah foto yang kita sebarkan tersebut dapat mentrigger kecemasan dan muncul kembali trauma Di orang lain yang melihatnya,” tandas Rahma.

Senada, psikiater dr Lahargo Kembaren SpKJ mewanti-wanti video semacam itu bisa memicu peningkatan hormon kortisol yakni Beban Di banyak orang.

“Setiap peristiwa menakutkan, menyeramkan, mengagetkan yang dilihat, didengar, dibaca dan disaksikan Akansegera Memberi dampak psikologis Untuk mereka yang terpapar Didalam hal tersebut. Otak Pada Didepan (pre frontal cortex) Akansegera memproses peristiwa tersebut dan mengirimkan sinyal Hingga pusat emosi (amygdala) dan Akansegera dihasilkan hormon Beban yaitu kortisol,” sorotnya.

“Hormon Beban ini Memberi konsekuensi yang tidak nyaman Untuk fisik dan psikologis tubuh dan dapat menyebabkan beberapa Tanda Beban. Akansegera lebih baik tidak terlalu mudah disebar. Saring Sebelumnya ‘sharing’,” pesan dia.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Geger Pasutri Lansia Tewas Membusuk, Psikolog Beri Catatan Tak Viralkan Videonya