Bawang Putih Disebut Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah Tinggi, Benarkah?


Jakarta

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang kerap ditemukan Ke masakan. Biasanya, bawang putih digunakan Untuk menambah cita rasa dan aroma Konsumsi.

Akan Tetapi Ke luar itu, bumbu dapur ini ternyata punya segudang manfaat Untuk Kesejajaran. Bawang putih dipercaya dapat membantu mengobati flu, memperkuat Dayatahan Tubuh tubuh, mencegah gangguan pencernaan, dan lain-lain.

Justru disebut-sebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah tinggi Ke Untuk tubuh. Bagaimana faktanya?


Sebuah studi yang dilakukan Didalam para peneliti Untuk Southeast University dan Xizang Minzu University Ke China menemukan konsumsi bawang putih dikaitkan Didalam kadar glukosa dan beberapa jenis molekul lemak yang lebih rendah.

Glukosa dan lemak adalah dua Gizi yang sangat dibutuhkan Didalam tubuh. Hanya saja, orang-orang sekarang cenderung mengonsumsinya secara berlebihan, Agar Memperbaiki risiko berbagai macam gangguan Kesejajaran. Ke Di Itu, sejumlah pilihan Cara Hidup lain, seperti jarang Aktivitasfisik atau sering mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat memengaruhi kadar gula dan lemak Untuk tubuh.

Peneliti menemukan orang yang mengonsumsi Konsumsi yang ditambahkan bawang putih Memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan indikator pengendalian glukosa jangka panjang yang lebih baik. Tak hanya itu, mereka juga Memiliki kadar kolesterol baik (HDL) yang lebih tinggi, serta kolesterol jahat (LDL) dan total kolesterol yang lebih rendah.

“Hasil Studi Menunjukkan bahwa bawang putih Memiliki efek menguntungkan Pada glukosa darah dan lipid darah Ke manusia, dan secara statistik hubungannya signifikan,” tulis para peneliti Untuk laporan mereka, dikutip Untuk Science Alert, Kamis (18/7/2024).

Peneliti mengungkapkan khasiat bawang putih Untuk mengendalikan kolesterol dan glukosa kemungkinan berasal Untuk allicin. Allicin adalah zat antioksidan yang Sebelumnya kerap dikaitkan Didalam pengelolaan kadar gula darah, lipid, dan mikrobioma usus. Peneliti menduga kombinasi efek tersebut yang membuat bawang putih dapat membantu mengendalikan kadar gula dan kolesterol Untuk darah.

“Studi ini Memberi ide-ide Terbaru Untuk Pembaruan produk alami melawan Penyakit yang Yang Berhubungan Didalam metabolisme glikosida,” tutur para peneliti.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Bawang Putih Disebut Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah Tinggi, Benarkah?