Bisnis  

Dapat Warisan 16 PSN, Pemerintahan Prabowo Ditugaskan Cari Investor

Mewariskan 16 PSN (Proyek Strategis Nasional) tambahan tahun 2024 Untuk dilanjutkan pemerintahan Prabowo – Gibran, Kemenko Perekonomian mengklaim bahwa proyek tersebut tidak Akansegera mangkrak. Foto/Dok

JAKARTA – Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Ke bulan Juni 2024 lalu, pemerintah menetapkan 16 PSN ( Proyek Strategis Nasional ) tambahan tahun 2024 Akansegera dilanjutkan Ke pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

Susi menjelaskan setidaknya ada 5 aspek yang menjadi pertimbangan Untuk mempertahankan status PSN Untuk tetap dilanjutkan. Seperti memenuhi perizinan dasar, konstruksi, financial close, beroperasi, atau beroperasi sebagian.

“Ada 16 PSN tambahan, sudah Ke evaluasi, yang penting memenuhi 5 parameter tadi. Intinya kita evaluasi bahwa ini betul-betul bisa dilanjutkan, tanda petik tidak Akansegera mangkrak ,” kata Susi usai Kegiatan Hasil Evaluasi Capaian PSN sekaligus Peresmian Peluncuran Geoportal One Map Policy 2.0 Ke Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Susi menjelaskan, 1 aspek saja berhasil dipenuhi Untuk 5 kriteria tersebut, maka sebuah proyek atau Inisiatif Akansegera tetap menyandang status PSN. Adapun 16 proyek PSN tambahan Mutakhir itu seluruhnya telah lolos evaluasi Untuk 5 kriteria yang ditetapkan.

“Satu saja itu sudah bisa (lanjut) misal perizinan, memang PSN ini ditujukan Untuk memudahkan perizinan tadi, kami membantu kemudahannya, dan K/L (Kementerian atau Lembaga) juga tahu kalau status PSN ini Akansegera diprioritaskan, dan memang tujuannya Untuk itu,” tambahnya.

Sebagai informasi Pemerintah Melewati Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah Mengintroduksi perubahan daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Terdapat 16 PSN Mutakhir Ke tahun 2024 ini Di total kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri mencapai Rp1.454,15 triliun.

Hal itu seperti yang tertuang Untuk Permenko Nomor 6 Tahun 2024 tentang Proyek Strategis Nasional. Terdiri Untuk 14 proyek konstruksi, dan 2 Inisiatif.

Daftar 16 PSN Mutakhir dan besaran nilai investasinya yang diwariskan Di Pemerintahan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka:

Proyek
1. Pantai Indah Kapuk Tropical Concept kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp65 triliun
2. Kawasan Industri Wiraraja Pulau Galang kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp226 triliun
3. Proyek North Hub Development Project Lepas Pantai Kalimantan Timur kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp189 triliun
4. Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate Sulawesi Di kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp225 triliun
5. Kawasan Industri Patimban Industrial Estate Subang kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp169,5 triliun
6. Kawasan Industri Giga Industrial Park, Sulawesi Tenggara kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp109 triliun
7. Kawasan Industri Kolaka Resource, Sulawesi Tenggara kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp150 triliun
8. Kawasan Industri Stargate ASPIRE, Sulawesi Tenggara kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp2,89 triliun
9. Kawasan Pesisir Surabaya Waterfront belum diketahui kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri
10. Kawasan Neo Energy Morowali, Sulawesi Di kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp150 triliun
11. Kawasan Terpadu Ke Bumi Serpong Damai (BSD) kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp18,54 triliun
12. Kawasan Industri Toapaya Bintan, Riau kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp120,5 triliun
13. Jalan Tol Ke Section Harbour Road II Jakarta Utara kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp15,8 triliun
14. Jalan Tol Untuk Kota Bandung kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp7,83 triliun

Inisiatif
1. Ilmu Pengetahuan Pembayaran Jalan Tol Multi Lane Fee Flow (MLFF) kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri Rp4,49 triliun
2. Inisiatif Integrasi Dua Operator Bandara Ke bawah Holding BUMN InJourney kebutuhan Penanaman Modal Untuk Negeri belum diketahui.

Iqbal Dwi Purnama

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia Ekonomi & Usaha News: Dapat Warisan 16 PSN, Pemerintahan Prabowo Ditugaskan Cari Investor